Cara Nabung ‘Asik’ untuk Merencanakan Liburan Mewah Versi Sendiri

Pergi travelling sering menjadi pilihan favorit banyak orang yang ingin berlibur, apalagi ketika sedang liburan panjang. Ada beberapa metode traveling yang bisa dipilih tergantung dari berapa banyak budget yang bisa kamu siapkan.

Ada yang memilih backpacking untuk yang memiliki jiwa petualang dan ingin lebih hemat, ada yang menggunakan jasa travel agency agar tidak perlu repot-repot menyusun itinerary dan ada juga tipe luxury atau mewah untuk yang ingin super nyaman dan dimanjakan dengan berbagai fasilitas mewah, mulai dari penginapan sampai tempat makannya.

Semua metode travelling sebenarnya menyenangkan tergantung kepribadian kamu. Tapi tentu sekali-sekali kamu ingin dong berlibur dengan cara yang mewah dan super nyaman, setidaknya hitung-hitung untuk pengalaman sekali seumur hidup.

Tapi uangnya darimana?

Jaman sekarang, teknologi sudah canggih jadi tidak perlu bingung bagaimana caranya dapat uang dengan mudah biar bisa buru-buru ajukan cuti untuk liburan mewah impian. Ini dia beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk bisa dapat uang untuk liburan selain menabung:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Ajukan Kartu Kredit Traveling

kartu kredit traveling

Mengajukan kartu kredit adalah cara yang paling umum dan mudah. Kamu tidak hanya bisa cepat dapat uang untuk liburan, tapi juga promo dan diskon khusus yang penting banget untuk traveling mewah impian kamu biar bisa lebih hemat.

Setiap kartu kredit setidaknya akan memberikan potongan harga buat akomodasi seperti potongan harga tiket pesawat, hotel dan restaurant. Selain itu setiap kartu kredit travel pasti akan menyediakan free airport lounge jadi liburan mewah kamu akan semakin terasa sensasinya, dengan fasilitas mewah ruang tunggu VIP di setiap bandara.

Pastikan kamu memilih kartu kredit traveling yang memang sesuai dengan kebutuhan, baik itu dari limitnya, manfaat, fasilitas sampai keuntungannya. Ini dia beberapa rekomendasi kartu kredit traveling yang bisa kamu ajukan:

2. Investasi di P2P Lending Online

p2p

Cara lain yang cepat untuk bisa dapet uang lebih buat liburan mewah adalah dengan menginvestasikan uang kamu di website p2p lending. Imbah hasil yang bisa kamu dapatkan dari investasi p2p lending ini ternyata lumayan loh, bahkan bisa lebih menguntungkan daripada investasi produk bank seperti deposito dengan bunga 6-7% pertahunnya.

Cara untuk jadi investor di P2P lending online pun sangat mudah, tidak terlalu banyak persyaratannya dan cukup bermodal smartphone atau laptop dan jaringan internet. Pilih tenor yang sesuai dengan jadwal keberangkatan kamu yaitu 1, 3, dan 6 bulan biar saat uang dan imbah hasilnya cair, kamu bisa langsung pergi liburan.

Baca Juga: Penting! Siapkan Ini Sebelum Pergi Liburan

3. Pay Later

PayLater Logo
PayLater Logo via youtube.com

Pay later adalah aplikasi online baru yang bisa kamu manfaatkan untuk membeli baik tiket pesawat atau pembayaran hotel ketika kamu sedang tidak ada uang. Sungguh sangat disayangkan bukan ketika hari itu sedang ada diskon besar-besaran harga hotel atau tiket pesawat di berbagai situs online tapi kamu terhalang beli karena gajian belum turun?

Nah, Pay Later ini bisa digunakan untuk membayar yang akan kamu beli terlebih dahulu dan bisa kamu lunasi 30 hari setelahnya atau dicicil secara berkala 2-12 bulan. Dengan begini beli tiket diskon dadakan bisa lancar tanpa harus pusing menunggu hari gajian.

4. Jadi Freelancer

jadi  freelancer

Bagi yang merasa jika hanya memanfaatkan gaji bulanan akan memperlama keinginan untuk berlibur, bagaimana kalau coba cari pekerjaan tambahan?

Dengan menjadi freelancer, kamu tidak hanya bisa dapat penghasilan tambahan, tapi juga menambah pengalaman karena kamu bisa memilih untuk mengerjakan bidang yang berbeda dari yang kamu biasakan kerjakan di kantor. Selain itu akhir pekan kamu menjadi lebih produktif, yang penting kamu pintar-pintar mengatur waktu.

Baca Juga: 5 Cara Memotong Budget ketika Berlibur dan Untuk Liburan Berikutnya

Tips Biar Liburan Mewah Tidak Menguras Uang Terlalu Banyak

Setiap jenis bisa dibuat lebih murah, begitu juga dengan liburan mewah. Kalau bisa dihemat lagi biayanya, kenapa tidak? Ini dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menghemat budget liburan mewah kamu:

1. Berlangganan Newsletter Website Travel Agency

Selain menjual paket liburan, banyak travel agency yang suka mengirim berbagai diskon dan promo menarik kepada para subscribernya. Seperti promo tiket pesawat danpenginapan, diskon paket liburan sampai informasi tempat makan murah di berbagai tempat wisata favorit.

Jadi jangan lupa  untuk selalu berlangganan di banyak situs travel agency atau travelling yang terpercaya agar kamu bisa membandingkan atau bahkan mendapatkan promo atau diskon yang jauh lebih murah lagi. Lumayan kan untuk kurang-kurangin pengeluaran liburan?

2. Cari Hotel/Penginapan Baru

Mencari hotel baru adalah salah satu cara untuk mendapatkan hotel mewah dengan harga yang lebih terjangkau. Karena biasanya setiap hotel baru akan memberikan opening price yang harganya lebih murah daripada hotel dengan kelas yang sama tapi sudah beroperasi lebih dari 2-3 tahun. Biasanya hotel tersebut akan bekerja sama dengan berbagai website travel agency sebagai bentuk promosi, jadi kamu bisa lebih mudah untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya.

3. Hindari Musim Liburan

Memilih berlibur di musim liburan adalah sebuah kesalahan besar untuk kamu yang ingin menghemat uang liburan. Tentu saja di setiap tempat liburan terutama tempat liburan yang populer biasanya bukan berlomba-lomba memberikan promo tapi justru menaikan harga hingga 2 kali lipat apalagi jika berkunjung dimusim liburan mulai dari tiket pesawat, tempat makan sampai penginapan.

Jadi pilihlah tanggal yang dikira sepi dari incaran orang-orang untuk liburan, biasanya diskon dan promo akan justru lebih banyak ada ditanggal-tanggal yang ada pada hari kerja. Selain lebih murah, berlibur bukan musim liburan, kamu juga bisa lebih nyaman saat berlibur karena tidak terlalu ramai.

4. Pilih Lokasi Liburan Anti Mainstream

Akan ada banyak berita wisata yang akan merilis berbagai tempat wisata baru anti mainstream yang akan menjadi favorit berikutnya. Nah keuntungan dari mengunjungi tempat-tempat anti mainstream ini adalah kesempatan mendapatkan penginapan dan restauran yang murah.

Memang akan sedikit membutuhkan sedikit lebih uang untuk biaya tiket pesawat, karena biasanya maskapai penerbangan kebanyakan memberikan diskon tiket pesawat ke tempat-tempat wisata yang memang sudah punya nama. Tapi dengan penginapan dan tempat makan yang lebih murah tentu pengeluaran kamu akan tetap sama atau tidak beda jauh dari yang sudah direncanakan.

Buat Versi Liburan Mewah Kamu Sendiri

Setiap orang punya versi liburan mewahnya masing-masing. Tidak semua liburan mewah semuanya harus serba kelas 1, ada yang lebih memilih tiket penerbangan kelas ekonomi tapi dengan fasilitas penginapai hotel bintang lima, dan sebaliknya. Semua tergantung selera dan kenyamanan masing-masing. Sesuaikan liburan mewah kamu dengan budget dan kemampuan kamu.

Baca Juga: 12 Tips Ampuh Agar Tidak Bangkrut Setelah Liburan