Cara Bayar BPJS Kesehatan di Bukalapak, Gampang Banget

BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan

Sudah tahu kan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bakal naik 100% per 1 Januari 2020? Mau tidak mau, suka tidak suka, peserta atau masyarakat harus menerimanya dengan lapang dada.

Iuran BPJS Kesehatan bagi peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan peserta mandiri mengalami kenaikan dua kali lipat dari sebelumnya.

  • Kelas I = Rp 160.000 dari sebelumnya Rp80.000 per orang per bulan
  • Kelas II = Rp110.000 dari sebelumnya Rp51.000 per orang per bulan
  • Kelas III = Rp42.000 dari sebelumnya Rp25.500 per orang per bulan.

Dengan dikereknya iuran, BPJS Kesehatan menjamin akan meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat. Meski lebih mahal, namun peserta dapat memilih pindah kelas sesuai dengan kemampuan finansialnya. Peserta bisa turun kelas perawatan, misalnya dari Kelas I ke Kelas II, atau dari Kelas II ke Kelas III.  

Bila tidak ingin layanan atau jaminan kesehatan dari BPJS Kesehatan di setop, bayar iuran tepat waktu ya. Saat ini banyak cara untuk membayar tagihan BPJS Kesehatan. Mulai dari cara yang manual datang langsung ke kantor cabang terdekat atau melalui layanan jemput bola dari BPJS Kesehatan.

Cara lain, lewat ATM bank maupun e-commerce dan fintech yang bekerja sama. Tidak perlu repot antre panjang hanya untuk membayar iuran BPJS Kesehatan. Hemat waktu dan tenaga kalau bayarnya via e-commerce, seperti Bukalapak. Jika sedang ada promo, bayar tagihan BPJS Kesehatan di Bukalapak bisa dapat cashback atau diskon.

Baca Juga: Tanya-Jawab BPJS Kesehatan, Ini Fakta Penting Layanan BPJS yang Perlu Diketahui

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Cara Bayar BPJS Kesehatan di Aplikasi Bukalapak

BPJS Kesehatan
Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan di Bukalapak via Website Bukalapak

  • Unduh atau download aplikasi Bukalapak di Google Play ataupun App Store dari ponsel atau website BPJS Kesehatan
  • Daftar atau buat akun Bukalapak. Jika sudah masuk ke aplikasi
  • Pilih menu BPJS, kemudian masukkan nomor virtual account keluarga atau nomor BPJS Anda
  • Lalu masukkan bulan yang masuk dalam tagihan BPJS dan ingin Anda bayarkan
  • Klik “Bayar BPJS Kesehatan” di aplikasi Bukalapak atau di website. Anda dapat melihat detail tagihan BPJS
  • Selanjutnya pilih metode pembayaran yang diinginkan. Pilihannya ada melalui BukaDompet, KlikPay, pembayaran langsung di Pos Indonesia, Indomaret, Alfamart, cicilan kredit dengan kartu kredit bunga 0%, cicilan kredit tanpa kartu kredit dengan Kredivo, serta transfer bank
  • Kemudian klik bayar. Jangan lupa selesaikan seluruh transaksinya.

Ada perbedaan kalau Anda bayar iuran BPJS Kesehatan lewat aplikasi Bukalapak dari ponsel dan melalui website Bukalapak. Di situs Bukalapak, pilihan pembayaran BPJS Kesehatan lebih banyak.

Anda dapat menggunakan fitur BukaDompet, transfer antar bank, virtual account, pembayaran dengan Kartu Visa/MasterCard/JCB, BCA KlikPay, Mandiri ClickPay, Mandiri e-Cash, Rekening Ponsel CIMB Niaga, pembayaran lewat Indomaret dan Alfamart.

Tapi jika di aplikasi Bukalapak, Anda akan menemukan metode pembayaran dengan BukaDompet, transfer bank, dan pembayaran di Indomaret atau Alfamart. Jadi pilihan ada di tangan Anda.

Baca Juga: Iuran BPJS Kesehatan Resmi Naik 100%, Semua Biaya Kanker Bakal Ditanggung?

Keuntungan Membayar BPJS Kesehatan di Bukalapak

BPJS Kesehatan
Keuntungan Bayar BPJS  Kesehatan di Bukalapak via Website Bukalapak

Bayar iuran BPJS Kesehatan di Bukalapak memiliki keuntungan. Antara lain, tidak perlu antre, fleksibel dapat dilakukan di manapun dan kapan pun, hemat waktu dan tenaga karena tidak perlu capek atau jauh-jauh datang ke kantor cabang untuk membayar BPJS Kesehatan, serta mudah dan aman.

Nah, salah satu keuntungan bayar BPJS Kesehatan di Bukalapak apabila Anda bayar iuran BPJS Kesehatan tepat waktu adalah Anda bisa mendapatkan cashback 15%, cashback tersebut nantinya akan masuk ke saldo BukaDompet.

Enaknya lagi, pengguna makin untung karena lagi ada promo cashback 3% hingga Rp30 ribu dengan minimal transaksi Rp150 ribu untuk pembayaran BPJS dan PDAM di aplikasi Bukalapak. Gunakan kode LANCARSELALU. Promo ini berlaku hingga 30 November 2019. Menguntungkan bukan?

Bayar BPJS Kesehatan Tepat Waktu, Hindari Nunggak Iuran

Jika Anda membayar iuran BPJS Kesehatan tepat waktu, layanan kesehatan Anda dan keluarga akan terjamin. Baik di fasilitas kesehatan (faskes) tingkat 1 maupun tingkat 2. Hindari menunggak iuran. Sebab, mulai tahun depan, aturan sanksi dan denda bagi penunggak iuran BPJS Kesehatan bakal ditegakkan.

Nunggak iuran, siap-siap didenda Rp30 juta sampai disetop akses pelayanan publik, seperti pembuatan SIM dan STNK, sertifikat tanah, paspor, dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Jangan sampai terjadi ya.

Baca Juga: Ingin Pindah Fasilitas Kesehatan di BPJS Kesehatan? Ini Caranya