Cara Mengelola Data Ketenagakerjaan Via SIPP Online BPJS Terbaru

Reformasi birokrasi saat ini telah dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan dengan menyediakan layanan bernama SIPP Online. BPJS Ketenagakerjaan sendiri adalah sistem perlindungan sosial yang dikhususkan bagi pekerja  atau orang-orang yang telah bekerja.

Berbeda dengan BPJS Kesehatan yang dapat dimiliki oleh siapapun. BPJS Ketenagakerjaan dapat dimiliki oleh mereka yang bekerja baik di sektor swasta, buruh hingga pekerja profesional. BPJS Ketenagakerjaan sendiri merupakan ganti dari sistem Jamsostek atau yang biasa dikenal dengan Jaminan Sosial Tenaga Kerja yang berubah nama menjadi BPJS pada tahun 2011.

Sebagai sistem perlindungan terpadu, BPJS Ketenagakerjaan memiliki beberapa layanan utama, yakni perlindungan karyawan atas resiko kesehatan, jaminan hari tua atau JHT dan selain itu fasilitas lain yang bisa Anda pilih diantaranya adalah Jaminan Kecelakaan Kerja atau yang biasa disebut dengan JKK, dan Jaminan Kematian atau JKM yang mana fungsi dari kedua jenis jaminan tersebut adalah memberikan santunan kepada ahli waris yang telah diregistrasikan apabila tertanggung mengalami musibah.

Konsep yang mirip seperti asuransi namun langsung dipotong dari gaji bulanan membuat pekerja merasa lebih nyaman saat bekerja tanpa was-was terkena musibah dan tak mampu menafkahi keluarga. Hal tersebut membuat BPJS Ketenagakerjaan memiliki banyak peminat.

Untuk memberikan layanan secara maksimal, oleh karenanya BPJS ketenagakerjaan memberikan layanan yang terupdate menggunakan sistem layanan SIPP Online, berikut ulasan selengkapnya:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Mengenal Lebih Jauh SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan adalah kependekan dari Sistem Informasi Peserta Online dan merupakan sistem yang dimiliki oleh BPJS Ketenagakerjaan. SIPP sendiri berfungsi sebagai platform untuk mengolah data tenaga kerja yang diikutsertakan dalam BPJS Ketenagakerjaan baik mendaftarkan, mengecek pembayaran premi, maupun transaksi lainnya dan dapat diakses dari mana saja dan kapan saja karena sistem mendaftarnya online.

SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah :

  • Mudah untuk digunkanan lantaran sistemnya online
  • Pendaftaran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan dengan cepat selama dokumen persyaratan telah dipenuhi oleh peserta dan diupload oleh pengelola data tenaga kerja
  • Sistem yang digunakan lebih User Friendly, hal tersebut mempermudah bagian human resource untuk mengelola data karyawan yang didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan
  • Jika memiliki kendala dalam mengelola data karyawan, Anda bisa menghubungi customer care maupun relationship officer di nomor yang telah tertera di website SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan yakni 1500910.

Baca Juga: Jaminan Kematian BPJS Ketenagakerjaan: Tarif Iuran, Cara Daftar, dan Cara Klaimnya

Cara Mendaftarkan Keanggotaan di SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan 2018

 SIPP Online  BPJS Ketenagakerjaan
SIPP Online  BPJS Ketenagakerjaan via gadjian.com

Karea sistemnya yang sudah online, hal tersebut membuat pendaftaran SIPP BPJS Ketenagakerjaan menjadi lebih mudah. Berikut ini adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan :

Pertama-tama, untuk dapat menggunakan SIPP Online BPJS, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan cara masuk ke situs BPJS Ketenagakerjaan yakni di https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/. Kemudian masuklah ke menu pendaftaran atas nama perusahaan yang dikelola atau atas nama pemberi kerja.

Berikut berikut adalah syarat-syarat dokumen yang harus Anda penuhi untuk mendaftarkan perusahaan menjadi pengguna BPJS Ketenagakerjaan :

Isilah seluruh data-data yang dibutuhkan oleh sistem SIPP Online BPJS, mulai dari nama karyawan, alamat email perusahaan, nama perusahaan, dan lain lain. Selanjutnya, ikuti tahapan pendaftaran berikutnya dan isi data secara detail.

Tak lama setelah seluruh data yang diminta telah dipenuhi, maka account SIPP Online BPJS Anda pun sudah bisa mulai dipergunakan saat itu juga. Yang perlu diperhatikan adalah satu account SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan dapat digunakan untuk mengelola lebih dari satu perusahaan milik Anda namun dengan syarat memiliki NPP yang berbeda.

Baca Juga: Cara Daftar BPJS Kesehatan Tanpa Antre lewat Call Center

 

Cara Mengoperasikan SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan 2018

Jika telah melakukan pendaftaran sebagai user atau pengguna SIPP Online BPJS Ketenagakerjaa, berikut ini adalah cara untuk mengperasikan SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan yang perlu diketahui :

  • Masukkan email dan password
  • Jika perusahaan yang Anda daftarkan dalam SIPP Online lebih dari satu perusahaan, pilih lah salah satu perusahaan yang datanya hendak dikelola
  • Selanjutnya, pilih data tenaga kerja yang ingin diedit.
  • Untuk menambahkan data karyawan baru, pilih lah menu tambah karyawan baru dan masukkan data karyawan satu persatu
  • Perlu diperhatikan, jika karyawan masih memiliki BPJS Ketenagakerjaan, Anda cukup menginput nomor BPJS Ketenagakerjaan yang mereka miliki. Jika belum, maka harus mendaftarkannya terlebih dahulu.
  • Sistem SIPP Online BPJS pun selanjutnya akan melakukan penyimpanan data dan memproses approval pendaftaran.

Pahami Aturan dan Persyaratannya dengan Baik dan Teliti

Demikian lah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengelola data karyawan melalui SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan terbaru. Dengan menggunakan sistem SIPP, Anda bisa mengecek transaksi baik pembayaran premi, tagihan premi, hingga penonaktifan karyawan. Semoga berguna!

Baca Juga: Cara Beli Kacamata yang Ditanggung BPJS Kesehatan