Cara Jitu Melunasi Kartu Kredit Agar Bebas Utang

Banyak orang yang merasakan manfaat dan juga kemudahan dari fasilitas kartu kredit yang diberikan oleh bank. Bagaimana tidak, beragam penawaran menarik dan juga diskon di berbagai tempat belanja seolah menjadi program wajib dari kartu ajaib tersebut. Pada dasarnya, kartu kredit akan sangat membantu dan memberi banyak keuntungan bagi penggunanya, tentunya jika digunakan dengan tepat dan terkontrol. Namun pada kenyataannya, ada banyak sekali orang yang justru memiliki kebiasaan buruk dalam mengelola dan menggunakan kartu kredit di dalam kehidupannya. Hal ini tentu akan berujung dengan berbagai masalah di kemudian hari, dan bisa dipastikan jika orang tersebut akan masuk ke dalam kubangan utang yang dalam.

Pola hidup dan juga perencanaan keuangan yang tidak bagus seringkali menjadi penyebab seseorang terlilit sejumlah utang. Hal ini bisa terjadi tanpa disadari, perlahan namun pasti tunggakan utang akan menggunung dan sewaktu-waktu meledak serta meninggalkan sejumlah masalah yang sangat rumit di dalam kehidupan.

Utang kartu kredit adalah salah satu jenis utang yang akan cepat membengkak dan membesar setiap bulannya, terutama jika Anda memiliki beberapa kartu kredit sekaligus. Ini akan sangat sulit dan membuat keuangan Anda terganggu, atau bahkan kehidupan Anda secara keseluruhan juga. Bayangkan bagaimana rasanya jika sepanjang hari harus dihadapkan dengan berbagai macam tagihan dari bank, Anda tentu tidak bisa berkonsentrasi pada pekerjaan dan juga hal lainnya, bukan?

Utang itu harus diselesaikan, bukan dibiarkan. Meski akan terasa sangat sulit, namun bukan berarti tidak ada jalan keluar. Hal ini juga berlaku bagi sejumlah utang kartu kredit yang terlanjur menghimpit keuangan Anda. Pikirkan kembali imbas negatif yang akan ditimbulkan utang tersebut bagi kehidupan Anda, dan siapkan mental serta komitmen untuk mulai menyelesaikannya. Jangan pernah menunda untuk mulai melunasi semua utang kartu kredit Anda. Lakukan beberapa poin di bawah ini untuk menyelesaikannya.

Baca Juga: Mau Lunasi Kredit? Wajib Lakukan 5 Hal Berikut Ini

1. Ubah Pola Pikir

Ganti Pola Berpikir Anda

Ganti Pola Berpikir Anda via davekoziel.com

 

Hal pertama yang harus dirubah adalah pola pikir Anda. Yakinkan diri bahwa Anda mampu dan bisa menyelesaikan masalah tunggakan kartu kredit dengan baik. Ketika memiliki keyakinan akan hal tersebut, maka Anda akan memiliki keinginan untuk mulai mengusahakan jalan keluar bagi masalah utang tersebut. Berpikirlah selalu ke depan dan miliki komitmen yang kuat untuk bisa menyelesaikan utang yang Anda miliki dengan segera. Jangan pernah kembali pada pola pikir dan juga pola hidup sebelumnya, di mana Anda akhirnya terjun ke dalam kubangan utang.

2. Stop Menggunakan Kartu Kredit

Langkah selanjutnya yang wajib Anda lakukan adalah berhenti menggunakan kartu kredit. Apapun alasannya, selalu hindari menggunakan alat pembayaran tersebut selama Anda masih belum bisa melunasi tagihan sebelumnya. Berat? Tentu saja hal ini akan terasa sangat berat, terutama bagi Anda yang telah sangat terbiasa dan nyaman dalam menggunakan fasilitas kartu kredit. Selalu ada harga untuk sebuah kesalahan, itulah konsekuensi yang harus dijalani saat ini. Simpan dan jauhkan kartu kredit dari jangkauan Anda, tidak perlu membawanya saat berbelanja dan tentu saja tidak perlu menggunakannya untuk sementara, atau bahkan selamanya jika Anda bisa.

Dari semua tahap, barangkali ini adalah yang tersulit untuk dilakukan, karena Anda benar-benar membutuhkan tekad yang besar untuk melakukan hal ini. Berhenti menggunakan kartu kredit merupakan langkah awal cerdas yang bisa Anda lakukan dalam melunasi utang-utang yang Anda miliki. Selalu ingat komitmen awal Anda dan yakinkan diri jika Anda mampu melakukannya.

3. Hitung Utang dan Buat Rinciannya

Hitung Tagihan dan Petakan

Hitung Tagihan dan Petakan via soloworkforce.com

 

Saat utang menumpuk dan berbagai macam tunggakan tagihan mendatangi rumah Anda dengan teratur, artinya Anda telah gagal mengatur dan menjalankan rencana keuangan Anda selama ini. Untuk itu, Anda harus mulai mengatur sebuah rencana keuangan yang baru dan menyusun ulang semua rencana dari awal.

Terapkan beberapa solusi pintar dalam rencana keuangan yang baru, di mana Anda bisa mengedepankan pelunasan utang di dalamnya. Anda juga bisa menambah pos penghasilan dengan cara mendapatkan sejumlah penghasilan tambahan di luar gaji tetap yang selama ini didapatkan dari kantor tempat Anda bekerja. Anda bisa mendapatkannya dengan cara mengerjakan pekerjaan sampingan di luar jam kantor, misalnya dengan menjadi seorang freelancer lewat internet, atau bahkan mencari pekerjaan paruh waktu yang bisa dijalankan pada akhir pekan di saat Anda libur kantor.

Hitung semua utang kartu kredit Anda secara terinci, lalu pisahkan menurut jumlah bunga terbesar dan paling banyak biaya denda serta biaya lainnya yang dikenakan pihak bank. Dengan begitu Anda bisa memprioritaskan mana saja utang yang harus ditutup terlebih dahulu, sehingga satu demi satu bisa diatasi pada kurun waktu tertentu.

Baca Juga: Kredit Macet: Tips Menghindari dan Mengatasinya

4. Mulai Berhemat

Setelah menyusun anggaran keuangan yang baru, maka Anda harus mulai memperkecil pos pengeluaran agar dananya bisa dialokasikan untuk membayar utang. Lakukan penghematan dengan tepat, artinya Anda tidak harus memangkas pengeluaran wajib (pokok) seperti uang belanja atau uang tabungan bulanan. Penghematan bisa dilakukan dengan cara melakukan pengurangan pada anggaran yang sifatnya masih bisa ditunda (tidak wajib) seperti:

  • Dana rekreasi bulanan yang tadinya 2 kali dalam sebulan, bisa Anda hemat menjadi satu kali dalam sebulan saja.
  • Dana santai/ngopi di cafe, yang awalnya 2 kali sepekan, bisa Anda hemat menjadi sekali dalam sepekan saja.
  • Dana membeli pakaian baru.

Jangan lakukan penghematan secara ekstrim, karena hal ini akan membuat Anda sulit beradaptasi dan kemungkinan akan gagal dalam menjalankan komitmen yang Anda buat sejak awal. Lakukan penghematan yang wajar secara perlahan, di mana Anda tetap merasa nyaman dan menikmati hidup Anda sebagaimana mestinya.

5. Prioritaskan Pelunasan Utang dalam Anggaran Keuangan

Dahulukan Pelunasan Utang

Dahulukan Pelunasan Utang via easy9ja.com

 

Alokasikan penghasilan Anda dengan tepat dan cermat. Prioritaskan pelunasan utang kartu kredit yang Anda miliki. Tunda investasi yang mungkin telah Anda rencanakan jika dananya memang belum mencukupi akibat kewajiban melunasi sejumlah utang. Pelunasan ini akan lebih efektif jika didahulukan daripada Anda mendahulukan investasi pada saat terlilit utang.

Meski menjadi sebuah hal yang sangat prioritas, namun ada pos di dalam keuangan Anda yang tidak bisa terganggu sama sekali, salah satunya adalah pos tabungan bulanan. Jangan sampai Anda tidak mengisinya, karena dana tabungan merupakan dana darurat yang sewaktu-waktu akan sangat dibutuhkan.

6. Lakukan Pembayaran Secara Bertahap

Saat akan melunasi utang, maka seringkali orang menggunakan semua tabungan/simpanan uang yang dimilikinya untuk hal tersebut. Ini bukanlah sebuah tindakan yang tepat, karena bagaimana mungkin seseorang tidak memiliki sejumlah tabungan yang bisa digunakan sebagai dana darurat jika sewaktu-waktu ada hal-hal yang tak diinginkan menimpanya?

Hindari menghabiskan seluruh tabungan Anda untuk melunasi utang kartu kredit yang Anda miliki. Jangan memaksakan diri untuk membayar semuanya dengan sekaligus. Anda bisa melunasinya secara bertahap dan sedikit demi sedikit. Jika tidak memungkinkan melunasi utang yang paling besar, maka Anda bisa mencicilnya atau melunasi yang terkecil terlebih dahulu. Hal ini akan tetap berimbas positif dan menambah rasa percaya diri Anda bahwa Anda mampu dan bisa melunasi sejumlah utang lainnya yang telah menunggu.

7. Lakukan Negosiasi dengan Pihak Bank

Diskusikan dengan Pihak Bank

Diskusikan dengan Pihak Bank via understandinsurance.com

 

Ketika Anda merasa beban utang Anda telah terlalu berat, maka ada baiknya Anda mendatangi pihak bank dan mencoba untuk melakukan negosiasi dengan mereka. Sampaikan keinginan Anda dengan tepat, jangan mengeluh, apalagi marah-marah. Berkomunikasilah dengan tenang dan sampaikan kesulitan yang Anda alami pada pihak bank tempat Anda berutang.

Mintalah kebijaksanaan dari pihak bank dalam permasalahan yang tengah Anda hadapi. Biasanya pihak bank akan memberikan solusi dengan menghapuskan bunga utang kartu kredit dan memberi kelonggaran Anda untuk mencicil utang pokoknya saja. Dengan begitu, Anda akan bisa mencicil utang Anda dengan tenang tanpa khawatir sejumlah bunga yang akan membengkak setiap bulannya.

Segera Hentikan Kebiasaan Berutang

Utang kartu kredit pada awalnya hanya terlihat ringan dan bukan menjadi sebuah beban yang besar dalam keuangan Anda, namun jika selalu ditumpuk dan ditunda pelunasannya, maka utang tersebut akan menggunung. Anda harus segera menghentikan kebiasaan mendapatkan segala sesuatu dengan menggunakan kartu kredit. Anda harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan semata. Jangan sampai terbawa suasana dan menggunakan kartu kredit secara sembarangan.

Baca Juga: Kartu Kredit Over Limit, Apa yang Mesti Dilakukan?