Cara Tepat Mengatur Keuangan Untuk yang Baru Lulus Kuliah Tapi Belum Bekerja

Saat lulus kuliah adalah hal yang sangat membahagiakan, karena akhirnya kita sudah terbebas dari tugas-tugas kuliah yang cukup banyak, serta kita telah berhasil melewati sidang di depan para Dosen penguji kita. Namun, kebahagiaan tersebut janganlah dijadikan alasan untuk sedikit bermalas-malasan, sebaiknya kamu harus mulai gencar mengerahkan tenaga dan pikiran untuk mulai mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan.

Seorang fresh graduate atau yang baru saja lulus kuliah, juga tidak semudah itu bisa mendapat pekerjaan langsung. Masalah ini terkadang tergantung pada keberuntungan masing-masing. Di masa mencari kerja ini, kita perlu mengatur keuangan dengan baik, karena kebutuhan akan terus ada. kelihatannya memang cukup sulit, tapi jika kamu mengatur keuangan dengan tepat, kamu akan bisa melaluinya.

Berikut ini beberapa panduan keuangan untuk yang baru lulus kuliah, tapi belum bekerja:

Baca Juga: 4 Tips Mencari Pekerjaan Sampingan Tanpa Mengganggu Pekerjaan Utama

1. Jangan Menyepelekan Pengeluaran Kecil

Jangan Menyepelekan Pengeluaran Kecil
Jangan Menyepelekan Pengeluaran Kecil

Setiap harinya, kita pasti melakukan pengeluaran walaupun untuk hal kecil. Sebaiknya pengeluaran seperti ini tidak kamu remehkan. Walaupun jumlahnya kecil, namun pengeluaran seperti ini biasanya tidak terkontrol. Usahakan, tetap perketat untuk pengeluaran kecil tersebut.

2. Hemat Setiap Hari

Berhemat
Berhemat

Mungkin setelah lulus kamu tidak lagi terlalu banyak pengeluaran besar, seperti uang skripsi, fotokopi bahan kuliah, uang wisuda, uang praktik dan lain sebagainya. Saat sudah libur dari kuliah, pastikan kamu tetap berhemat setiap harinya. cobalah untuk menata keuanganmu untuk hidup yang lebih baik.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

3. Tidak Malu Menerima Uang Saku

Menerima Uang Saku
Menerima Uang Saku

Umumnya, jika sudah lulus kuliah, maka kamu ingin lebih mandiri dengan menyiapkan segala keperluan kamu sendiri dan merasa sungkan jika orang tua membantu kamu. Saat orang tua memberi uang saku, tidak masalah, kamu bisa menerimanya dan menggunakan uang tersebut untuk keperluan sekaligus menabung.

4. Menemukan Inspirasi Finansial

Mencari Inspirasi Finansial
Mencari Inspirasi Finansial

Mulailah belajar dan berlatih mengelola keuangan dengan mencari inspirasi melalui buku, film atau artikel yang bisa memotivasi kamu untuk mengatur keuangan dengan baik. dengan begitu, kamu tidak akan pernah lupa untuk bisa berhemat dan menabung.

5. Menjadi Pekerja Lepas

jadi freelancer
Jadi Freelancer

Biasanya, beberapa perusahaan ada yang membutuhkan tenaga kerja lepas, yaitu tenaga kerja yang tidak terikat kontrak harus hadir di kantor setiap hari, namun mendapat upah. Kamu bisa mencoba untuk menjadi tenaga kerja tersebut.

Baca Juga: Mau Hemat Keliling Dunia? Ini Caranya

Jadilah Pekerja Lepas atau Mulai Menjalankan Usaha Kecil

Untuk bisa memiliki pendapatan selepas masa kuliah, kamu bisa mencari pekerjaan sebagai seorang pekerja lepas. Uang yang kamu dapatkan dari hasil bekerja lepas tersebut, bisa kamu manfaatkan untuk membeli kebutuhan dan mulai menjalankan bisnis kecil, seperti menjadi reseller misalnya. Dengan begitu, pemasukan kamu bisa lebih bertambah.

Baca Juga: 7 Hobi yang Berpotensi Menghasilkan Uang