Cara Mengatur Cash Flow dengan Kartu Kredit

Tingginya kebutuhan hidup dan juga kesibukan dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari merupakan salah satu alasan mengapa kita selalu membutuhkan beragam fasilitas yang praktis di dalam hidup. Kita menginginkan sebuah kemudahan dan kenyamanan yang bisa mendukung segala rutinitas keseharian. Hal ini tentu sangat wajar, mengingat waktu merupakan aset berharga yang wajib digunakan dengan seefisien mungkin.

Sebagian orang lebih memilih untuk mengandalkan bantuan orang lain dalam mendukung beragam kesibukan mereka. Namun sebagian besar lainnya lebih memilih menggunakan beragam alat/fasilitas yang dianggap bisa mempermudah dan juga memperlancar segala urusan yang mereka lakukan, hal ini banyak dilakukan terutama oleh mereka yang berjiwa modern. Segala macam urusan bisa diselesaikan cepat dan juga tepat waktu dengan mengandalkan teknologi. Hal ini juga berlaku dalam masalah keuangan, di mana bank memberikan layanan perbankan yang canggih dalam mendukung berbagai aktivitas keuangan kita selaku nasabahnya.

Kartu kredit merupakan fasilitas perbankan yang banyak digunakan belakangan ini, alat ini terbilang memiliki beragam manfaat yang bisa kita gunakan dalam mempermudah berbagai urusan keuangan yang harus kita lakukan. Beragam fitur menarik dan juga canggih dibenamkan di dalam uang plastik yang tipis ini, hal ini bertujuan untuk memenuhi segala macam kebutuhan kita akan sebuah layanan keuangan yang cepat dan juga praktis.

Namun, di balik semua tujuan awal dan juga manfaat yang bisa didapatkan dari sebuah kartu kredit, seringkali alat ini justru menjadi sebuah bumerang bagi orang yang memakainya. Dalam banyak kasus, ada banyak masalah dalam penggunaan kartu kredit, pada umumnya hal ini bisa terjadi karena kurangnya pengetahuan dan juga kontrol terhadap pemakaian kartu kredit itu sendiri. Hal seperti ini tentu akan berimbas buruk pada keuangan dan justru membawa kegagalan bagi rencana keuangan secara keseluruhan.

Baca Juga: Kenapa Anda Wajib Memiliki Kartu Kredit? Ini Dia Alasannya

Anggaran Tepat untuk Cash Flow Sehat

Tips Mengatur Anggaran Keuangan Sehat

Tips Mengatur Anggaran Keuangan Sehat via lerablog.org

 

Pada dasarnya, kartu kredit bisa memberikan manfaat yang sangat besar dalam keuangan kita, hal ini tentu saja jika kita memiliki komitmen dan juga disiplin yang kuat dalam mengelola dan menjalankan sistem yang cerdas di dalam keuangan kita. Bagi sebagian orang, hal ini mungkin terbilang mudah, terutama bagi mereka yang telah terbiasa melakukannya. Namun pada kenyataannya, di luar sana masih ada banyak orang yang tidak memiliki anggaran tepat dan juga pemanfaatan yang maksimal di dalam keuangan mereka, sehingga fasilitas keuangan apapun yang mereka gunakan, tidak akan memberikan manfaat maksimal dalam anggaran yang mereka terapkan. Atau, barangkali mereka malah belum pernah memiliki dan menjalankan sebuah anggaran keuangan di dalam kehidupan mereka.

Meski terbilang sederhana, namun kita tetap memiliki sebuah anggaran keuangan di dalam kehidupan kita. Hal ini akan membantu kita mengatur cash flow dengan baik dan tepat, sehingga keuangan bisa berjalan dengan lancar dan tepat sasaran. Penuhi poin-poin berikut ini dalam mengatur anggaran keuangan:

  • Dahulukan Menabung & Investasi
    Ketika mendapatkan gaji/penghasilan bulanan, kita seringkali melupakan pos wajib yang harus diutamakan di dalam keuangan dan cenderung memprioritaskan pos pengeluaran lainnya. Hal ini tentu tidak efektif dan berpotensi membuat keuangan menjadi rapuh dan mengalami kebangkrutan di akhir bulan.

    Jadikan aktivitas menabung dan juga investasi sebagai poin utama di dalam keuangan kita, sehingga kita akan selalu mendahulukannya dibandingkan pos pengeluaran lainnya. Setidaknya selalu sisihkan minimal 10% dari gaji dan masukkan dana tersebut ke dalam rekening tabungan khusus (tersendiri), hal ini akan mencegah dana tercampur dan juga terpakai dengan mudah untuk kepentingan yang tidak bersifat penting. Tabungan merupakan dana darurat yang bisa digunakan sewaktu-waktu jika ada kepentingan mendadak, dana ini juga bisa dimanfaatkan sebagai dana investasi di masa depan.
  • Cicilan Utang
    Utang juga merupakan hal yang wajib anda perhitungkan dalam anggaran, terutama jika kita memiliki sejumlah utang dalam bentuk cicilan (contoh: KPR dan cicilan mobil). Akan sangat penting untuk memiliki perhitungan tepat dan juga persentase yang akurat mengenai besaran utang yang akan kita bayarkan tiap bulannya. Pastikan jumlah ini tidak melebihi 30% dari total penghasilan kita, sehingga utang tidak akan mengganggu pos pengeluaran lainnya di dalam keuangan.
  • Bayar Beragam Biaya Tetap Lainnya
    Selain utang, ada berbagai macam biaya tetap lainnya yang harus dipenuhi di dalam keuangan, antara lain: biaya sekolah anak, biaya asuransi dan juga yang lainnya. Perhitungkan besaran biaya ini sejak awal dan pastikan jumlahnya berada dalam jangkauan keuangan kita, karena itu selalu pertimbangkan sejak awal besaran dana yang akan digunakan untuk membayar berbagai biaya tersebut.
  • Penuhi Kebutuhan Pokok
    Hal lainnya yang tak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah dana untuk memenuhi segala kebutuhan pokok, terutama untuk kebutuhan makan. Jangan sampai berbagai kebutuhan dan kewajiban lainnya justru membuat kebutuhan pokok menjadi terganggu. Jumlah ini minimal sebesar 40% dari penghasilan bulanan kita, pastikan kita memiliki kemampuan dalam mengatur dana tersebut dengan baik dan efisien untuk memenuhi segala kebutuhan pokok kita.

Baca Juga: Membayar Tagihan Kartu Kredit, Apa Saja yang Mesti Diperhatikan?

Manfaatkan Faslilitas Kartu Kredit

Memanfaatkan Penggunaan Kartu Kredit

Memanfaatkan Penggunaan Kartu Kredit via huffpost.com

 

Anggaran yang baik, tentulah anggaran yang diterapkan dengan tepat sasaran. Dalam hal ini, semua pos harus benar-benar berjalan dengan lancar dan sesuai dengan apa yang telah dianggarkan. Dalam menjalankannya kita bisa mengambil berbagai kebijakan yang dianggap perlu, termasuk menggunakan fasilitas kartu kredit yang kita miliki. Berikut ini beberapa poin yang bisa dimanfaatkan dalam kartu kredit untuk bisa mendukung cash flow berjalan dengan lancar:

  • Belanja Hemat dengan Diskon
    Gunakan fitur belanja hemat yang terdapat di dalam kartu kredit, biasanya hal ini diberikan dalam bentuk penawaran khusus ataupun diskon menarik dalam jumlah tertentu. Manfaatkan hal ini untuk memenuhi kebutuhan pokok, terutama belanja kebutuhan bulanan untuk keluarga.

    Namun, hindari pemborosan akibat adanya godaan diskon dan juga penawaran pada barang-barang tertentu yang pada dasarnya tidak benar-benar dibutuhkan, misalnya: membeli peralatan olahraga baru yang tidak begitu perlu. Tindakan seperti ini bukan bentuk penghematan dalam anggaran, namun akan berpotensi untuk membuat pembengkakan dalam anggaran yang telah anda susun sebelumnya.

  • Penawaran Menarik di Tempat Makan dan Hiburan
    Meski ini bukan hal yang wajib, namun dana untuk hiburan/sekedar berlibur di dalam kota adalah hal yang penting untuk kita pertimbangkan. Kita tetap bisa melakukan hal ini dengan dana yang efisien dengan cara menggunakan penawaran menarik dari kartu kredit. Gunakan diskon di tempat makan/restoran, serta berbagai tempat wisata lainnya. Dengan begitu, rencana liburan bisa tetap berjalan dengan lancar dan dengan dana yang tepat.

  • Gunakan Cicilan 0%
    Ketika kita sedang mengalami kesulitan keuangan, maka kita bisa memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh kartu kredit dalam memenuhi kebutuhan pokok yang wajib kita lakukan. Gunakan fasilitas cicilan 0% untuk memenuhi hal tersebut, dengan begitu kebutuhan pokok tetap bisa terpenuhi meski kita sedang mengalami kesulitan di dalam keuangan. Hal ini akan sangat membantu, setidaknya sampai kita bisa bangkit dan kembali pada posisi keuangan yang sehat.

  • Pakai poin reward
    Kartu kredit juga memiliki fasilitas poin reward yang bisa kita kumpulkan pada setiap pembelanjaan yang kita lakukan. Dalam jumlah tertentu, poin-poin ini bisa kita tukarkan dengan berbagai penawaran menarik yang biasanya dikirim melalui katalog secara berkala. Ada banyak barang yang bisa kita dapatkan dengan poin reward, bahkan sebagian bank memberikannya dalam bentuk voucher belanja yang bisa kita gunakan di supermarket atau swalayan yang bekerja sama dengan bank. Hemat bukan?

Perhitungkan dan Gunakan dengan Tepat

Meski sebagian orang beranggapan bahwa kartu kredit adalah bentuk fasilitas yang cukup berisiko untuk digunakan, namun hal tersebut tidaklah selalu benar. Jika digunakan dengan tepat dan dalam kontrol penggunaan yang baik, maka kartu kredit akan memberikan manfaat yang cukup signifikan dalam keuangan. Gunakan kartu kredit dengan penuh perhitungan dan pertimbangan yang matang, dengan begitu kita akan mendapatkan manfaat maksimal dan juga keuntungan atas kartu kredit tersebut. Selalu bayar tagihan kartu kredit tepat waktu, agar berbagai biaya dan denda bisa dihindarkan.

Baca Juga: Panduan Mengajukan Aplikasi Kartu Kredit Melalui Cermati.com