Cara Pesan Gojek di Smartphone Android atau Apple Buat Anda yang Belum Tahu

Tepat di pertengahan 2015, Indonesia dihebohkan dengan hadirnya transportasi berbasis online yang dikenal masyarakat luas dengan sebutan Go-Jek. Pendirinya adalah Nadiem Anwar Makarim dan sukses mengantarkan perusahaan ini menjadi salah satu startup unicorn di Tanah Air.  

Go-Jek adalah layanan transportasi dalam bentuk ojek sepeda motor roda dua dengan sistem booking secara online. Aplikator ini menawarkan tarif relatif terjangkau dibandingkan moda transportasi lain. Go-Jek menjadi solusi kemacetan dan kemudahan bagi masyarakat.

Transportasi online tersebut sudah merambah hampir seluruh kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, Makassar, Yogyakarta, Semarang, Medan, Palembang, Balikpapan, dan masih banyak lagi, bahkan sudah masuk beberapa kabupaten.

Selain ojek online, Go-Jek sudah menyediakan layanan taksi online (Go-Car), jaya layanan antar barang (Go-Send), membeli makanan (Go-Food), jasa bersih-bersih rumah (Go-Clean), hingga jasa pijat (Go-Massage), dan masih banyak lainnya.

Meski ada masyarakat yang sudah kenal aplikasi Go-Jek, namun banyak juga yang belum tahu. Sebelum Anda menggunakan layanan dalam aplikasi Go-Jek, ada baiknya Anda mengetahui cara mengunduh aplikasi multi layanan ini ke smartphone.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Kamu Tiru untuk Sukses dari CEO Go-Jek

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Cara Download Aplikasi Go-Jek

1. Buka aplikasi App Store untuk pengguna iPhone atau Google Play Store untuk pengguna ponsel berbasis Android

2. Masukkan kata kunci Go-Jek, kemudian klik tombol instal untuk mengunduh aplikasi tersebut.

3. Tunggu beberapa lama hingga aplikasi selesai di download. Selanjutnya lakukan pendaftaran akun terlebih dahulu dengan menekan tombol Sign Up pada aplikasi.

4. Masukkan data-data yang diminta pada halaman pendaftaran user.

5. Pastikan Anda memasukkan nomor handphone Anda yang aktif karena aplikasi Go-Jek akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor yang Anda daftarkan.

6. Masukkan kode tersebut dalam aplikasi Go-Jek untuk memulai proses verifikasi nomor handphone.

7. Setelah Anda sukses mendaftarkan diri sebagai user, Anda pun dapat segera menggunakan layanan Go-Jek dengan memilih jenis layanan yang hendak Anda gunakan.

Layanan di Aplikasi Go-Jek

1. Go-Ride atau ojek online

2. Go-Car adalah layanan taksi online menggunakan mobil pribadi berplat hitam yang dapat diorder melalui aplikasi secara online. Dapat mengantar dan menjemput penumpangnya sesuai dengan lokasi yang telah ditentukan.

3. Go-Food merupakan layanan pesan antar makanan yang di gadang-gadang merupakan terbesar di Indonesia. Go-Food telah bermitra dengan lebih dari 30.000 tenant penjual makanan dan minuman yang dapat mempermudah user untuk memilih makanan dan mengantarkannya dengan cepat.

4. Go-Send adalah layanan pengantaran barang atau dokumen dengan hanya memakan waktu 60 menit saja. Bandingkan jika Anda menggunakan layanan kurir konvensional, meskipun terletak di kota yang sama, namun untuk bisa sampai di tujuan dapat memakan waktu hingga berhari-hari.

5. Kekurangan bahan makanan dan tak punya kendaraan? Anda dapat memesan belanjaan menggunakan layanan Go-Mart yang telah bekerja sama dengan ratusan supermarket maupun toko terdekat.

6. Ingin pindah kosan, namun tak punya channel mobil pindahan? Anda dapat menggunakan layanan Go-Box untuk sekedar mengantarkan barang pindahan atau barang dengan ukuran tertentu yang telah ditentukan sesuai kapasitas mobil.

7. Go-Massage, yakni layanan pijat ini menghadirkan therapist profesional yang akan langsung datang ke rumah Anda. Konsepnya sama seperti pijat panggilan, namun perlu diingat aplikasi ini tak melayani layanan massage plus-plus ya.

8. Tak punya waktu cukup untuk bersih-bersih rumah? Anda pun bisa memesan layanan binatu yang disediakan Go-Jek, yakni layanan Go-Clean. Go-Clean adalah layanan bersih-bersih yang dapat dipanggil untuk membersihkan rumah, kantor, hingga kamar kos.

9. Tak punya waktu untuk creambath, manicure-pedicure, waxing, dan lain sebagainya? Tenang saja, Go-Jek saat ini telah memiliki layanan kecantikan yang dapat langsung datang ke rumah Anda. Layanan ini bernama Go-Glam, menarik bukan?

10. Ingin beli tiket pertunjukan, tiket bioskop, tiket seminar atau tiket konser? Tak perlu buang-buang waktu. Dengan layanan Go-Tix, Anda dapat membeli tiket pertunjukan hingga tiket seminar langsung menggunakan aplikasi Go-Jek yang Anda miliki.  

Demikian lah beberapa jenis layanan yang disediakan oleh Go-Jek. Sebenarnya masih banyak lagi layanan yang ada di aplikasi Go-Jek. Hal tersebut membuat perusahaan pengelola Go-Jek membagi ke dalam dua jenis layanan, yakni aplikasi utama Go-Jek dan aplikasi lain dengan nama Go-Life.

Kelebihan Layanan Go-Jek

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari layanan Go-Jek yang perlu Anda ketahui:

1. Mudah diakses

Hampir semua orang saat ini telah menggunakan smartphone untuk mendukung kegiatan sehari-hari. Dengan adanya aplikasi transportasi berbasis online dan hanya membutuhkan akses internet di smartphone Anda, tentunya semakin mempermudah mobilitas Anda.

2. Cepat

Berbeda dengan aplikasi transportasi online lainnya yang ada di Indonesia, Go-Jek terbilang aplikasi yang memiliki partner driver terbanyak di Indonesia. Banyaknya driver membuat Anda dengan sangat cepat mendapatkan driver saat booking layanan transportasi via aplikasi Go-Jek. Selain itu dengan adanya layanan Go-Ride berupa ojek online, kita tak perlu khawatir lagi terjebak kemacetan. 

3. Berbagai layanan dalam satu aplikasi

Seperti telah disebutkan di atas, Go-Jek memiliki banyak layanan yang dapat Anda gunakan untuk mendukung kebutuhan Anda. Mulai dari membantu membelikan barang, kirim barang, sampai belikan makanan. Semua layanan tersebut ada dalam satu aplikasi sehingga mempermudah Anda dalam menggunakannya tanpa harus menginstal banyak aplikasi dalam satu smartphone.

4. Murah

Layanan yang disediakan Go-Jek terbilang cukup terjangkau dibandingkan layanan konvensional lainnya. Misal untuk layanan Go-Ride, jika kita bandingkan dengan ojek pangkalan, tentunya tarif Go-Jek akan lebih murah, terlebih jika Anda menggunakan Go-Pay sebagai metode pembayarannya.

5. Promo Menarik

Untuk menarik perhatian pengguna Go-Jek, aplikasi ini sering memberikan promo-promo menarik. Misal untuk layanan Go-Ride, Anda bisa mendapatkan diskon untuk pembayaran menggunakan Go-Pay, atau layanan Go-Food yang memungkinkan Anda tidak dikenakan delivery charge apabila pesanan pakai Go-Pay. Selain potongan harga, Go-Jek juga sering kali menawarkan harga spesial bagi pengguna aplikasi Go-Jek.

6. Point Rewards

Untuk menumbuhkan loyalitas pengguna, Go-Jek menghadirkan fitur menarik berupa Point Rewards yang dapat Anda gunakan setiap kali setelah menggunakan layanan di aplikasi Go-Jek. Poin tersebut dapat Anda kumpulkan dan Anda tukar dengan berbagai penawaran menarik, seperti potongan tiket perjalanan, potongan harga perawatan, hingga potongan harga travel.  

Cara Memesan Layanan Go-Ride

loader
Cara Memesan Layanan Go-Ride

Memiliki aplikasi Go-Jek tentunya tidak lengkap jika kita tidak mengetahui cara menggunakan layanan yang disediakan oleh aplikasi buatan anak bangsa satu ini. Ini cara pesan Gojek di smartphone Android atau Apple, khususnya untuk layanan Go-Ride:

1. Setelah Anda memiliki aplikasi Go-Jek, buka aplikasi tersebut dari smartphone atau tablet Anda.

2. Kemudian masuk ke layanan Go-Ride

3. Tentukan tujuan ke mana Anda akan pergi dengan cara klik bagian kolom untuk input alamat drop-off Go-Ride yang hendak Anda pesan.

4. Selanjutnya, aplikasi secara otomatis akan mencari area terdekat Anda. Kemudian sistem secara otomatis akan memasukkan alamat penjemputan Anda. Namun jika alamat masih salah dan hendak diperbaiki, cukup klik kolom alamat penjemputan, kemudian ketik alamat Anda saat ini dan klik tombol “Set Pickup”.Jika Anda memiliki catatan untuk driver, misal detail alamat Anda dapat menginputnya di kolom Notes.

5. Secara otomatis aplikasi Go-Jek akan mengkalkulasikan biaya yang harus Anda bayar untuk memesan layanan Go-Ride.

6. Selanjutnya jika Anda memiliki saldo Go-Pay atau metode pembayaran cashless yang disediakan oleh Go-Jek, Anda dapat memilih kolom metode pembayaran.

7. Selanjutnya jika Anda setuju dengan tarif Go-Ride tersebut Anda bisa langsung klik tombol “Order Go-Ride

8. Kemudian aplikasi pun akan segera mencari driver terdekat dengan Anda. Pastikan Anda dapat menghubungi nomor driver agar penjemputan Anda tidak salah alamat. Selain menghubungi via telepon, maupun SMS, Anda pun dapat mengirimkan chat ke driver terkait dan tunggu lah respons driver untuk memastikan bahwa perjalanan Anda benar-benar diterima oleh driver asli, bukan driver fiktif yang biasanya hanya mencari poin.

Baca Juga: Cara Cek Saldo KJP

Cara Membayar Go-Jek

Sistem pembayaran Go-Jek secara tunai atau menggunakan Go-Pay. Untuk menggunakan layanan Go-Pay, Anda cukup melakukan top-up saldo Go-Pay terlebih dahulu. Kemudian saat order layanan Go-Jek, Anda dapat memilih metode pembayaran Go-Pay. Biasanya sistem pembayaran menggunakan Go-Pay akan mendapatkan diskon atau harga khusus.

Untuk mengisi saldo Go-Pay bisa melalui ATM, mobile banking, internet banking maupun melalui minimarket terdekat. Untuk Anda yang ingin mengisi saldo Go-Pay dengan mobile banking atau internet banking, saat ini beberapa bank telah bekerja sama dengan pihak Go-Jek. Di antaranya adalah BCA, Bank Mandiri, BRI, BNI hingga Permata Bank.

Penggunaan Go-Pay pun saat ini semakin meluas untuk Go-Ride, Go-Send, Go-Food, Go-Car, Go-Mart, dan Go-Busway. Go-Pay juga bisa dipakai untuk membayar makanan di restauran, minimarket, hingga membayar jasa potong rambut. Jadi tidak perlu repot-repot bawa uang tunai berlebihan.

Cara Memesan Go-Send

Layanan Go-Send memungkinkan pelanggannya menggunakan layanan antar dokumen atau barang yang dapat sampai tujuan di hari yang sama. Besaran biaya pengiriman Anda sesuai dengan yang tertera di aplikasi. Untuk dapat menikmati layanan Go-Send, berikut ini adalah cara pesan Go-Send:

1. Buka aplikasi Go-Jek dan masuk ke layanan Go-Send.

2. Masukkan alamat pengantaran paket atau dokumen yang hendak Anda tuju. Untuk alamat yang sering Anda akses biasanya akan muncul pada bagian history.

3. Selanjutnya tentukan titik penjemputan paket yang hendak Anda kirim. Pastikan alamat tersebut sesuai dengan alamat Anda, agar driver tidak salah dalam mengambil barang.

4. Kemudian aplikasi Go-Jek pun akan mengkalkulasikan biaya pengiriman paket Anda yang harus Anda bayarkan pada driver. Untuk pembayaran Go-Send memungkinkan penerima paket yang membayar biaya pengiriman. Jadi Anda tinggal mengkomunikasikan kepada driver pihak mana yang akan membayar kiriman tersebut. 

5. Jika Anda telah setuju dengan biaya pengiriman, Anda tinggal klik tombol pesan Go-Send. Tak lama aplikasi pun akan mencari driver yang terdekat dengan posisi Anda saat ini. Jenis layanan ini dapat digunakan untuk mengirim berbagai macam barang selama status barang tersebut legal.

Cara Memesan Go-Tix

Layanan Go-Tix adalah layanan yang disediakan dalam aplikasi Go-Jek untuk memesan tiket, baik tiket menonton bioskop, menonton pertandingan bola, hingga tiket menonton event maupun seminar.

Melalui layanan Go-Tix, Anda dapat dimudahkan lantaran bisa mendapatkan tiket tanpa harus antre panjang. Anda pun hanya perlu menunggu di rumah hingga Go-Tix mendapatkan tiket yang Anda pesan melalui aplikasi. Berikut ini cara pesan tiket dengan menggunakan layanan Go-Tix :

1. Buka aplikasi Go-Jek.

2. Pilih fitur Go-Tix yang terdapat dalam menu pilihan layanan dalam aplikasi Go-jek.

3. Di dalam menu layanan Go-Tix terdapat dua jenis tiket yang dapat Anda beli, yakni movies dan event. Jika Anda hendak membeli tiket menonton, tinggal pilih tab movies.

4. Untuk jenis tiket bioskop, Anda dapat memilih lokasi kota tempat tinggal Anda. Setelah itu, Anda dapat mengurutkan film berdasarkan film atau sinema (bioskop) yang hendak Anda kunjungi.

5. Aplikasi Go-Tix movies biasanya telah menyortir beberapa film box office yang tengah naik daun. Anda pun dapat memilih secara manual di bagian menu pilihan film.

6. Langkah selanjutnya, pilih di bioskop mana Anda hendak menonton film tersebut.

7. Setelah Anda memilih tempat, Anda harus memilih jam tayang film serta tanggal tayang film tersebut. Di bagian selanjutnya Anda pun bisa memilih kursi sesuai keinginan.

8. Kemudian untuk sistem pembayarannya, Anda dapat membayar dengan menggunakan Go-Pay atau menggunakan kartu kredit.

9. Untuk tiket yang berhasil Anda pesan, Anda bisa mengeceknya melalui menu My Tickets.

10. Sedangkan untuk Anda yang memilih bioskop CGV, Anda dapat memasukkan booking code dan password yang ada di menu “My Tickets” dan saat Anda datang ke CGV, Anda dapat langsung mencetak tiket di self ticketing machine di bioskop CGV. 

Cara Memesan Go-Mart

loader
Cara Memesan Go-Mart

Go-Mart adalah layanan yang disediakan oleh Go-Jek untuk berbelanja di supermarket, minimarket, dan tempat belanja lainnya yang telah bekerja sama dengan Go-jek. Jadi pengguna meminta bantuan driver membelikan barang untuk kebutuhan sehari-hari, baik yang harganya murah atau mahal, seperti barang elektronik, peralatan rumah tangga, dan masih banyak lagi.

Berikut ini cara pesan Go-Jek di smartphone Android atau Apple, khususnya layanan Go-Mart:

1. Buka aplikasi Go-Jek, kemudian masuk ke fitur Go-Mart dengan tanda trolly.

2. Setelah masuk ke fitur utama Go-Mart, Anda dapat langsung memilih kategori produk yang hendak Anda beli atau dapat pula dengan mencari barang yang ingin Anda beli.

3. Misal, produk yang ingin Anda beli adalah susu, lalu klik tanda “+” untuk menambahkan barang tersebut ke dalam trolly milik Anda.

4. Selanjutnya jika Anda telah selesai memilih barang, cek kembali barang pesanan Anda dengan klik bagian “Preview Order”.

5. Masukkan alamat pengiriman barang yang hendak Anda beli. Pastikan alamat tersebut benar agar barang yang Anda beli diantar sampai tujuan.

6. Untuk Anda yang ingin membayar barang pesanan Anda, tersedia dua jenis metode pembayaran, yakni dengan menggunakan cash, maupun dengan menggunakan kartu kredit. Pilih metode pembayaran sesuai yang Anda kehendaki.

7. Untuk mengakhiri pesanan Anda klik tombol “Order” dan tunggu sampai driver Go-Mart mengantarkan pesanan ke rumah Anda.

Jaga Keamanan Akun Anda

Beberapa layanan di aplikasi Go-Jek tersebut dapat Anda gunakan untuk mempermudah aktivitas Anda sehari-hari. Praktis, tinggal klik, maka pesanan sudah datang di depan Anda. Jangan lupa selalu jaga keamanan akun Go-Jek Anda, contohnya saja jangan beritahu kepada siapapun PIN Go-Pay Anda agar saldo tidak terkuras. Selamat mencoba.

Baca Juga: Cara-Cara Menyiasati Penghasilan Yang Tidak Tentu