Cara Hemat Membersihkan Mesin Mobil agar Bebas Karat

Mesin mobil merupakan bagian yang paling terpenting dari sebuah mobil, karena mesin mobil merupakan pusat kinerja yang menjadikan mobil bisa melaju. Oleh karena itu, sebagai pemilik mobil harus bisa menjaga dan merawat kondisi mobil agar tetap dalam keadaan baik. Tidak hanya itu saja, merawat  mesin mobil juga tidak boleh sembarangan yang nantinya akan menyebabkan mesin mobil berkarat yang pada akhirnya akan berujung pada kerusakan mesin.

Bila mesin mobil sudah mengalami kerusakan, secara otomatis laju mobil tidak akan nyaman digunakan lagi, bahkan bisa menyebabkan korsleting yang menimbulkan percikan api sehingga mobil mudah terbakar.

Merawat mesin mobil memanglah bukan hal perkara yang mudah, karena tidak semua orang paham dengan mesin mobil. Bagi Anda yang tidak mau repot, menggunakan bantuan bengkel atau jasa mekanik lainnya menjadi solusi yang tepat. Namun, Anda juga harus rela merogoh kocek yang tarifnya juga bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

Bagi Anda yang ingin hemat pengeluaran dalam perawatan mesin mobil, berikut ini ada cara membersihkan mesin mobil sendiri dengan benar yang bisa dilakukan.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Siapkan Cairan Khusus Pembersih Mesin Mobil

sabun liquid
Sabun liquid

Langkah pertama yang harus disiapkan pemilik mobil adalah bahan pembersih khusus mesin mobil, gunanya untuk menjaga kebersihan serta keawetan mesin pada mobil. Cairan pembersih ini bisa didapatkan di toko khusus peralatan dan perlengkapan mobil.

Disarankan tidak asal dalam menggunakan cairan pembersih, sebab dikhawatirkan akan terjadinya konsleting atau kerusakan pada mesin mobil. Sebaiknya, tanyakan terlebih dahulu kepada pelayan toko atau mekanik yang benar paham menyoal pembersih mesin mobil. Berikut beberapa bahan pembersih mobil yang bisa digunakan:

Engine Conditioner

Engine conditioner adalah cairan pembersih untuk bagian ruang bakar pada mesin. Cairan ini teksturnya seperti busa halus dan berbahan solvent. Cara menggunakannya hanya dengan menyemprotkan busa halus melalui lubang busi yang mengarah pada ruang bakar mesin. Namun, sebelum itu jangan lupa untuk melepas busi terlebih dahulu.

Engine Degreaser

Engine degreaser adalah suatu cairan yang digunakan untuk membersihkan kotoran bagian luar mesin. Cairan ini terbuat dari bahan yang sama dengan engine conditioner, hanya saja teksturnya lebih keras, sehingga cairan ini dapat mengikat serta melarutkan kotoran yang ada pada bagian luar mesin mobil. Cara menggunakanya juga cukup mudah, pastikan jika mesin mobil masih bertemperatur hangat, kemudian semprotkan cairan pada bagian yang kotor.

Engine Flush

Cairan Engine flush memiliki fungsi yang mirip dengan deterjen, yaitu untuk membersihkan bagian mesin mobil yang berada di bagian tempat oli. Anda bisa menggunakan cairan ini dengan cara memasukkannya ke dalam lubang oli. Ketika sudah memasukkan cairan tersebut, nyalakan mesin mobil hingga 15 menit dan buang cairan pembersih seperti saat membuang oli.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Membeli Mobil Bekas Berkualitas

2. Bersihkan Bagian Termudah

Membersihkan bagian termudah bisa menggunakan sabun khusus atau bahkan sabun pencuci piring. Cara ini umumnya digunakan untuk membersihkan mobil secara mandiri tanpa harus pergi ke pencucian atau bengkel. Bagian ini bisa berupa kap bawah mobil, dan pastikan bersihkan dengan cara yang benar.

3. Bersihkan Ruang Pada Mesin Mobil

Membersihkan ruang pada mesin mobil bisa menggunakan dengan menyemprotkan air selang ke arah ruang mesin. Namun, perhatikan intensitas serta tekanan pada air yang keluar dari selang. Pastikan jika membersihkannya dengan benar dan tidak ada kotoran yang tersisa pada bagian ruang mesin mobil. Cara ini bisa dilakukan sendiri dirumah tanpa menggunakan jasa cuci mobil dengan biaya yang lumayan mahal.

4. Gunakan Spons atau Sikat Gigi

spon
Spons untuk membersihkan mobil

Spons atau sikat gigi merupakan alat pembersih yang sering kali digunakan untuk membersihkan bagian mobil yang susah dijangkau. Nah, Anda bisa menggunakan kedua media ini secara bersamaan. Spons digunakan untuk mesin yang kotor dan sikat gigi ini bisa digunakan untuk mesin mobil yang kotor membandel. Selain itu, bisa juga menggunakan kain yang sudah tidak terpakai.

Baca Juga: Cermati perbedaan Asuransi Mobil dengan Garansi Mobil

5. Proses Finishing

Pastikan kembali jika seluruh bagian sudah dibersihkan, kemudian semprotkan mesin tersebut dengan air bersih dan keringkan dengan kain kanebo. Anda juga bisa menggunakan semprotan khusus agar mobil lebih mengkilap.

Banyak Keuntungan Membersihkan Mobil Sendiri

Ada banyak sekali keuntungan yang didapat dengan membersihkan mobil sendiri di antaranya Anda bisa tahu lebih banyak tentang mesin, bisa mengecek kondisi mesin secara berkala, dan yang terpentingnya lagi akan menghemat pengeluaran daripada harus pergi ke bengkel atau tempat pencucian mobil.

Jika biasanya dalam 1 bulan menghabiskan biaya 200 ribu lebih untuk membersihkan mobil, maka kali ini Anda bisa menghabiskan 200 ribu hanya untuk membeli bahan pembersih mobil yang bisa digunakan berkali-kali hingga beberapa bulan kedepan. Otomatis beberapa bulan kedepan Anda akan jauh lebih hemat dan bisa menabungkan uang tersebut untuk keperluan lainnya. Pastikan saja jika Anda membersihkan mesin dengan benar, itu yang paling penting.

Baca Juga: Bengkel Umum atau Bengkel Resmi: Ini Cara Memilihnya