Cara Mudah untuk Mendaftar Asuransi via Online

Era digital, zamannya konsumen cerdas dan pintar memilih produk secara online, tidak terkecuali produk asuransi. Konsumen cerdas selalu mencari yang terbaik kemudian membandingkan produk yang sesuai dengan kebutuhan. Salah satu produk yang banyak dipasarkan dan bisa dibandingkan secara online adalah produk asuransi.

Kegunaan produk asuransi adalah melindungi Anda dan  keluarga terhadap kejadian yang tidak terduga. Proteksi bisa saja dalam bentuk perlindungan kesehatan keluarga, perlindungan set seperti rumah, mobil, dan sebagainya. Makin gencarnya pemasaran produk asuransi melalui internet membuat masyarakat semakin paham pentingnya proteksi asuransi terhadap diri mereka.

Tidak hanya itu, perusahaan-perusahaan asuransi terus berlomba untuk berinovasi dalam memanjakan nasabahnya dengan berbagai fitur yang berperan dalam beberapa aspek kehidupan, seperti pendidikan, kesehatan dan lain-lain. Saat ini beberapa perusahaan asuransi juga banyak menawarkan semacam fasilitas tabungan untuk pendidikan anak, kebutuhan rutin hingga pengeluaran keluarga perbulan. Produknya terbilang kreatif karena seolah menjemput kebutuhan masyarakat untuk masa depan dan membantu memenuhinya dengan perencanaan di masa kini.

Baca Juga : Asuransi Umum vs Asuransi Jiwa, Apa Perbedaannya?

Hal yang Perlu diperhatikan sebelum Mendaftar Asuransi Online

hal yang perlu diperhatikan

Hal Perlu diperhatikan sebelum Mendaftar via sciencedaily.com

 

Ketika mendaftar produk asuransi secara offline, Anda bisa bertemu langsung dengan perusahaan penyedia asuransi, sehingga lebih mudah berkonsultasi dengan para customer service-nya.

Jika mendaftar secara online, prinsipnya sama. Bedanya Anda harus mandiri dalam memilih dan memahami produk termasuk cara daftarnya. Sebelum mendaftar asuransi secara online, Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting di bawah ini agar tidak salah pilih produk:

1. Baca dan Pahami Produk dengan Baik

Tidak harus menuntut untuk mempelajari secara keseluruhan. Hanya pastikan Anda benar-benar paham tentang kewajiban, manfaat dan fitur yang diberikan. Jangan tergiur dengan fitur terlalu bombastis di awal yang bisa saja tidak memberikan gambaran lengkap secara detail. Jangan sampai kecewa dengan polis asuransi yang dipilih. Pilih perusahaan asuransi yang punya reputasi bagus dan layanan online dan support yang user friendly (mudah digunakan).

2. Pilih Produk sesuai Kebutuhan

Harus yakin dengan produk yang akan diambil. Apakah menginginkan asuransi jiwa, asuransi kendaraan atau produk yang lainnya dan membutuhkannya dalam waktu yang bersamaan atau tidak.

Sesuaikan kebutuhan Anda berdasarkan skala. Tentu Anda tidak ingin menyesal di kemudian hari hanya karena salah mengambil produk asuransi akibat keinginan sesaat bukan?

3. Perhatikan Premi dan Periode Pembayarannya

Prioritaskan besarnya biaya premi sesuai dengan pendapatan sebelum memutuskan membeli produk asuransi. Besar premi menentukan fasilitas yang akan kita terima. Premi murah memang terjangkau akan tetapi, jangan mengharapkan pertanggungan terlalu banyak. Perhatikan pula periode yang ditetapkan dalam pembayaran premi tersebut. Jangan sampai Anda kecewa karena kesalahan sendiri. Simaklah keseluruhannya dengan terperinci.

4. Periksa Keamanan dan Privasi

Jika Anda mendaftar asuransi secara online, pastikan web yang Anda kunjungi adalah benar menuju pada perusahaan asuransi yang diinginkan. Demi keamanan data, sebaiknya menggunakan layanan internet di rumah dan bukan di tempat umum seperti.

Karena Akses internet di tempat umum memiliki risiko data bisa diakses oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Langkah ini sering disepelekan banyak orang.

5. Lakukan Perbandingan

Saat ini banyak broker asuransi online yang menawarkan perbandingan produk. Manfaatkan layanan seperti ini di internet secara gratis untuk membandingkan satu produk dengan yang lainnya. Dengan mengakses secara teliti Anda akan menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Bahkan sebagian broker asuransi online memiliki fitur simulasi biaya premi beserta fasilitas yang akan didapatkan. Bisa saja mencoba simulasi tersebut sehingga mempunyai gambaran tentang asuransi yang akan diambil.

6. Pastikan Respon Mudah dan Cepat

Perusahaan asuransi yang bagus selalu menyediakan customer service (CS) yang mudah dihubungi kapan saja dan melalui berbagai fasilitas seperti layanan chat online, hotline service hingga layanan sosial media. Customer service tersebut akan menjawab setiap pertanyaan yang diajukan dan siap membantu dalam keadaan darurat.

Tips Penting dalam Memilih Produk Asuransi yang Tepat Secara Online

tips memilih produk asuransi

Tips Memilih Produk Asuransi via cakeandarrow.com

 

Produk asuransi masuk dalam rencana keuangan jangka panjang sehingga harus detail dan teliti. Kemudahan yang diberikan secara online membuat proses memilih produk bisa dilakukan dengan mudah. Untuk mendaftar asuransi secara online maka perlu Anda perhatikan tips penting berikut ini:

  • Pahami segala informasi sedalam mungkin mengenai asuransi yang ingin dipilih seperti semua cakupan atau jaminan yang akan didapatkan, dan juga hal-hal apa saja yang tidak bisa ditanggung oleh pihak asuransi.
  • Pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan juga kemampuan keuangan. Jangan sampai ikut asuransi menjadi beban keuangan tersendiri.
  • Pilihlah perusahaan asuransi yang mudah diakses dan juga memiliki RBC atau risk base capita di atas 120%. RBC adalah standar kemampuan minimal perusahaan asuransi dari sisi kecukupan modal dalam menanggung risiko.
  • Pastikan paham terhadap hal detail lainnya seperti manfaat asuransi, hal yang disyaratkan dan juga beberapa pengecualian dari asuransi tersebut, periode yang ditetapkan dalam pembayaran premi dan juga proses klaim jika terjadi risiko.

Setelah merasa cocok dengan produk yang akan diambil hal terakhir adalah periksa keamanan dan privasi serta seberapa ketat keamanan dan kerahasiaan dijaga oleh asuransi perusahaan tersebut. Jika semua sudah Anda lakukan maka ikuti cara mudah mendaftar asuransi online berikut ini:

Baca Juga : Memahami Premi Asuransi dan Cara Memilih Sesuai Kebutuhan

Cara Mudah Mendaftar Asuransi secara Online

Setelah membaca informasi diatas, di bawah ini kami ulas cara mudah mendaftar asuransi secara online. Sebenarnya ketentuan maupun syarat-syarat pendaftaran tidaklah sama pada setiap perusahaan. Namun secara umum, kami berikan proses pendaftaran sebagai berikut:

  • Siapkan berkas yang dibutuhkan. Syarat pertama Anda akan dimintai melampirkan tanda pengenal beserta identitas diri seperti KK/KTP yang berlaku, Akta kelahiran yang tertanggung, NPWP, dan sebagainya
  • Isi data yang telah disediakan, yakni identitas yang mencakup data diri serta pilihan kelas yang ditawarkan, alamat lengkap, fasilitas kesehatan dengan pilihan instansi yang dipilih sebagai tempat rujukan.
  • Pilih biaya premi per-bulan.
  • Simpan data serta tunggu balasan notifikasi nomor registrasi di e-mail, kemudian print lembar virtual account-nya.
  • Lakukan pembayaran di bank yang telah ditunjuk perusahaan asuransi tersebut.
  • Setelah menyerahkan uang serta nomor virtual pada teller bank nanti akan mendapat bukti pembayaran.

Pembayaran premi biasanya melalui bank yang telah disepakati oleh pihak asuransi. Anda bisa menggunakan layanan auto debet dari rekening untuk memudahkan pembayaran bulanan. Setelah melakukan pendaftaran online maka biasanya akan mendapatkan konfirmasi melalui telepon oleh perusahaan asuransi yang bersangkutan.

Produk Asuransi Online, Pilihan yang Lebih Aman

Produk asuransi yang jumlahnya sangat banyak dan bervariasi membuat banyak nasabah salah pilih produk yang berujung kecewa. Kemudahan memilih dan membandingkan produk secara online menjadi solusi masalah tersebut. Masyarakat yang semakin dinamis juga dipermudah dengan proses pendaftaran asuransi yang bisa dilakukan secara online.

Anda tidak perlu takut tertipu, salah pilih produk atau anti dengan layanan online. Faktanya dengan hanya luangkan beberapa menit, maka Anda sudah bisa terdaftar sebagai nasabah asuransi. Saat ini, banyak perusahaan asuransi yang menyediakan website perusahaan yang mudah diakses nasabah.

Baca Juga : Apa Itu Hukum Asuransi dan Bagaimana Cara Kerjanya