Cara Bagaimana Dapat Uang Tambahan Selama Travelling

Travelling adalah hobi yang sedang digandrungi saat ini, selain bagus untuk menambah pengalaman travelling juga menjadi cara berlibur yang paling efektif dalam menghilangkan stress karena pekerjaan. Dengan travelling kamu akan mendapatkan suasana baru, bertemu orang baru dan cerita baru yang benar-benar berbeda dari rutinitas kamu sehari-hari.

Terkadang perkara uang menjadi masalah utama para pecinta travelling untuk bisa berlibur dalam jangka waktu lama. Banyaknya biaya yang dibutuhkan ketika melakuan travelling menjadi penyebab utama para travellers kesulitan dalam merencanakan liburan jangka panjang.

Nah, untuk kamu yang hobi travelling dan ingin bisa berlibur dalam jangka waktu panjang tanpa takut kehabisan uang bisa menyiasatinya dengan cara bekerja selama berlibur. Yang dimaksud bekerja disini bukan artian kamu membawa pekerjaan kantor kamu di hari cuti kamu. Tapi kamu bekerja sesuai keahlian kamu ditempat kamu berlibur untuk mendapatkan uang tambahan.

Pekerjaan yang bisa kamu lakukan selama travelling untuk mendapatkan uang tambahan tentu haruslah yang bersifat sementara dan tidak mengikat seperti paid volunteer. Ada beberapa pekerjaan yang mau membayar para traveller untuk bekerja sementara waktu membantu mereka. Ini dia beberapa pekerjaan yang bisa kamu lakukan selama travelling untuk dapat uang tambahan:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Menjadi Guru Bahasa

guru bahasa asing

Sekarang untuk bisa mendapatkan pekerjaan sebagai volunteer tidak sulit kamu hanya perlu mengunjungi beberapa website yang menyediakan lowongan untuk menjadi ‘paid volunteer’ sesuai dengan kemampuan kamu.

Untuk kamu yang fasih berbahasa asing bisa memanfaatkan kelebihan ini sebagai pengajar lepas di tempat kamu travelling. Kamu bisa mengunjungi website www.volunteerforever.com/ atau www.unv.org/ untuk mengetahui negara manakah yang membutuhkan jasa kamu atau apakah negara tujuan kamu kebetulan memiliki lowongan tersebut.

Di situs-situs tersebut kamu tinggal memilih bahasa apa yang ingin kamu ajarkan. Tapi untuk menjadi volunteer bidang mengajar bahasa ini tidak lah mudah. Kamu harus setidaknya memiliki sertifikat seperti TOEFL dengan standar nilai tertentu untuk membuktikan kamu memiliki kapasitas yang cukup untuk berbagai ilmu bahasa kamu.

Baca Juga: Wujudkan Mimpi Keliling Dunia, Ini Tips bisa ‘Travelling’ Tiap Tahun

2. Working Holiday Visa

Working Holiday Visa

Working Holiday Visa adalah izin tinggal yang memungkinkan wisatawan untuk melakukan pekerjaan (dan terkadang belajar) di negara yang mengeluarkan visa untuk menambah dana perjalanan mereka. Jadi dengan memiliki visa ini kamu yang berlibur ke luar negeri bisa melamar pekerjaan layaknya memiliki visa izin kerja.

Bagi kamu yang masih pelajar atau pekerja lepas bisa mencoba hal ini. Dengan memiliki visa ini kamu bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan informal yang bisa membantu menambah uang saku ketika berlibur.

Seperti menjadi pengajar lepas, instruktur olahraga, penjaga stan makanan dan souvenir. Yang penting memiliki kemampuan berbahasa asing yang cukup, kamu bisa dengan mudah melamar posisi-posisi tersebut. Apalagi ketika kamu melamar saat musim liburan, dijamin kamu bisa mendapatkan bayaran yang lebih tinggi lagi. Posisi-posisi ini bisa kamu dapatkan secara online atau langsung mendatangi tempat yang membuka lowongan.

Ada lebih dari 58 negara yang menyediakan pelayanan ini dan periode visa ini bisa mencapai waktu sampai 6 bulan. Tapi disarankan kamu harus sudah pulang dari negara tersebut setidaknya 1 minggu sebelum periode visa habis agar tidak terburu-buru. Karena kamu akan dikenakan denda jika lewat 1 hari saja dari tanggal yang ditentukan.

3. Bekerja di Tempat Penginapan

Bekerja di Hostel

Bekerja di penginapan bisa memberikan 2 keuntungan untuk kamu, selain kamu bisa mendapatkan bayaran kamu juga bisa menekan pengeluaran untuk biaya makan dan penginapan. Pekerjaan ini bisa istilahkan sebagai ‘menumpang tapi dibayar’ kamu tidak perlu memiliki working holiday visa atau visa kerja lainnya untuk bisa bekerja di tempat penginapan. Karena kamu bekerja secara informal dan tidak terikat kontrak sama sekali.

Nah untuk bisa mendapatkan pekerjaan ini kamu bisa mengunjungi beberapa website seperti https://www.workaway.info/ dan https://www.helpx.net/. Pilih pekerjaan apa yang kamu inginkan, buat profil dan letakan negara tujuan kamu. Namanya pekerjaa pasti akan ada persyaratan khusus, tuliskan secara jujur keahlian dan tujuan kamu agar lebih mudah di seleksi.

Baca Juga: Tempat Wisata di Bangka Belitung Ini Bikin Betah Liburan, Apa Saja?

4. Jadi Petani Volunteer

Petani Volunteer

Jika tertarik bertani, atau lebih menyukai pengalaman perjalanan pedesaan, pertimbangkan untuk menjadi sukarelawan di pertanian organik. Jika kamu senang dengan pekerjaan yang berti outdoor dan sedikit ekstrim kamu bisa menantang diri kamu untuk jadi petani volunteer di pedesaan.

Kamu tidak hanya melakukan hal mulia membantu masyarakat desa tapi kamu juga digaji, walaupun tidak seberapa tapi biaya akomodasi dan makan telah terjamin. Ada banyak situs yang bisa jadi penyedia lowongan untuk kamu yang tertarik berlibur ke berbagai daerah pedesaan yang asri tapi gratis dan dibayar.

Situs paling terpercaya untuk kamu bisa mendapatkan banyak lowongan jadi petani volunteer dan bahkan bisa disesuaikan di daerah atau negara tujuan kamu adalah http://wwoof.net/. Dengan menjadi petani volunteer kamu tidak hanya belajar gaya hidup masyarakat desa tapi juga ilmu berkebun. Menyenangkan bukan?

Tidak Cuman Jalan-Jalan tapi Juga Tambah Pengalaman

Tentu sangat disayangkan jika travelling kamu hanya sekedar jalan-jalan dan wisata kuliner saja. Kamu harus bisa memanfaatkan waktu cuti kamu yang berharga dengan mengumpulkan berbagai pengalaman dan cerita seru dari travelling kamu. Dengan menjadi ‘paid volunteer’ kamu tidak hanya dibayar karena keahlian kamu tapi juga pengalaman tak terlupakan dengan paid volunteer lain yang mungkin kamu akan temui. Kamu juga bisa memperluas jaringan sosial kamu dengan cara ini.

Baca Juga: Belum Ramai Dikunjungi, Pesona 7 Negara Ini Akan Buat Kamu Terpukau!