Cara Mudah Menabung untuk Masa Pensiun

Pada akhirnya, setiap pekerja akan masuk ke masa yang namanya pensiun. Mungkin selintas sebutan pensiun adalah saatnya untuk beristirahat dan menikmati hari tua setelah puluhan tahun bekerja.

Bahkan, sebagian kalangan ingin agar saat pensiun kelak sudah punya aset yang nilainya besar atau hingga miliaran rupiah, bahkan lebih. Tentu, itu bukanlah hanya sebatas angan belaka asal tahu cara mencapainya.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk mewujudkan itu? Adalah dengan menabung sejak usia 20an tahun dan rencana pensiun usia 60-70an tahun dengan cara yang tepat pula.

1. Sisihkan Gaji untuk Menabung dengan Disiplin

Niat saja tidak cukup, tapi menabung harus disertai disiplin untuk mewujudkan keinginan punya banyak uang pada masa pensiun.

Jadi, kesampingkan hal-hal yang sekiranya tidak begitu penting dan diperlukan agar terhinda yang namanya ‘gaji numpang lewat’ saja.

Setidaknya sisihkan 20 persen bahkan lebih tergantung besarnya gaji Anda untuk rutin di tabung setiap bulan. Lakukan secara konsisten, maka usaha Anda untuk punya banyak uang pensiun bukan angan belaka.