Cara Menekan Keinginan Membeli Baju

Membeli baju baru menjadi rutinitas yang banyak dilakukan orang, barangkali termasuk kamu di antaranya. Meski tidak sesering membeli camilan, namun secara berkala kamu pasti akan membeli sejumlah baju baru. Selalu ada banyak alasan bagi orang-orang untuk membeli sejumlah baju baru, baik itu karena keperluan tertentu atau bahkan karena sekedar ingin mengikuti mode saja. Namun apapun alasan untuk membeli baju-baju baru ini, semua itu tentu akan membutuhkan sejumlah dana, bukan?

Tak masalah jika ternyata kamu terbilang jarang membeli baju atau bahkan hanya beberapa kali dalam setahun saja. Namun jika ternyata kamu terbiasa memiliki keinginan yang besar untuk selalu belanja dan membeli sejumlah baju baru setiap bulannya, maka bisa dipastikan hal ini akan menghabiskan banyak dana dari keuangan kamu. Bukan hanya itu saja, baju-baju yang sudah terlalu banyak ini bisa saja menjadi tumpukan yang menggunung di lemari kamu, terutama jika kamu tidak sering menata dan merapikannya.

Jika dibiarkan terlalu lama, kebiasaan belanja baru ini bisa saja membuat kamu boros dan memiliki baju dalam jumlah yang besar sekaligus. Koleksi baju sudah banyak, namun keinginan untuk membeli baju baru lainnya tetap tinggi dan sulit terkendali, ini akan menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Kurangi atau Bahkan Berhenti Sama Sekali

Jangan selalu menuruti keinginan hati untuk membeli sejumlah baju baru, apalagi jika kamu tidak benar-benar membutuhkannya. Sangat penting untuk segera memahami dengan baik perbedaan antara keinginan dan kebutuhan, sehingga kamu lebih bijak lagi untuk membelanjakan uangmu. Dengan begitu, kamu bisa menekan niat untuk kembali belanja baju baru. Hal ini penting, terutama jika selama ini kamu sudah masuk dalam kategori pecandu belanja dan sudah banyak mengeluarkan uang untuk sekedar membeli sejumlah baju yang baru.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menekan keinginan membeli baju baru ini, beberapa di antaranya seperti berikut:

1. Pakai Baju Lama yang Belum Pernah Dipakai

 

Pakai Baju Lama yang Belum Pernah di Pakai
Pakai Baju Lama yang Belum Pernah di Pakai

Ingin penampilan yang baru tanpa membeli baju baru, maka cobalah untuk membongkar kembali isi lemarimu. Cek satu persatu koleksi bajumu, barangkali di sana ada baju yang belum terpakai sama sekali, bahkan sejak pertama kali di beli. Hal seperti ini sering terjadi, di mana seseorang membeli baju baru namun tidak pernah memakainya sama sekali. Bukan karena tidak suka dengan baju yang baru dibeli ini, namun ada banyak alasan mengapa baju baru kerap tidak dipakai sama sekali, misalnya:

  • Membeli dengan terburu-buru dan tidak mencobanya, ternyata saat coba dipakai di rumah, baju kekecilan dan tidak bisa digunakan. Cobalah baju ini sekarang, barangkali kamu sudah lebih kurus dan bisa menggunakannya.
  • Setelah membeli dan membawanya pulang, ternyata tidak suka motifnya.
  • Warnanya kurang sesuai dengan keinginan.
  • Membeli secara online, dan saat tiba ternyata bajunya di luar perkiraan (tidak cocok).
  • Membeli baju dalam ukuran yang terlalu besar.

Apapun alasan kamu dulu menyimpan baju baru ini dan tidak menggunakannya sama sekali, bisa saja berbeda dengan saat ini. Cek kembali isi lemarimu dan lihat baju baru yang belum terpakai di sana, barangkali saat ini kamu bisa menggunakannya.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Kebiasaan Shopping Wanita Indonesia

2. Saling Bertukar Pakaian

Bertukar Pakaian dengan Teman
Bertukar Pakaian dengan Teman

Punya adik, sepupu, atau bahkan teman-teman yang sudah dekat, maka kamu bisa mengajak mereka untuk saling bertukar pakaian. Kegiatan barter baju-baju lama ini akan membuat kamu memiliki sejumlah koleksi baju “baru”, tanpa perlu mengeluarkan uang untuk membeli dan membawanya pulang. Hal ini akan sangat menyenangkan, bukan?

Pilihlah baju-baju yang sesuai dengan selera kamu, sehingga baju-baju yang kamu tukarkan ini akan terpakai dan tidak hanya sekedar menjadi koleksi semata. Jangan lupa untuk memilih baju dalam ukuran yang pas di badan kamu, agar kamu tidak perlu mengubah ukurannya (mengecilkan) lagi dan bisa langsung memakainya tanpa melakukan permak sama sekali. Kegiatan yang satu ini akan membuat isi lemari kamu tidak bertambah sama sekali, sebab sejumlah baju-baju lama kamu akan berpindah tempat dan berganti dengan sejumlah baju-baju “baru” lainnya yang kamu dapatkan dari pertukaran ini.

3. Gunakan Pakaian Ibu

Coba Lihat-Lihat Lemari Ibu
Coba Lihat-Lihat Lemari Ibu

Siapa bilang baju ibu selalu kuno dan tidak kekinian? Ada banyak ibu-ibu yang selalu update mode terkini, barangkali ibu kamu salah satunya. Atau, jangan-jangan ibu kamu justru jauh lebih modis jika dibandingkan dengan kamu sendiri?

Tidak ada salahnya mendatangi lemari pakaian ibu dan mencari koleksi bajunya di sana, barangkali ibu memiliki sejumlah baju yang cocok dan sesuai untuk kamu gunakan. Bukan hanya baju-baju keluaran terbaru saja, namun terkadang baju-baju lama milik ibu juga terlihat menarik dan cocok untuk dipakai anak muda seumuran kamu.

4. Permak Baju Lama

Permak Baju-Baju Lama
Permak Baju-Baju Lama

Jangan biarkan baju-baju lama kamu menumpuk di lemari dan tidak terpakai sama sekali. Perubahan mode bisa saja membuat kamu malas untuk memakai koleksi baju lama dan lebih suka untuk membeli baju yang baru. Namun jika kamu ingin berhenti belanja baju, maka ada baiknya untuk membongkar kembali isi lemari kamu saat ini juga. Baju-baju lama ini bisa saja menjadi terlihat baru dan tidak biasa, jika kamu memberikan sedikit sentuhan di dalamnya.

Kamu bisa menvermak baju lama kamu menjadi lebih baru, sehingga tidak terlihat kuno dan membosankan. Kegiatan ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah atau bahkan dengan meminta bantuan tukang jahit terdekat, dijamin baju lama kamu akan lebih menarik dan terlihat baru lagi.

5. Jual Baju-Baju Lama

Jual Pakaian-Pakaian Lama
Jual Pakaian-Pakaian Lama

Jika terpaksa membeli baju baru, maka ada baiknya kamu menjual baju-baju lama kamu terlebih dahulu. Selain bisa menghemat uang, kegiatan ini juga akan membantu kamu lebih mudah dalam menata lemari pakaianmu, sebab tidak ada banyak baju yang menumpuk di sana.

Baca Juga: 8 Cara Pintar Kelola Belanja Bulanan

Beli yang Benar-Benar Dibutuhkan

Baju akan selalu berganti mode mengikuti perubahan tren yang terjadi, namun bukan berarti kamu harus selalu membelinya. Manfaatkan koleksi baju lama kamu, sehingga keinginan untuk membeli baju baru ini bisa ditekan. Selain itu, kamu juga bisa bertukar baju atau bahkan menjual koleksi baju lama kamu terlebih dahulu, sebelum akhirnya membeli baju yang benar-benar kamu butuhkan saat ini.

Baca Juga: 5 Tips Cermat Belanja di Instagram