Cara Menghemat Uang Belanja Kebutuhan Pangan

Ibu rumah tangga merupakan yang memegang peranan sebagai manajer keluarga. Peranannya pun tidak bisa di sepelekan begitu saja dan bahkan di pandang sebelah mata. Karena pada hakikatnya peran sebagai seorang ibu rumah tangga itu sungguh sangat kompleks. Jika Anda lihat dimulai dari hal-hal yang bersifat kecil sampai besar, mulai dari pagi hingga menemui pagi lagi. salah satu tugas berat dari ibu rumah tangga adalah mengatur pengeluaran kebutuhan rumah tangganya. Di sadari atau tidak pengeluaran rumah tangga biasanya dipengaruhi oleh gaya hidup yang terlalu berlebihan. Banyak tips dan cara yang telah dilakukan untuk menghemat pengeluaran khususnya belanja ibu rumah tangga. hal tersebut terjadi karena di tangan merekalah stabilitas ekonomi bisa terjaga dengan baik.

Walau begitu ibu rumah tangga dalam hal semacam ini tidak bisa disalahkan sepenuhnya, bila suatu saat nanti kondisi keuangan menjadi tidak stabil. Bahkan dari faktor uang belanja yang tadinya hanya sedikit di berikan untuk ibu rumah tangga tadi. Dalam hal seperti ini diperlukan kreatifitas dari ibu rumah tangga tersebut dalam mengatur belanja keluarga agar segala kebutuhan keluarga bisa tercukupi.

Saat ini kondisi ekonomi yang tidak menentu menjadi akibat utama dari melonjaknya harga-harga kebutuhan pangan. Itu disebabkan permintaan pasar yang tinggi tak sebanding dengan kondisi penjualan yang ada. Bahkan alasan paling utama menjadi penyebab itu terjadi ialah nilai tukar rupiah terhadap dollar yang terus menunjukan grafik naik. Sehingga penjual kebutuhan pangan pun ikut menaikkan harga dari barang yang dijualnya. Pada dasarnya manusia tidak akan mampu menjalani kehidupannya tanpa asupan makanan, bohong jika ada orang yang mengungkapkan tidak makan pun bisa mengerjakan segala kegiatan rutin dengan baik. Karena hakikatnya setiap orang pasti membutuhkan tenaga untuk bisa menjalankan aktivitas sehari-harinya.

Di dalam sebuah keluarga pasti ada seseorang yang mengatur dan mempunyai tanggung jawab untuk menghemat uang belanja, yang diperuntukan dalam memenuhi kebutuhan pangan harian. Sebagai ibu rumah tangga yang baik dan pintar pastinya punya segudang cara untuk menyiasati dalam rangka menghemat uang belanja. Harga-harga kebutuhan pokok yang terus melambung tinggi, membuat para ibu harus pandai memutar otak untuk menyiasati dan mengatur uang belanja yang mungkin saja tetap tanpa adanya tambahan. Jika seandainya tidak bijak dalam mengatur pengeluaran belanja bisa-bisa berisiko membengkak dan sebelumnya di targetkan untuk keperluan satu bulan, ini malah belum sebulan uang itu sudah habis terpakai.

Nah pada kesempatan kali ini, kita bakal membahas bagaimana cara yang paling ampuh untuk menghemat uang belanja yang dikhususkan untuk kebutuhan pangan sehari-hari. Diharapkan setelah membaca dan memahaminya anda bisa menerapkannya di kehidupan sehari-hari anda. maka dari itu simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Mulai Makan Makanan yang Sehat

Makanan Sehat

Makanan Sehat via onlinechic.com

 

Cara pertama yang anda harus lakukan untuk menghemat pengeluaran anda, tidak selalu mengenai masalah cara belanja dan kondisi keuangan saat ini. Namun, bisa juga dilihat dari bagaimana pola makan, dan perhatikan secara cermat makanan apa saja yang anda konsumsi sekeluarga setiap harinya. Anda bisa memulai untuk membiasakan mengajak keluarga untuk mengkonsumsi makanan yang sehat, tentunya juga dengan porsi tepat dan tidak berlebih-lebihan.kebanyakan orang tidak menyadari bahwa hal semacam ini bisa berpengaruh pada investasi keuangan anda dalam jangka waktu yang panjang. Usahakanlah agar membiasakan anak-anak anda untuk mengkonsumi makanan yang dibuat oleh diri anda sendiri.

Sebisa mungkin hindari jajanan yang tidak perlu karena hal semacam itu bisa berakibat pemborosan bagi keuangan anda. Apalagi pada kenyataannya saat ini banyak makanan yang tidak sehat beredar dan dijual secara bebas, seperti makanan dan minuman yang mengandung bahan pengawet, berkalori dan mempunyai kadar gula tinggi, minim serat, atau bisa jadi kurang higienis sehingga jika semua itu dikonsumsi dalam intensitas yang terlalu besar maka akan menimbulkan rasa sakit. Jangan sampai yang tadinya ingin berhemat malah menjadi sumber datangnya berbagai macam penyakit. Bahkan, malah mengeluarkan banyak biaya untuk menangani masalah kesehatan keluarga anda. jangan anggarkan keuangan anda seluruhnya untuk mengobati, lebih baik agar mencegah semua itu sebelum terjadi dengan cara mengkonsumsi makanan sehat dan banyak mengandung zat-zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

2. Menggunakan Kacamata Kuda Saat Berbelanja  

Biasakan untuk membuat daftar belanjaan terlebih dahulu sebelum berangkat ke pasar atau supermarket. Belilah apa-apa yang sekiranya sangat dibutuhkan untuk jangka waktu sebulan, bukan apa yang ingin anda beli pada saat itu. Fokuslah untuk membeli terhadap apa yang sebelumnya telah disusun dari rumah. Tahanlah ego anda dari berbagai macam godaan untuk membeli barang yang tidak diperlukan. Ingat, berapa harga yang harus dibayar untuk setiap barang tambahan yang sebenarnya tidak penting sama sekali bagi anda. lakukanlah penghematan kecil untuk menyisihkan lebih banyak uang untuk disimpan atau ditabung sebagai cadangan kalau ada hal-hal yang tidak diduga sebelumnya. Perhatikan dengan teliti dan seksama selisih harga barang produk sejenis yang mungkin dapat anda hemat.

Baca Juga: 15 Strategi Mengatur Keuangan dengan Pasangan

3. Belanja di Pasar Tradisional

Pasar Tradisional

Pasar Tradisional via liputanaceh.com

 

Jika anda benar-benar ingin menghemat pengeluaran belanja anda, biasakan untuk berbelanja di pasar tradisional. Untuk mendapatkan harga sayur dan kebutuhan pokok lainnya dengan harga yang lebih murah. Daripada jika dibandingkan dengan pergi berbelanja ke supermarket modern yang tentunya membanderol harga barang lebih tinggi karena dikenakan pajak yang tinggi pula. Di pasar tradisional anda akan menjumpai dan menemukan banyak sayuran yang masih segar. Mungkin halangannya selama ini yang menyebabkan jarang orang berbelanja di pasar ialah malasnya ketika harus mengalami becek. Namun pada akhirnya perjuangan anda akan terbayar dengan harga lebih murah tetapi mendapatkan barang yang berkualitas dan bermanfaat bagi keluarga anda.

4. Ajarkan Anak untuk Berbelanja dengan Uang Sendiri

Nah, pendidikan finansial yang diajarkan kepada anak memang harus dilakukan sejak dini. Anak anda harus diperkenalkan untuk mengelola uang jajan mereka sendiri. Ajarkan kepada anak bahwa dibutuhkan sebuah usaha untuk mendapatkan keinginan yang mereka mimpikan. Misalnya dengan cara menabung, menyisihkan sedikit demi sedikit uang jajan yang telah anda berikan. Dengan sendirinya mereka terlatih untuk tidak merengek setiap menginginkan sesuatu. Anda bisa melibatkan anak untuk belajar berhemat, sehingga pada akhirnya turut menekan pengeluaran biaya untuk membeli kebutuhan anak anda.

5. Cari Barang yang Diskon

Diskon Belanja

Cari Barang Diskon via forbes.co

 

Cara ini pada umumnya memang diperuntukan bagi anda yang ingin melakukan penghematan dengan cara berburu barang murah tetapi tetap berkualitas. Saat ini banyak toko atau supermarket yang menawarkan program diskon pada suatu barang. Manfaatkan kondisi tersebut untuk mendapatkan barang yang anda butuhkan. Namun jika anda memerlukannya untuk hari-hari ke depan, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan kesempatan diskon ini untuk menyediakan stok barang dirumah.

Baca Juga: 4 Prioritas Keuangan Pribadi Anda untuk Menjamin Masa Depan

6. Memasak dengan Porsi yang Tepat

Anda harus mulai mengetahui seberapa banyak olahan hidangan yang cukup untuk sekeluarga. Biasakan untuk memasak secukupnya, boleh saja sesekali dilebihkan tapi jangan berlebihan juga. Jika seandainya masih tersisa banyak simpan kembali di kulkas, yang nantinya bisa diolah kembali menjadi hidangan makan baru yang nikmat. Misalnya saja nasi yang tidak habis semalam bisa anda olah untuk keesokan harinya.

7. Siapkan Alokasi Belanja Mingguan

Belanja Bulanan

Alokasikan untuk Kebutuhan Lain via wordpress.com

 

Selain daripada rencana belanja bulanan, anda juga wajib membuat rencana belanja untuk mingguan. Karena pada dasarnya semua kebutuhan tidak dapat anda beli dalam waktu yang bersamaan. Patuhilah alokasi belanja mingguan yang telah anda rencanakan sebelumnya. Jangan coba-coba untuk melanggarnya kalau tidak mau kewalahan di minggu selanjutnya.

8. Pesan Bersama-sama Lebih Hemat

Anda harus meminimalkan rencana untuk makan di luar rumah. Namun jika kondisi anda memaksa untuk makan di luar rumah anda harus bijak dalam memesan makanan. Jangan memesan makanan untuk porsi perorangan, tetapi pesanlah makanan yang bisa dinikmati oleh seluruh keluarga. Memang kendalanya selalu berbicara soal selera yang kadang berbeda. Tapi alangkah lebih baik jika bisa mengatasi perbedaan tersebut dalam rangka menghemat pengeluaran anda.

Penuhi Kebutuhan Utama Anda Dulu

Demikianlah pembahasan mengenai bagaimana cara menghemat uang belanja kebutuhan pangan yang mungkin dengan adanya informasi ini bisa Anda aplikasikan di kehidupan Anda sehari-hari. Memang, kebutuhan akan pangan menjadi salah satu kebutuhan yang wajib dipenuhi. Karena itu, alokasikan dengan tepat.

Baca Juga: 10 Cara Cepat Terbebas Dari Utang