Cara Mudah Meningkatkan Poin Air Miles untuk Traveling, Dijamin Makin Untung

Traveling sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat di era modern. Apalagi saat ini dengan bujet Rp3 juta saja, kamu sudah bisa terbang plesiran ke negara tetangga.

Yep, tidak perlu menabung sampai berbulan-bulan hanya untuk melancong. Dalam sebulan saja, kamu sudah bisa mengunjungi kota atau negara yang dekat dengan tempat tinggal.

Buat kamu yang rajin bepergian menggunakan pesawat tertentu, biasanya tergabung menjadi anggota atau member program loyalti maskapai penerbangan dapat memberi keuntungan.

Miles semacam poin reward sebagai bentuk penghargaan kepada pelanggan setia. Pemberian air miles ini dikemas dalam sebuah program loyalti. Contohnya, ada GarudaMiles dari Garuda Indonesia, Batik Air dari Lion Grup mempersembahkan Batik Miles.

Kalau sudah banyak mengumpulkan poin atau air miles dari menggunakan pesawat maskapai tertentu maupun rekanannya, bisa ditukar dengan hadiah-hadiah menarik. Misalnya ditukar dengan tiket penerbangan gratis. Lumayan kan bisa menghemat bujet traveling.

Air miles biasanya diberikan kepada penumpang yang bepergian dengan maskapai tertentu. Tapi sekarang, air miles juga bisa didapat dari kartu kredit. Transaksi yang dibayarkan menggunakan kartu kredit akan mendapatkan air miles dalam jumlah tertentu.

Baca Juga: KrisFlyer: Cara Lengkap Kumpulkan dan Tukar Miles hingga Daftar Jadi Anggota

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Menggunakan Air Miles untuk Traveling

air miles
Menggunakan air miles untuk traveling

Ingin mencoba pengalaman traveling murah, tapi dengan fasilitas berbintang? Kamu bisa menukarkan poin air miles yang sudah terkumpul untuk merasakan sensasi traveling yang berbeda. Sekarang tugasmu mengumpulkan air miles sebanyak-banyaknya. 

  • Jika selama ini kamu sering menggunakan uang tunai atau kartu debit untuk membeli tiket pesawat, sekarang saatnya pakai kartu kredit. Bayar semua transaksi dengan kartu sakti ini agar poin air miles semakin cepat terkumpul.
  • Bila poin sudah terkumpul, kamu bisa langsung menukarkannya saat hendak membeli tiket pesawat berikutnya. Atau bisa juga dengan mendatangi counter check in, lalu meminta bantuan petugas untuk menukarkannya.
  • Air miles bisa ditukar untuk mengganti kelas penerbangan, mendapatkan diskon atau tiket gratis. Sangat menguntungkan, bukan?
  • Ada syarat dan ketentuan yang mesti kamu pahami. Jika ingin menukarkan air miles untuk tiket penerbangan gratis, sebaiknya lakukan 3-6 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Tujuannya agar penukaran air miles tidak terkesan mendadak, sehingga pengajuan lebih mudah disetujui.

Cara Mudah Meningkatkan Air Miles 

air miles
Cara mudah meningkatkan air miles

  • Transaksi sesering mungkin

Cara paling mudah untuk meningkatkan air miles, yaitu dengan menambah jumlah transaksi. Kamu yang awalnya hanya bertransaksi satu kali dalam setahun bisa menambahnya menjadi dua atau tiga kali dalam setahun. Semakin banyak transaksi yang kamu lakukan, semakin banyak air miles yang bisa dikumpulkan.

Sah-sah saja bila kamu tidak bertransaksi sesering itu asalkan nilai transaksinya besar. Sebab besarnya poin air miles yang diperoleh tidak lepas dari besarnya total pembayaran yang dilakukan. 

  • Daftarkan keanggotaan maskapai

Selanjutnya adalah membuat akun frequent flyer pada maskapai tertentu. Akun ini tidak hanya memudahkanmu untuk membeli tiket pesawat, tapi juga membantumu untuk mengakumulasikan poin air miles dari setiap pembelian. Proses pendaftaran akun tidak dipungut biaya apapun, so kamu tidak perlu khawatir untuk mendaftarkan dirimu.

Akan tetapi, jangan asal daftar keanggotaan saja. Perhatikan pula seberapa sering kamu menggunakan maskapai tersebut sebagai moda transportasi saat berlibur atau bepergian. Jika memang jarang, maka poin air miles yang dapat dikumpulkan menjadi sangat lambat.

  • Daftarkan kartu kredit 

Bagaimana mungkin poin air miles bisa terkumpul dengan cepat kalau kamu saja jarang bepergian. Benar, tidak? Tenang, kamu bisa menggunakan kartu kredit milikmu setiap kali ingin membeli tiket pesawat.

Meskipun tiket bisa dibayar secara cash, tetapi apa salahnya untuk tetap mengandalkan kartu kredit. Pilih kartu kredit terbaik yang memfasilitasi kamu dengan pilihan transfer poin kartu kredit ke air miles. Dengan demikian, poin air miles milikmu akan lebih cepat terkumpul dari biasanya.

Baca Juga: Hilton Honors: Cara Daftar Jadi Member, Cara Tukar Poin Miles, dan Nikmati Keuntungannya

  • Jaga loyalitas pada satu maskapai

Sering bepergian dengan maskapai A, B, C, atau D? Sah-sah saja, tetapi tetap miliki satu maskapai penerbangan yang menjadi pilihan utama saat ingin berlibur atau traveling. Misalnya maskapai Garuda Indonesia karena telah menyediakan banyak rute perjalanan, mulai dari domestik sampai mancanegara.

Kamu bisa sesuaikan dengan rute perjalananmu dengan bujet yang dimiliki. Apabila bujet lebih, maka Garuda Indonesia bisa jadi maskapai pilihan. Tetapi bila pas-pasan, kamu bisa memilih maskapai lain yang juga menawarkan program air miles, seperti AirAsia.

  • Manfaatkan situs toko online

Beberapa situs toko online yang ada saat ini sering bekerja sama dengan maskapai penerbangan. Kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk menambah poin air miles secara cepat tanpa harus membayar biaya sepeserpun. Sangat menguntungkan, bukan?

Setiap kali meng-klik situs toko online tersebut dan melakukan transaksi, kamu berhak mendapatkan poin air miles dalam jumlah tertentu. Tapi sebelumnya, perhatikan dulu syarat dan ketentuan yang berlaku. Jika tidak memenuhi kriteria, maka poin air miles tidak akan bisa diperoleh.

  • Manfaatkan promo yang sedang berlangsung

Pemberitahuan berupa “dapatkan double air miles pada penerbangan tanggal 12-15 Oktober” sebaiknya jangan diabaikan begitu saja. Ada baiknya untuk memanfaatkan promo seperti ini guna menambah poin air miles milikmu. 

Biasanya kalau sudah member, kamu akan mendapatkan update promo terbaru maskapai penerbangan melalui newsletter. So, setiap kali ada penawaran menarik, maka kamu akan mendapatkan email. Dengan begini, kamu tidak perlu bolak-balik mengecek situs atau sosial media maskapai untuk mengetahui program promo yang sedang berlangsung.

  • Jadilah sebagai member elite

Member elite adalah member prioritas pada maskapai penerbangan tertentu. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan terdaftarnya kamu menjadi member elite. Misalnya saja berhak mendapatkan fasilitas tambahan saat menunggu transit penerbangan dan berhak mendapatkan poin air miles yang lebih banyak daripada member biasa.

Selain penerbangan, status elite juga bisa digunakan untuk menginap di berbagai hotel pilihan yang sudah bekerja sama dengan maskapai. Untuk harganya sendiri sudah pasti terjangkau dan tidak akan mengakibatkan kantong jebol.

Pilih Kartu Kredit yang Menawarkan Bonus Air Miles

Saat ini, banyak produk kartu kredit yang menawarkan keunggulan pemberian air miles kepada pengguna setiap kali transaksi, baik online maupun offline. Meski ada syarat minimum transaksi, namun cara ini cukup efektif untuk mengumpulkan banyak poin air miles.

Jika bingung produk kartu kredit apa saja yang memberikan air miles, kamu dapat mencari tahu serta mengajukannya di marketplace produk keuangan, Cermati.com. Pilihannya banyak dan proses pengajuan kartu kredit cepat.

Baca Juga: Enrich, Program Loyalti Malaysia Airlines yang Wajib Diketahui Traveler