Cara Jitu Agar Peralatan Makeup Tidak Memicu Iritasi Mata

alat make up

Anda pernah merasa gatal, panas, atau bahkan perih saat menggunakan alat makeup untuk mata? Jika iya kemungkinan besar Anda mengalami iritasi. 

Iritasi yang diakibatkan oleh peralatan makeup tidak kalah bahayanya loh, hal ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. Tentu Anda sudah pernah mendengar kasus tentang terjadinya kebutaan, katarak, atau bahkan kerontokan bulu mata yang diakibatkan oleh makeup dan juga softlens.

Oleh sebab itu, tetap berhati-hatilah dalam memilih dan menggunakan peralatan makeup agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, selalu jaga dan rawat peralatan makeup agar jamur, bakteri, dan kuman penyebab iritasi tidak dapat berkembang biak di peralatan makeup.

Hampir semua wanita sudah pernah menggunakan maskara, eyeliner, dan eyeshadow. Malah sebagian ada yang kecanduan memakai ketiga peralatan makeup ini. Tidak masalah, cuma harus menggunakannya dengan cara yang benar agar mata tidak terkena iritasi. 

Yuk langsung saja kita simak kutipan dari Cermati.com tentang bagaimana caranya agar mata terhindar dari iritasi saat menggunakan peralatan makeup khusus mata:

1. Mencuci tangan

Sebelum memegang wajah terutama bagian mata, sebaiknya cuci tangan hingga bersih agar kuman tidak menempel dan masuk ke dalam mata. Mencuci tangan hingga ke sela-sela jari ya, dan juga di bawah kuku.

2. Hindari makeup saat iritasi

Saat merasakan iritasi ringan pada mata, seperti mata merah sebaiknya hindari untuk menambah riasan lagi pada wajah terutama bagian mata. Ini justru akan memperburuk keadaan, karena mata yang sedang iritasi sangatlah sensitif terhadap kotoran dan bakteri.

3. Hindari beberapa jenis makeup ini

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Jika pernah menggunakan eyeliner dalam bentuk kohl tentu Anda sudah merasakan sensasi memakai kohl kan?  Meskipun sedikit lebih bertaburan dibanding eyeliner cair atau pensil, hasilnya lebih hitam dan tebal. Hitam kohl ini berasal dari timbal sehingga sedikit berbahaya jika terlalu sering menggunakannya apalagi terkena mata. 

4. Hindari peralatan makeup yang tidak layak pakai

Tidak layak pakai contohnya maskara yang sudah usang, lama tidak terpakai mungkin akan mengering dan sulit digunakan. Jangan sekali-sekali membasahinya dengan menuangkan air di wadah maskara. Justru akan berbahaya untuk kesehatan mata. Sebaiknya sesuai saran ahli kesehatan, Anda harus mengganti peralatan makeup tiga bulan sekali untuk mencegah adanya pertumbuhan bakteri. Jika lebih dari masa itu sebaiknya buang dan ganti yang baru.

5. Pilih peralatan kosmetik yang jelas

Sebaiknya gunakan peralatan makeup yang sudah jelas izin edarnya dan kandungan makeupnya.  Kandungan makeup yang tidak jelas akan sangat berbahaya untuk mata. Lihat kandungan merkuri yang ada di label kandungan, batas amannya adalah 0,007 persen saja jadi waspadalah jika ternyata kandungan merkurinya melebihi batas aman yang ditentukan.

6. Hindari memakai makeup saat di kendaraan

Memakai makeup saat berkendaraan tentu sangat tidak dianjurkan. Ini karena Anda tidak tahu mekanisme gerak kendaraan. Dikhawatirkan saat menggunakan makeup seperti eyeliner, mobil melewati lubang hingga menimbulkan guncangan dan tidak sengaja melukai mata sendiri.

7. Hindari memakai makeup di bagian dalam mata

Ini karena bagian dalam mata dikhawatirkan terkena bakteri dan bisa menyebabkan iritasi pada mata. Selain itu benda asing seperti serpihan makeup bisa membuat mata infeksi.

Baca Juga: Hidup Minimalis dapat Meningkatkan Keuangan Anda

8. Hindari menggunakan peralatan yang sama untuk beberapa bagian di wajah

Sebaiknya sediakan peralatan khusus untuk beberapa bagian wajah. Contohnya, gunakan kuas khusus eyeshadow hanya untuk bagian kelopak mata, jangan gunakan untuk bagian yang lainnya seperti pipi atau pelipis wajah. Ini untuk menghindari terjadinya iritasi.

Selain itu, adanya alat khusus bagian wajah tertentu bisa meminimalisir penyebaran bakteri.

9. Perhatikan suhu ruang penyimpanan makeup

Sebaiknya untuk menjaga agar makeup tahan lama, jauhkan dari suhu tinggi. Simpan di tempat yang tidak terlalu panas. Lebih baik jangan menyimpannya di kamar mandi jika Anda lebih menyukai mandi dengan air yang cukup hangat, ini bisa mengakibatkan suhu ruang menjadi panas.

10.Bersihkan wajah secara rutin

Terakhir adalah bersihkan wajah secara rutin, terlebih lagi setelahmenggunakan peralatan makeup. Makeup di bagian mata seperti maskara, eyeliner,dan eyeshadow yang tidak dibersihkan terlebih lagi saat menjelang tidur bisa mengakibatkan iritasi mata. 

Sebenarnya, ada banyak lagi cara agar mencegah terjadinya iritasi mata seperti hindari berbagi atau meminjamkan peralatan makeup mata pada orang lain, karena berisiko menularkan bakteri. Hindari peralatan makeup mata yang berkelap kelip, dikhawatirkan akan masuk dan mengiritasi mata dan banyak lagi.

Baca Juga: Bau Badan Bikin Gak Nyaman, Hilangkan dengan 15 Cara Ampuh ini

Lebih Baik Mencegah daripada Mengobati

Mata yang sudah terkena iritasi biasanya harus mendapatkan perawatan khusus. Hal ini bisa Anda hindari jika melakukan beberapa langkah di atas. Memang terkadang kita tidak punya banyak waktu luang untuk melakukan hal kecil seperti membersihkan peralatan makeup tapi justru itu sebaiknya luangkan waktu sebentar untuk membersihkannya demi kesehatan mata.

Jangan lupa gunakan peralatan makeup yang sudah aman dan teruji klinis ya ladies, pantau terus artikel selanjutnya, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Murah tapi Berkualitas Tinggi, 10 Negara Ini Bikin Kamu jadi Ingin Pindah Kewarganegaraan