Cara Mudah Membangun Jaringan Usaha yang Luas

Ekspansi bisnis atau membangun jaringan usaha merupakan elemen penting bagi suatu usaha. Dengan ekspansi, jaringan usaha akan bertambah luas, sehingga target penjualan semakin besar.

Namun, persaingan era globalisasi yang ketat sering kali jadi penghambat kegiatan ekspansi suatu usaha. Akibatnya, pertumbuhan usaha menjadi lambat, bahkan sama sekali tidak mengalami kemajuan.

Dalam kegiatan perluasan usaha, ada beberapa poin yang menjadi juru kunci agar ekpansi bisnis ini tidak sia-sia. Apa saja? Simak ulasan berikut ini.

1. Analisis Sejauh Mana Perkembangan Usaha

Seperti apa performa usaha Anda dalam dua-tiga tahun belakangan ini? Untuk mengetahuinya, cek laporan keuangan tahunan yang dibuat oleh bagian akuntan.

Luangkan waktu untuk mengamati performa usaha yang mengalami penurunan, lalu analisis faktor penyebab terjadinya penurunan tersebut. Analisis dapat membantu Anda untuk memperbaiki kekurangan usaha di masa lalu

Sehingga performa usaha di masa yang akan datang menjadi lebih baik. Lebih lagi bila mendatangkan keuntungan jauh lebih besar dibanding sebelumnya.