Cara Bayar BPJS Kesehatan di Tokopedia

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Masyarakat atau disingkat BPJS Kesehatan merupakan suatu Badan Hukum milik pemerintah yang bertanggung jawab secara langsung terhadap presiden untuk penyelenggaraan jaminan kesehatan nasional bagi seluruh masyarakat Indonesia, terutama untuk penerima pensiunan, PNS, Polri, TNI, Perintis kemerdekaan beserta dengan keluarganya, Veteran, maupun rakyat lainnya.

BPJS dibentuk atas inisiatif pemerintah untuk terus memberikan asuransi kepada seluruh masyarakat Indonesia dengan sebuah program jaminan kesehatan. Masyarakat Indonesia juga diwajibkan untuk menjadi anggota BPJS Kesehatan.

Oleh karena itu, bagi masyarakat yang ingin menjamin hidup sehat dengan bantuan program BPJS kesehatan, Anda harus segera membuat kartu BPJS. Karena selain diwajibkan, tentu akan memudahkan Anda jika ada sanak keluarga mengalami sakit.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

BPJS Kesehatan untuk Perlindungan Keluarga

bpjs kesehatan

Program BPJS Kesehatan dirancang pemerintah untuk seluruh rakyat Indonesia agar rakyat Indonesia memiliki jaminan hidup yang mudah dengan pelayanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan.

Program BPJS juga sangat praktis, Anda tidak perlu repot mengurus seluruh keperluan biaya rumah sakit, karena Anda adalah anggota kartu BPJS, dan BPJS akan memberikan fasilitas berupa tanggungan biaya yang diberikan kepada rumah sakit untuk seluruh biaya kesehatan Anda atau keluarga di rumah sakit.

BPJS akan mengcover seluruh biaya rumah sakit Anda dengan biaya yang terjangkau dibandingkan dengan biaya normal di rumah sakit. BPJS juga menjamin biaya kebutuhan lainnya seperti nutrisi dan obat-obatan.

Baca Juga: Iuran BPJS Kesehatan Resmi Naik 100%, Semua Biaya Kanker Bakal Ditanggung?

Cara Membayar BPJS Kesehatan di Tokopedia

Sekarang membayar BPJS sama mudahnya dengan mengecek tagihan BPJS. Semua bisa dillakukan dengan mudah. Termasuk menggunakan salah satu e-commerce yang menyediakan layanan pembayaran BPJS berikut ini.

Salah satu e-commerce yang menyediakan layanan pembayaran BPJS kesehatan yaitu Tokopedia. Membayar tagihan BPJS lewat Tokopedia bisa menjadi alternatif bagi yang malas keluar rumah untuk membayar langsung di Bank atau ATM. Membayar BPJS di tokopedia cukup dengan smartphone semuanya beres.

Berikut ini tahapan cara membayar BPJS Kesehatan di Aplikasi Tokopedia:

  • Pertama, download aplikasi Tokopedia apabila Anda belum memiliki aplikasinya.
  • Jika sudah mendownload, buka dan buat akun, llalu login akun Anda.
  • Jika sudah login akun, pilih menu BPJS kesehatan, masukkan nomor virtual account BPJS Kesehatan Anda dan juga keluarga.
  • Kemudian klik Bayar BPJS
  • Pada detail pembayaran, cek kembali apakah nama Anda dan keluarga, nomor virtual account, dan jumlah tagihan BPJS Anda sudah benar dan tidak ada yang keliru.
  • Jika dirasa sudah benar, maka klik lanjut.
  • Jika Anda memiliki saldo tokocash, bisa membayar menggunakan saldo tokocash Anda. Dan saldo akan otomatis terpotong.
  • Selanjutnya Anda juga bisa memilih alternatif pembayaran lainnya, bisa lewat merchant Alfamart/Indomaret, transfer bank, atau di kantor pos.
  • Jika semua sudah, maka klik Bayar.
  • Berikutnya, Anda tinggal membayar sesuai metode pembayaran yang Anda pilih.
  • Selesai.

Keuntungan Membayar BPJS Kesehatan di Tokopedia

promo tokopedia bpjs

Berbagai keuntungan bisa didapatkan dengan membayar BPJS di Tokopedia. Selain pembayarannya yang mudah, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan lainnya yang kami rangkum berikut ini:

Dapatkan Beragam Promo

Wah, gimana gak menguntungkan ya. Sudah membayar iuran BPJS Kesehatan yang manfaatnya nanti bisa kita rasakan dan gunakan, namun juga dalam membayar iuran BPJS kesehatan diberikan seperti promo cashback oleh Tokopedia.

Tokopedia biasanya memberikan cashback sampai dengan 20% atau maksimal Rp20.000 ke tokocash, Anda bisa dapatkan promo cashback tersebut setiap melakukan pembayaran BPJS kesehatan lewat aplikasi Tokopedia.

Atau berbagai gratis voucher menarik seperti voucher gratis konsultasi kesehatan di aplikasi YesDok atau potongan harga spesial beli obat-obatan di klik24.

Pembayaran Lebih Mudah dan Cepat

Membayar iuran BPJS kesehatan di Tokopedia tidak melalui proses yang lama dan ribet. Justru dengan aplikasi tokopedia membantu kita untuk membayar iuran BPJS kesehatan dengan mudah, simple, dan efisien.

Baca Juga:  Peserta Perlu Tahu, Ini Sanksi dan Denda Bagi Penunggak Iuran BPJS Kesehatan

 

Banyak Metode Pembayaran

Dengan aplikasi tokopedia, bisa bayar iuran BPJS kesehatan dengan berbagai alternatif metode pembayaran, yaitu bisa dengan tokocash, transfer atau bayar ke merchant seperti Alfamart/ Indomaret. Bisa bayar juga ke gerai-gerai ritel terdekat dengan lokasi Anda.

Selain lebih praktis dan lebih mudah, penawaran promo cashback ketika membayar tagihan BPJS Kesehatan sampai dengan Rp20 ribu tentu akan membuat pengeluaran menjadi lebih irit. Dengan adanya layanan alternatif pembayaran baru yang lebih mudah artinya tidak ada lagi alasan untuk Anda lalai dalam melakukan kewajiban dan tidak mangkir dalam membayar tagihan wajib bulanan BPJS Kesehatan Anda.

Baca Juga: Peraturan BPJS Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui, Jangan Sepelekan!