Cara Memilih KTA yang Bagus, Pilih KTA Online

Tingginya permintaan masyarakat akan pinjaman dana tunai menjadi salah satu peluang bisnis yang baik bagi pebisnis sektor keuangan atau bank. Wajar saja bila akhirnya bank punya sejumlah produk pinjaman di dalam layanan mereka.

Di antara beragam produk tersebut, Kredit Tanpa Agunan (KTA) tentu menjadi salah satu yang paling populer dan banyak diminati oleh masyarakat. Selama bertahun-tahun belakangan ini KTA menjadi produk yang paling banyak dicari, mengingat proses dan juga syarat pengajuannya terbilang mudah dan cepat.

Masyarakat selalu menginginkan produk-produk yang sederhana dan mudah, sedangkan KTA ternyata bisa memenuhi kriteria tersebut.

Hampir semua bank di Indonesia memiliki produk KTA. Artinya, Anda yang berminat pada produk yang satu ini, akan leluasa dalam memilih salah satu yang paling tepat untuk kebutuhan kuangan Anda.

Lalu, KTA yang lebih bagus itu seperti apa? Simak ulasan berikut ini.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Pilih KTA Terbaik dan Tepat

KTA Online
Pilih KTA  sesuai keinginan dan kebutuhan

Seiring dengan perkembangan zaman, KTA tidak hanya bisa Anda akses secara langsung ke bank pilihan Anda. Beberapa bank justru telah memiliki layanan KTA Online. Sehingga Anda tidak perlu repot datang ke kantor cabang untuk pengajuannya.

KTA Online tentu akan jauh lebih mudah praktis, dimana proses pengajuan hingga persetujuan bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Anda hanya perlu mengakses website resmi bank pilihan Anda dan melakukan proses pengajuan di sana.

Beberapa bank bahkan memberikan layanan yang cepat, sehingga hasil pengajuan KTA tersebut bisa Anda ketahui dalam beberapa saat saja. Pastikan Anda memilih produk KTA terbaik dan paling tepat, sehingga dana KTA ini benar-benar bermanfaat maksimal di dalam keuangan Anda.

Berikut cara memilih KTA yang lebih bagus:

1. Miliki Tujuan Pengajuan KTA yang Jelas

Usaha
Mengajukan KTA  untuk modal usaha itu bersifat produktif

Apa dan ke mana dana KTA akan Anda gunakan? Ini menjadi poin penting pertama yang wajib Anda pikirkan sejak awal, agar KTA itu memberikan manfaat yang maksimal.

Pada umumnya KTA memang diajukan untuk mengatasi berbagai kondisi darurat di dalam keuangan. Namun sebagaimana jenis utang lainnya, KTA juga selayaknya digunakan untuk hal-hal yang bersifat darurat atau bahkan produktif, seperti tambahan modal usaha, biaya Pendidikan, biaya pengobatan, renovasi rumah pasca bencana, dan lainnya.

Hindari pengajuan KTA yang bersifat konsumtif dan tidak terlalu mendesak, seperti biaya liburan, membeli televisi baru, atau bahkan untuk berbagai hal lain yang tujuannya tidak jelas.

 

Baca Juga: Modal Nikah Kurang? Pakai KTA Saja!

2. Lihat Kondisi Keuangan Anda

Dompet
Menyesuaikan kondisi keuangan itu penting sebelum mengajukan KTA

KTA memang diperuntukkan sebagai dana darurat yang mengatasi masalah keuangan. Namun bukan berarti Anda bisa mengajukan setiap saat tanpa melihat kondisi keuangan Anda saat ini.

Penting untuk memeriksa pos pengeluaran dan juga besaran utang yang Anda miliki, sehingga KTA ini tidak membebani keuangan Anda di luar kemampuan. KTA akan menimbulkan sejumlah cicilan setiap bulannya, dan pastinya akan menjadi pos pengeluaran tetap dalam keuangan.

Pastikan keuangan Anda mampu untuk sejumlah utang baru, sehingga cicilan KTA ini tidak menjadi masalah baru di dalam keuangan Anda.

3. Pilih Produk KTA Terbaik

Produk KTA
Pilih produk KTA yang memberikan keuntungan lebih atau bunga rendah

Hampir semua bank memiliki produk KTA, sehingga Anda akan memiliki banyak pilihan sebagai pertimbangan. Setiap bank akan memiliki keunggulan dan juga kekuarangan di dalam produk KTA mereka. Dan penting bagi Anda untuk mengetahui dengan baik sejak awal.

Untuk memilih produk KTA terbaik, setidaknya jadikan beberapa poin berikut sebagai pertimbangan, yakni syarat pengajuan, proses, bunga, biaya, pinalti, dan lainnya. Jika perlu, jangan sungkan bertanya kepada teman atau kerabat Anda yang telah lebih dulu menggunakan layanan KTA.

4. Lakukan Perbandingan Produk KTA

Membandingkan Produk KTA
Jangan segan untuk membandingkan produk KTA yang ada

Untuk menemukan produk terbaik, maka Anda perlu melakukan perbandingan antara satu produk dengan produk sejenis lainnya. Hal ini juga bisa Anda lakukan ketika mencari produk KTA, sehingga Anda benar-benar yakin dengan pilihan Anda.

Beberapa bank mungkin memberikan kemudahan dalam pengajuan, namun bisa saja membebani Anda dengan sejumlah biaya yang besar. Pastikan Anda memahami semua ketentuan serta berbagai biaya yang diterapkan, terutama biaya bunga dan administrasinya.

Lakukan perbandingan antara satu KTA dengan lainnya, agar Anda menemukan produk KTA terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: Sebelum Mengajukan KTA, Ketahui Dulu Biaya-Biaya Ini

5. Pilih Tenor KTA yang Tepat

Jangka Waktu Pinjaman
Pilih jangka waktu sesuai keinginan dan kebutuhan 

Jangan lupa untuk menyesuaikan kemampuan bayar Anda dengan besaran cicilan yang Anda ambil di dalam KTA. Tenor yang singkat tentu akan mempertemukan Anda dengan sejumlah cicilan yang besar. Sedangkan di lain sisi, tenor yang terlalu panjang justru akan membuat cicilan menjadi lebih kecil, namun Anda akan membayar bunga utang yang lebih panjang dan besar nilainya.

Pastikan Anda memahami hal ini dengan baik dan memilih tenor yang paling tepat dan sesuai dengan kemampuan keuangan Anda.

6. Jangan Lupa Lakukan Simulasi KTA

Simulasi Pinjaman
Lakukan simulasi rencana pinjaman Anda

Agar yakin dengan kemampuan keuangan Anda, maka sangat penting untuk selalu melakukan simulasi sebelum mengajukan pinjaman ke bank. Jika tidak memiliki kemampuan yang baik dalam hal ini, mintalah pihak bank untuk melakukan simulasi ini untuk Anda.

Simulasi akan memberikan Anda gambaran yang jelas mengenai utang yang akan Anda ajukan, serta memberi Anda kemudahan dalam menyesuaikan kemampuan keuangan Anda dalam mengelola utang tersebut di masa yang akan datang. Cara ini bisa membantu Anda menghindari kondisi gagal bayar.

7. Gunakan KTA dengan Bijak

Belanja
Jangan gunakan KTA untuk belanja yang sifatnya konsumtif

Jika telah yakin pada pilihan Anda, maka ajukan KTA tersebut dengan mantap. Pastikan Anda menggunakan dana KTA Anda dengan bijak dan sesuai dengan rencana, sehingga pinjaman ini memberikan manfaat maksimal di dalam keuangan Anda. Jangan lupa untuk selalu disiplin membayarnya, agar rekam jejak Anda di bank tetap bersih.

Hitung dan Ajukan KTA dengan Pertimbangan yang Matang

KTA kerap menjadi solusi di dalam keuangan, terutama di saat darurat. Namun pastikan Anda mengajukan pinjaman ini dengan pertimbangan yang baik dan juga perhitungan yang matang. Sehingga tidak menimbulkan masalah baru di dalam keuangan Anda kemudian hari. Ajukan dan gunakan dana kTA Anda dengan bijak, agar memberikan manfaat maksimal dalam keuangan Anda.

Baca Juga: Takut KTA Konvensional Haram? Pakai KTA Syariah Saja!