Cara Memilih Kartu Kredit Travel yang Cocok dengan Kebutuhanmu

Kartu kredit bisa dibilang kartu sakti yang sangat bermanfaat untuk melakukan transaksi keuangan. Begitupun saat kamu sedang liburan, jalan-jalan di dalam maupun luar negeri. Enggak perlu lagi bawa banyak uang tunai, tinggal pakai kartu kredit untuk berbelanja, bayar makanan, hotel, dan lain sebagainya.

Saat ini ada yang namanya kartu kredit travel. Berguna buat kamu yang suka plesiran. Kamu bisa mendapatkan keuntungan dari kepemilikan maupun penggunaan kartu kredit tersebut, seperti promo, diskon, cashback, sampai tukar reward point untuk fasilitas lounge gratis di bandara, voucher liburan gratis, dan masih banyak lainnya.

Banjir promo dari bank penerbit pasti bikin kamu tergoda. Lumayan kan, bisa jalan-jalan gratis atau harga murah. Hemat biaya tiket penerbangan, hotel, makan di restoran. Tapi ingat ya, pakai kartu kredit secara bijak, disiplin bayar tagihan setiap bulan, jangan sampai telat kalau enggak mau kena denda.

Kalau kamu sedang mengajukan kartu kredit travel ke bank ataupun situs marketplace produk keuangan, seperti Cermati.com, ada baiknya simak dulu tips memilih kartu kredit travel supaya kamu makin untung.

Baca Juga: Harga Tiket Pesawat Turun, Berapa Paling Murah?

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Bonus Pengajuan Kartu Kredit

Kartu Kredit Travel
Bonus Pengajuan Kartu Kredit

Biasanya bank penerbit kartu kredit memberikan welcome bonus berupa poin atau miles gratis, gift, cashback, hingga voucher potongan harga, atau gratis makan minum di beberapa merchant terpilih saat pengajuan disetujui.

Eits, jangan sampai terkecoh. Kadang promo atau bonus menarik ini mencantumkan syarat dan ketentuan. Misalnya untuk belanja minimal sekian rupiah, baru deh dapat bonusnya. Jadi selalu pertimbangkan pembelian minimum saat kamu mengajukan kartu kredit.

Lihat kemampuan keuanganmu, karena kalau dipaksakan akan menyebabkan pengeluaran membengkak. Jangan sampai menghabiskan uang hanya untuk mendapat bonus poin atau hadiah lain yang tidak sesuai dengan kemampuan finansialmu.

2. Bagaimana Cara Mengumpulkan Poin 

Kartu Kredit Travel
Cara Mengumpulkan Poin

Tanyakan ke pihak bank penerbit kartu kredit, bagaimana cara mengumpulkan reward point. Transaksi-transaksi apa saja yang dapat mendulang banyak poin, cara penukarannya, dan dapat ditukar dengan item apa. Program reward point ini memang sangat menguntungkan. Tapi lagi-lagi pasti ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi.

3. Biaya Tahunan Kartu Kredit

Kartu Kredit Travel
Biaya Tahunan Kartu Kredit

Hal lain yang harus diperhatikan saat mengajukan kartu kredit dalah biaya tahunan. Banyak orang memilih kartu kredit travel dengan biaya tahunan rendah, bahkan gratis selamanya. Ada pula kartu kredit travel dengan biaya tahunan tinggi yang worth it dengan keuntungan yang banyak. Jadi, sepenuhnya keputusan ada di tanganmu untuk memilih kartu kredit travel yang mana. Tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuanmu.

Baca Juga: 5 Kartu Kredit Bagi Anda yang Suka Travelling

4. Biaya Transaksi di Luar Negeri

Kartu Kredit Travel
Biaya Transaksi di Luar Negeri

Punya kartu kredit enaknya bisa dipakai di luar negeri, belanja oleh-oleh, makan minum di restoran, jalan-jalan ke tempat wisata, dan transaksi lainnya. Tapi di balik kemudahan itu, biasanya ada biaya transaksinya. Biaya tambahan transaksi di luar negeri ini perlu kamu tanyakan ke pihak bank maupun customer service fintech agregator sebelum memilih kartu kredit travel. Jangan sampai belanja sesuka hati, kejebak biaya tinggi, tagihannya bikin sakit hati.

5. Fasilitas yang Ditawarkan

Kartu Kredit Travel
Fasilitas yang Ditawarkan

Yang satu ini juga tak kalah penting. Menanyakan beragam fasilitas maupun benefit yang diperoleh kalau kamu menggenggam kartu kredit travel. Apakah ada voucher liburan gratis, cashback makan di restoran, diskon tiket pesawat, dan lain sebagainya. Ini sangat berpengaruh untuk menentukan bujet liburan ke depannya. Pilih kartu kredit travel dengan keuntungan yang pas denganmu.

6. Sesuaikan dengan Gaya Hidup

Kartu Kredit Travel
Sesuaikan dengan Gaya Hidup

Sebelum mengajukan kartu kredit travel, sesuaikan bunga, biaya tahunan, dan limit kartu kredit dengan pendapatan bulanan. Jangan ajukan kartu kredit yang bunganya mahal dan limitnya besar, sedangkan pendapatan pas-pasan. Selain itu, sesuaikan juga dengan gaya hidupmu. Jangan sampai ya punya kartu kredit malah boros. Ingat itu utang yang harus dilunasi, jadi tetap gunakan kartu kredit dengan penuh tanggung jawab.

Tahan Godaan, Jangan Boros Selama Liburan

Memang sih bisa bertransaksi sesuka hati dengan kartu kredit selama liburan, namun ingat ada cicilan menanti saat pulang. Oleh sebab itu, jangan tergoda untuk belanja banyak saat liburan. Atur pengeluaran sehemat mungkin agar tagihan kartu kredit yang akan datang tidak terlalu memengaruhi gajimu.

Baca Juga: Keuangan Makin Hemat Pakai Kartu Kredit, Cermati Promo Kartu Kredit Terbaru 2019