Cara Memanfaatkan Teknologi untuk Hemat Biaya Mobil Anda

Ketika penghasilan seseorang sudah stabil, bahkan semakin besar, pasti ingin membeli mobil impian. Harga mobil tidak bisa dibilang murah, karena bisa mencapai ratusan juta rupiah per unit. Tapi punya kendaraan roda empat juga membutuhkan perawatan ekstra dengan biaya cukup mahal.

Yah itulah konsekuensi yang harus ditanggung Anda jika mempunyai barang mewah. Belum lagi biaya asuransi, bahan bakar, dan ongkos lainnya. Meski demikian, toh buktinya banyak orang yang rela kredit mobil untuk menunjang mobilitas mereka. Enaknya punya mobil, tidak kepanasan dan kehujanan seperti berkendara motor.

Nah seiring perkembangan teknologi, kini Anda tak perlu khawatir lagi dengan biaya-biaya itu. Ternyata Anda bisa menyingkronkan teknologi dengan kendaraan Anda. Semua ongkos pemeliharaan mobil bisa dihemat dengan memanfaatkan teknologi di ponsel pintar atau smartphone Anda, seperti dilansir dari mint.com.

Baca Juga: Perbedaan Kredit Mobil Bekas dan Kredit Mobil Baru

Anda Bingung Cari Kredit Mobil Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Kredit Mobil Terbaik! 

1. Hemat Biaya Bengkel

Hemat Biaya Bengkel
Hemat Biaya Bengkel

Ini nih aplikasi OBD Auto Doctor, Dash, atau Automatic yang bisa menganalisis ‘kesehatan’ mobil tanpa harus dibawa ke bengkel. Contohnya saja menemukan masalah kendaraan, seperti lampu mati, dan lainnya. Ini tentu saja akan menghemat biaya perbaikan. Jika memang harus ke bengkel, Anda dapat menginformasikan masalah mobil kepada teknisi, sehingga menghemat waktu untuk mendiagnosis.

Cara ini juga bisa menghindari Anda dari tipu-tipu teknisi demi uang. Untuk kendaraan yang dilengkapi Wi-Fi atau Bluetooth, pengaturannya cukup mudah. Akan tetapi untuk kendaraan lawas, harus dipasang adaptor. Adaptor ini dihubungkan ke port.

2. Hemat Biaya Bensin

Aplikasi Fuelcaster dan Esurance dapat memprediksi harga Bahan Bakar Minyak (BBM) atau gas apakah akan naik atau turun besok. Dengan kata lain, aplikasi ini dapat membantu Anda menemukan harga bensin termurah secara real time di lingkungan Anda. Jadi saat harga naik atau turun, akan selalu di update aplikasi ini. Lumayan kan kalau bisa dapat harga yang termurah.

Baca Juga: Tips Agar Kredit Mobil Anda Disetujui

3. Sewakan Mobil

Teknologi memang makin canggih. Ada lagi nih aplikasi carsharing atau berbagi mobil. Kalau Anda memiliki mobil, tapi jarang dipakai lantaran capek terjebak macet, parkir mobil makin mahal,

Anda bisa menjajal aplikasi carsharing. Jadi model bisnisnya si pemilik meminjamkan atau menyewakan mobil kepada orang lain. Waktunya bisa dihitung jam atau hari. Soal tarif yang dikenakan, terserah si pemilik mobil atau operator. Bisa ditentukan berdasarkan menit, jam, atau menggunakan hitungan jarak. Coba lihat aplikasi Getaround atau Turo.

Di Indonesia ada nih namanya HipCar. Cara kerjanya si peminjam tidak perlu bertemu pemilik mobil untuk ambil kunci. Untuk buka dan kunci pintu mobil, tinggal tap di aplikasi ponsel kamu. Aplikasi ini terhubung dengan bluetooth khusus mobil yang terdaftar mitra HipCar. Jangan coba-coba nakal ya, karena mobil-mobil sewaan ini juga dipantau.

Daripada mobil teronggok di garasi saja, sementara kredit tetap harus dicicil setiap bulannya, lebih baik sewakan mobil saja. Ingat, tetap harus berhati-hati dengan model bisnis seperti ini agar tidak kecolongan. Pastikan Anda sebagai pemilik kendaraan mengetahui dengan jelas identitas si peminjam.

4. Daftar Transportasi Online

Daftar Transportasi Online
Daftar Transportasi Online

Ini sih yang lagi trennya, punya mobil untuk dijadikan taksi online. Aplikasinya disebut ridesharing. Tren ini akan terus berkembang pesat. Perusahaan konsultan McKinsey bahkan memprediksi sekitar 10% kendaraan yang dijual akan menjadi kendaraan bersama atau ridesharing.

Daftarkan diri Anda menjadi mitra operator transportasi online. Selain bisa hemat, malah menambah penghasilan. Kalau tidak mau ribet, angkut penumpang yang searah dengan tujuan Anda. Di Indonesia, sudah ada GrabCar dan Go-Car yang sangat diminati masyarakat, khususnya mereka yang tinggal di kota-kota besar.

Jangan Alergi dengan Teknologi

Memanfaatkan teknologi ponsel pintar atau smartphone dapat membantu Anda menghemat segala tetek bengek biaya mobil Anda. Jangan alergi terhadap teknologi, karena mau tidak mau, suka tidak suka, teknologi akan selalu mengikuti perkembangan zaman. Begitupun dengan bisnis, harus selalu mengikuti setiap perubahan teknologi agar tidak tergilas. Sebab jika dimanfaatkan dengan baik, teknologi akan memberi keuntungan dan memudahkan Anda dalam melakukan segala aktivitas sehari-hari. Selamat mencoba.

Baca Juga: Beli Mobil Secara Kredit Rugi, Benarkah?