Cara Cermat Atur Uang untuk Beli iPhone X

Berita peluncuran iPhone X saat ini sedang booming di mana-mana. Padahal rasa-rasanya baru kemarin iPhone 7 diluncurkan, tapi dalam waktu dekat bakal ada iPhone versi terbaru yaitu iPhone X, iPhone 8, iPhone 8 plus. Memang, tidak heran jika setiap peluncuran produk terbaru dari Apple pasti mengundang antusias tinggi dari masyarakat di seluruh dunia.

Berkaca dari pengalaman sebelumnya, saat peluncuran iPhone 7 pada Maret 2017 di Indonesia saja orang-orang rela mengantre demi mendapatkan iPhone terbaru. Bahkan para selebritis tanah air juga tak mau ketinggalan untuk segera mencicipi teknologi terbaru ciptaan Steve Jobs di hari pertama penjualannya.

Di negara asalnya sendiri, Amerika, orang-orang rela bermalam dan mendirikan tenda di depan Apple Store demi mendapatkan ponsel premium ini. Ada 1001 alasan untuk memiliki iPhone X yang baru saja dipamerkan oleh Apple.  

Alasan Membeli iPhone X

iphone x iPhone X memiliki layar super tajam via businessinsider.com

Apa sih yang membuat orang tergila-gila dengan iPhone X? Segala kecanggihan dan mewahnya desain khas Apple menciptakan magnet tersendiri yang menarik orang-orang untuk segera memilikinya. Apalagi, desain dan fitur iPhone X semakin mutakhir saja.

Apple memasang desain bezelless pada iPhone X, membuatnya tampil semakin tipis dan elegan. Resolusi layar yang ditawarkannya pun tidak tanggung-tanggung, Apple menyematkan teknologi Super Retina Display pada layarnya.

Berbeda dengan pendahulunya, iPhone X dibekali dengan teknologi Face ID yang akan mengenali wajah pemiliknya lewat sensor untuk membuka kunci ponsel, menambah ketat keamanan ponsel ini. Selain itu, dua kamera beresolusi 12MP dipasangkan pada sisi belakang, dengan fungsi wide-angle dan telephoto pada masing-masing kamera.

Harga iPhone X

Jangan kaget, dari semua keunggulan iPhone X, ada harga mahal yang harus dibayar. Kabarnya varian mutakhir dari Iphone ini dibandrol dengan harga sekitar 1.149 USD atau setara dengan Rp15,1 juta. Sebuah harga yang cukup fantastis untuk sebuah ponsel.

Di Indonesia, kabarnya salah satu penjual di sebuah toko online menawarkan iPhone X berkapasitas 256GB dengan harga Rp23 juta.

Berita baik, pasalnya iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 plus akan dijual secara resmi di Indonesia menjelang Natal tahun ini, tepatnya pada tanggal 22 Desember 2017.  Dilansir dari Kompas.com, nantinya ponsel teranyar dari Apple ini bisa ditemukan di berbagai ritel Erajaya Grup dan iBox. Jadi siapkan diri dan kantong berburu iPhone terbaru.

Baca Juga: 10 Handphone Termahal di Dunia, Tertarik Memilikinya?

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Siasat Beli iPhone X

Segala kecanggihan dan mewahnya desain khas Apple menciptakan magnet tersendiri yang menarik orang-orang untuk segera memilikinya. Apalagi, desain dan fitur iPhone X semakin mutakhir saja.

 

Godaan untuk membeli ponsel dengan nuansa wah ini memang tidak bisa dibendung oleh semua orang. Selagi belum dilepas di pasaran, siasati pembeliannya dengan cara berikut yuk.

1. Menabung

nabung buat beli iphone x
nabung untuk beli iPhone X

Cara tradisional yang bisa kita lakukan adalah dengan menabung. Namun, bagaimana cara efektif menabung untuk membeli iPhone X agar tidak terlalu lama?

Caranya: Coba sisihkan 30% dari pendapatan per bulan untuk ditabung, sisanya 70% bisa digunakan untuk biaya kebutuhan pokok dan lainnya.

Ilustrasi: Apabila gaji Anda sebesar Rp5 juta per bulan, perhitungannya adalah sebagai berikut.

Tabungan per bulan: 5.000.000 x 30% = 1.500.000

Harga iPhone x: 23.000.000

Maka: 23.000.000 : 1.500.000 = 15.3

Jadi, dengan mengikuti perhitungan di atas, bagi Anda yang memiliki gaji Rp5 juta, iPhone X dapat dimiliki dalam waktu sekitar 15 bulan.

Tapi, jangan sedih. Ini bisa dipercepat dengan cara menabungkan uang dari pendapatan lainnya, semisal bonus tahunan atau uang lembur, dan lain-lain.

Selain itu, cara cepat lainya, Anda juga bisa memperbesar porsi tabungan kamu.

Berita baiknya, biasanya dalam waktu 15 bulan ke depan, diprediksikan harga iPhone X berpotensi mengalami penurunan dari harga saat pertama kali launching. Artinya, Anda bisa beli iPhone X dengan harga yang lebih murah nantinya.

Tapi perlu diingat pula dalam jangka waktu tersebut nilai depresiasi harga iPhone tidak begitu signifikan. So don’t expect too much.

2. Tukar Tambah

generasi iphone iPhone dari gernerasi ke generasi

Alternatif lain untuk beli iPhone X bagi pecinta produk Apple adalah dengan tukar tambah iPhone lama dengan iPhone X. Apablia sebelumnya, Anda sudah memiliki seri iPhone sebelumnya, iPhone 7 atau iPhone 7+, bisa juga tukar tambah ponsel tersebut dengan iPhone X. dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk memiliki iPhone X.

Lalu bagaimana jika ponsel sebelumnya bukan iPhone? Caranya sama, jual saja ponsel tersebut. Uang hasil penjualannya bisa ditambahkan dengan uang yang ada atau uang yang ditabung untuk membeli iPhone X.

Hal ini lebih hemat, ketimbang menghabiskan uang yang ada untuk membelinya. Nantinya, ponsel lama juga tidak akan terpakai jika iPhone X sudah di tangan. Jadi, daripada sia-sia, lebih baik tukar tambah saja ponsel lama, jikalau sangat mengidamkan iPhone X.

Baca Juga: Cara Mudah Memulai Bisnis Jual Beli Handphone

3. Manfaatkan Kartu Kredit

Beruntung bagi para pengguna kartu kredit, pasalnya mereka akan dengan mudah mendapatkan iPhone X. Berbagai gerai resmi yang menjual produk Apple, biasanya menyediakan fasilitas mencicil iPhone dengan kartu kredit.

Pilihlah gerai yang menawarkan cicilan 0% agar tidak membebankan Anda nantinya. Tapi ingat, membeli dengan kartu kredit akan mengurangi limit kartu kredit yang dimiliki sesuai dengan harga iPhone X. Jadi, pastikan limit kartu kredit cukup dan tidak terlalu menipis setelah melakukan transaksi membeli iPhone X ini.

4. Cari Promo

Agar lebih murah membeli iPhone X, carilah promo-promo yang ditawarkan berbagai gerai penjual ponsel. Hal tersebut bisa dilakukan dengan berselancar di internet. Pantau media sosial toko-toko penjual iPhone. Biasanya, saat baru launching, beragam promo ditawarkan oleh gerai penjual iPhone, misalnya cashback dan bonus aksesoris iPhone.

5. Nitip Teman di Luar Negeri

nitip teman belanja ilustrasi nitip teman beli iPhone X di luar negeri

Faktanya, iPhone yang dijual di luar negeri harganya lebih murah dibandingkan saat sampai ke Indonesia. Hal tersebut karena iPhone yang sudah masuk ke Indonesia akan dikenakan pajak penjualan. Oleh sebab itu, Anda akan lebih untung jika membeli iPhone di luar negeri.

Apabila Anda memiliki teman atau saudara yang sedang berlibur ke luar negeri, minta tolonglah kepada mereka untuk membeli iPhone X di sana terlebih dahulu. Namun, pastikan juga di negara tersebut harga iPhone X lebih murah daripada di Indoensia.

Pastikan juga kalau iPhone yang dibeli memiliki garansi internasional. Hal tersebut dilakukan agar jika nantinya iPhone tersebut memiliki kendala, Anda bisa membawanya ke service centre resmi Apple di Indonesia.

Baca Juga: Usaha Titip Beli: Bisnis dengan Untung Besar Berbasis Online

6. Cari Pekerjaan Sampingan

Jika pendapatan per bulan dirasa kurang untuk membeli iPhone X, sehingga dibutuhkan waktu lama untuk menabung agar uang cukup, carilah pekerjaan sampingan. Dengan begitu, pendapatan pun bertambah dan waktu yang dibutuhkan untuk membeli iPhone X pun semakin cepat.

Sebaiknya, cari pekerjaan tambahan yang bisa dilakukan di jam luar pekerjaan utama. Jangan sampai pekerjaaan sampingan itu malah mengganggu pekerjaan utama Anda. Kalau tidak, bisa-bisa perencanaan keuangan untuk membeli iPhone X berantakan.

Beli iPhone X Atau Tidak?

Siapa sih yang tidak pengen punya iPhone X, iPhone 8 atau iPhone 8 plus? Tapi perlu diingat untuk memiliki sebuah iPhone terbaru, ada biaya yang tidak murah. Oleh karena itu, ada baiknya, kita bertanya kepada diri sendiri sejauh apa kebutuhan kita untuk membeli iPhone X? Tentunya, harap sesuaikan dengan pendapatan juga ya! Jangan sampai keuangan jadi sengsara.