Cara Cerdas Siapkan Dana Liburan Tanpa Buat Kantong Kering

Liburan atau travelling kini masuk dalam tingkatan kebutuhan hidup primer. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, sekarang masyarakat memandang liburan adalah sebuah gaya hidup.

Bagi milenial, travelling sudah pasti masuk dalam daftar kebutuhan prioritas yang mesti direalisasikan. Minimal setahun sekali milenial ‘wajib’ pergi liburan guna memperkaya pengalaman hidupnya dengan cara mengunjungi tempat baru, menyantap kuliner khas, dan mengabadikan momen liburan di media sosial seperti Instagram, Facebook, hingga Youtube.   

Menyoal liburan, uang tak jadi persoalan karena milenial meyakini travelling dapat memperkaya pengalaman, meningkatkan semangat hidup, membuat perasaaan lebih bahagia hingga menyegarkan pikiran.

Lalu gimana caranya supaya kamu bisa liburan terus tanpa khawatir jadi sobat misqueen (baca: miskin)?

Tentunya, milenial perlu punya dana liburan yang lebih dari cukup dan bisa mengelola uang dengan baik. Tak hanya itu, kamu juga harus tahu cara cerdas menyiapkan dana liburan yang aman, bebas dari utang. Yuk coba praktikkan 3 tips cerdas menyiapkan dana travelling berikut ini.

1. Mulai Buat Rencana Liburan & Biayanya

dana liburan

 

Langkah pertama yang mendasar dan krusial ialah menyusun rencana liburan. Pikirkan dulu, dimana dan kapan waktu berlibur yang kamu inginkan. Tentukan destinasi sekaligus waktu liburan, misalnya mau berlibur di akhir tahun, awal tahun atau pertengahan tahun.

Selanjutnya, buatlah rincian perjalanan dan bujet liburan seperti biaya transportasi pulang-pergi dan selama berlibur, akomodasi dan tempat masuk hiburan berbayar, biaya makan, paket data, asuransi perjalanan hingga oleh-oleh.

Catat semuanya sedetil mungkin supaya kamu bisa mendapatkan kisaran total biaya liburan yang kamu perlukan. Sebagai contoh: Rencana liburan akhir tahun di Turki musim dingin selama 7 hari, kisaran biaya yang dibutuhkan mencapai Rp15 juta – Rp20 juta per orang. Atau kamu ingin liburan akhir tahun ke Bali selama 3 hari, kisaran biayanya Rp5 juta – Rp7 juta per orang.

Ingat, besaran biaya liburan juga tergantung pada gaya hidup travelling masing-masing individu. Misalnya, apakah kamu lebih ke tipe backpacker atau koper ketika travelling. Apa kamu merasa nyaman tinggal di hostel kelas backpacker yang murah? Atau cenderung memilih hotel instagramable dengan bujet lebih?

Apapun pilihanmu, pastikan kamu membuat rincian rencana liburan yang sesuai dengan lifestyle-mu agar liburan terasa menyenangkan.  

2. Mulai Siapkan Dana Liburan

anggaran liburan

Setelah kamu mengetahui kisaran biaya liburanmu, langkah selanjutnya ialah cek kondisi keuangan. Berapa uang tabungan khusus liburan yang sudah terkumpul? Apakah dana liburanmu sudah lebih dari cukup? Atau sebaliknya, bujet liburan masih ngepas alias kurang banyak!

Well, kamu tak perlu patah semangat atau bersedih apabila uang tabunganmu saat ini belum cukup untuk liburan akhir tahun ini. Tenang, masih ada waktu menyiapkan dana liburan ke tempat yang kamu ingin kunjungi.

Pastikan kamu memilih cara cerdas mengumpulkan dana liburan, salah satunya yaitu melalui investasi reksa dana. Kenapa reksa dana? Sebab reksa dana memberikan imbal hasil yang lebih tinggi daripada tabungan bank.

Pahami bahwa uang yang kamu simpan di bank, nilainya tak akan bertumbuh tinggi karena suku bunga bank yakni hanya 1-2% per tahun, belum lagi terpotong oleh biaya administrasi dan tergerus inflasi.

Sementara itu, bila kamu rutin investasi reksa dana, uang tersebut bisa bertumbuh dan makin cuan seiring perkembangan kinerja portofolio reksa dana. Nggak percaya? berikut contoh nyata hasil pertumbuhan reksa dana yang dibeli di supermarket reksa dana online IPOTFUND. Uang yang kamu investasikan dalam setahun bisa mendapatkan imbal hasil year to date (periode 1 Januari-7 November 2019) sebesar 24,77% hingga 108.11%.

3. Mulai Investasi Reksa dana

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh IPOTFUND (@ipotfund) pada

Setelah kamu mengetahui cara terbaik mengumpulkan dana travelling, segera lakukan tindakan nyata. Mulai investasi reksa dana sekarang juga, jangan tunda lagi, ingatlah liburan menantimu.

Tak perlu bingung mau investasi reksa dana dimana. Kamu bisa membeli reksa dana semudah belanja online di IPOTFUND, supermarket reksa dana online terbesar dan terlengkap besutan PT Indo Premier Sekuritas (IndoPremier), ada lebih dari 251 reksa dana dari 40 Manajer Investasi yang bisa kamu pilih, beli dan check out untuk masuk dalam koleksi portfolio kerangjang investasimu. 

Modal investasi reksa dana di IPOTFUND juga terjangkau, mulai dari Rp100.000 kamu sudah bisa membeli reksa dana. Tak hanya terlengkap, IPOTFUND menawarkan banyak kelebihan dibandingkan platform serupa lainnya, salah satunya gratis biaya transaksi pembelian dan penjualan reksa dana dengan satu akun yang terintegrasi mulai dari proses registrasi, pembayaran, hingga laporan dari manajer investasi.

IPOTFUND merupakan platform invetasi reksa dana online yang sangat aman dan terpercaya karena penyimpanan dana dan pencatatan transaksi nasabah dilakukan melalui rekening dana nasabah (RDN) atas nama nasabah sendiri, terpisah dari rekening milik IndoPremier dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Buat pemula, kamu tak perlu khawatir beli reksa dana itu mudah di IPOTFUND sebab ada banyak fitur-fitur unggulan yang dapat membantumu memilih reksa dana terbaik, antara lain:

  1. IPOTFUND Evaluator

Merupakan fitur yang akan memudahkan investor memilih reksa dana dengan kinerja terbaik. IPOTFUND Evaluator menggunakan sistem ranking dimana tiap reksa dana diberikan penilaian berdasarkan kemampuan pemberian imbal hasil yang stabil dan profil risiko dalam jangka waktu 3 bulan (3M), 6 bulan (6M), 9 bulan (9M), 1 tahun (1Y), 2 tahun (2Y), dan 3 tahun (3Y).

  1. Analisis Performa

Fitur analisis milik IPOTFUND membantu nasabah untuk membandingkan performa antar reksa dana dan instrumen investasi lainnya dengan benar dan akurat.

  1. Same-day Switching Facility

Fasilitas yang memungkinkan nasabah melakukan pemindahan antar produk reksa dana dari jenis maupun manajer investasi yang berbeda pada hari yang sama.

  1. Penempatan Dana Mengendap

Fasilitas yang dapat mengoptimalkan setiap dana mengendap milik nasabah untuk mendapatkan imbal hasil lebih dari deposito. Dengan mengaktifkan fitur ini dana mengendap nasabah secara otomatis akan ditempatkan ke reksa dana pasar uang.

  1. Sub Account

Nasabah IPOTFUND dapat membuat kategori portofolio reksa dana yang dimiliki sesuai dengan tujuan investasi yang telah direncanakan. Dengan sub account nasabah dapat lebih optimal mengelola dan memantau portofolionya.

Yakin dan Buktikan bahwa Kamu Bisa!

Travelling bisa menjadi salah satu bukti pencapaian diri. Yuk buktikan bahwa kamu bisa mewujudkan impianmu travelling tanpa harus membuat kantongmu kering dengan cara investasi reksa dana di IPOTFUND. Tak hanya dana travelling, kamu juga bisa mewujudkan tujuan keuangan lainnya di masa depan dengan reksa dana. Saatnya bergerak meraih mimpi wujudkan mimpimu dengan reksa dana.