Cara Mencari Kartu Kredit sesuai Kepribadian agar Makin Untung

Kartu kredit tak lagi dipandang sebagai kartu setan, tapi sebagai alat pembayaran yang praktis dengan berbagai keuntungan. Kartu kredit terbit dengan berbagai manfaat yang berbeda-beda  yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Limit yang ditawarkan pun semakin beragam, bahkan orang yang memiliki penghasilan dibawah UMR pun bisa mengajukan dan merasakan manfaat dari kartu kredit. Tujuan memiliki kartu kredit tidak hanya sekedar bisa merasakan diskon khusus, point reward, cicilan 0% atau cashback saja tapi juga menyehatkan finansial kamu dan menjadi lebih hemat.

Harus diingat kartu kredit yang memiliki banyak promo bukan berarti kartu yang bisa memenuhi kebutuhan dan menyehatkan finansial tapi yang sesuai dengan penghasilan dan kebutuhan yang cocok. Untuk itu penting menyeleksi kartu kredit jenis dan benefit yang sesuai dengan kebutuhanmu sebelum apply kartu kredit.

Secara umumnya ada 3 kategori tingkatan kartu kredit yang di keluarkan oleh bank dan kartu kredit ini dibedakan berdasarkan iuran tahunannya dan limitnya yaitu silver, gold dan platinum. Sekarang kartu kredit telah lebih banyak lagi jenisnya yang tidak hanya disesuaikan penghasilan nasabahnya, tapi juga kebutuhan sehari-hari bahkan sampai dengan kepribadian dan hobinya.

Nah, untuk kamu yang sedang mencari kartu kredit pertama atau ingin mengganti kartu kredit lama. Ini dia beberapa jenis kepribadian beserta jenis kartu kredit apa yang cocok untuk kebutuhannya. Baca baik-baik, kali saja ada yang sesuai dengan kamu:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Si Shopaholic

shopaholic

Jika kamu yang hobi belanja tentu tidak usah berpikir dua kali, segeralah mengajukan kartu kredit. Kartu kredit tidak hanya memudahkan berbagai transaksi pembayaran tapi juga bisa memotong banyak biaya belanja kamu dengan berbagai penawaran diskon dan promonya.

Keuntungan kartu kredit yang wajib ada:

  • Bunga rendah
  • Reward
  • Cash back
  • Diskon retail/bensin

Contoh kartu kredit yang bisa dipilih: UOB Lady's CardStandard Chartered MasterCard PremiumUOB Preferred Platinum

2. Si Pintar

si pintar

Jika kamu adalah pribadi tipe ini, kartu kredit akan sangat cocok menjadi senjata andalan kamu dalam mengatur keuangan dan mengurangi pengeluaran dengan berbagi diskon dan promonya. Biasanya yang memiliki kepribadian ini harus memiliki banyak keuntungan dalam kartu kreditnya terutama dalam belanja kebutuhan bulanan agar semakin untung.

Keuntungan kartu kredit yang wajib ada:

  • Reward
  • Cash back
  • Travel reward
  • Diskon retail/bensin

Contoh kartu kredit yang bisa dipilih: BRI Easy CardUOB One Card, HSBC Platinum Cashback

Baca Juga: 10 Keuntungan Utama Memiliki Kartu Kredit

3. Si Traveler

si traveler

Untuk yang hobi jalan-jalan ingat tidak sembarang kartu kredit bisa di apply apalagi jika traveling sudah buka menjadi hobi tapi bagian dari pekerjaan. Pilihlah kartu kredit yang memang diperuntukan untuk traveling agar kamu tidak hanya lebih nyaman tapi juga hemat dalam menjalankan hobi yang satu ini:

Keuntungan kartu kredit yang wajib ada:

  • Travel reward
  • Airport Lounge
  • Kartu kredit korporat (bussiness travel)

Setiap bank menawarkan travel reward yang berbeda-beda pada kartu kreditnya, bisa berupa diskon khusus tiket maskapai hingga akomodasi, akumulasi miles dan asuransi perjalanan. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Contoh kartu kredit yang bisa dipilih: UOB PRVI MilesUOB YOLO CardCiti Simplicity+

4. Si Pelit

si pelit

Untuk pribadi yang satu ini biasanya hanya menggunakan kartu kredit karena kemudahan bertransaksinya saja, dan biasanya tidak terlalu sering memanfaatkan keuntungan lain seperti diskon atau cashback karena hanya akan membeli yang dibutuhkan saja. Untuk tipe seperti ini justru akan menghindari kartu kredit dengan keuntungan yang terlalu banyak agar terhindar dari godaan belanja.

Jika kamu kebetulan pemilik kepribadian ini, berikut kriteria kartu kredit yang harus kamu cari:

  • Bunga rendah
  • Bebas biaya iuran tahunan seumur hidup

Contoh kartu kredit yang bisa dipilih: BRI Touch Visa GoldSinarmas Visa GoldSinarmas Secure Credit Card

Baca Juga: Cara Memanjakan Diri dengan Kartu Kredit Pertama

5. Ibu Rumah Tangga

ibu rumah tangga

Memang tidak bisa dikatakan sebagai sebuah kepribadian, tapi untuk yang satu ini untuk nanti ketika kamu sudah berkeluarga dan membutuhkan kartu kredit ketika mengatur keuangan dan menghemat pengeluaran keluarga kamu kelak. Banyak bank yang telah menerbitkan kartu kredit yang memang khusus untuk keluarga.

Merchant-merchant yang diajak kerja sama pun kebanyakan supermarket dan retail bukan mall atau cafe-cafe untuk nongkrong yang biasa di miliki oleh kartu kredit biasanya. Untuk kamu yang akan dan sudah berkeluarga ini dia kriteria kartu kredit yang harus dimiliki:

  • Bunga rendah
  • Reward
  • Cashback
  • Diskon retail/bensin

Contoh kartu kredit yang bisa dipilih: Mega Gold CardBCA Everyday CardDanamon Gold

Bijaklah dalam Memilih Kartu Kredit

Dalam memilih dalam kartu kredit, banyak orang yang akhirnya jadi rugi karena terlalu fokus dengan keuntungan yang ditawarkan bukan karena kartu kredit itu sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Setiap kartu kredit pasti memiliki kekurangan dan risiko yang bisa dihindari jika kamu memilih dan menggunakannya secara bijak.

Jadilah nasabah yang pintar dan gunakan kartu kredit tidak sebagai bahan gengsi atau pemborosan, tapi sebagai alat bantu pembayaran yang bisa menyehatkan keuangan pribadi atau keluarga.

Baca Juga: Pilihan Kartu Kredit yang Cocok untuk Wanita