Cari Biro Perjalanan Haji? Ini Cara Memilihnya

Bagi anda yang ingin menunaikan ibadah haji atau umroh ke Tanah Suci Mekah, ada baiknya melakukan persiapan terlebih dahulu sebelum berangkat meluncur ke sana. Pasalnya, tak hanya persiapan rohani dan materi saja yang harus dipenuhi, Anda juga harus menyiapkan dari segi pelayanan yang didapat selama di negara tersebut. Tentunya Anda ingin mendapatkan kenyamanan, bukan?. Salah satu solusinya adalah anda harus menyiapkan dan memilih biro haji dan umroh. Berikut adalah tips dari kami :

1. Perhatikan Usia dan Fasilitas yang Akan Anda Dapatkan

Haji Tua

Haji Saat Usia Tua via kemenag.go.id

 

Terkadang untuk jamaah yang telah lansia, kekhawatiran mereka adalah terhadap usia yang terbilang tak lagi muda. Menanti untuk naik haji 4-9 tahun ke depan tak lagi dapat dilakukan. Maka dari itu mereka lebih banyak memilih untuk melakukan ibadah umrah terlebih dahulu. Alasannya tak hanya biaya ibadah haji yang terbilang mudah, pengurusannya lebih cepat serta mudah dibanding haji. Belum lagi jika dengan fasilitas yang di pasang. Misalnya fasilitas yang di berikan antara Haji Plus dan Haji Reguler.

2. Cari yang Punya Legalitas Tepercaya

Cari yang Tepercaya

Cari yag Tepercaya via mumbiproperties.com

 

Pilihlah travel atau biro penyelenggara umroh dan haji plus yang memiliki legalitas lengkap dan masih berlaku seperti Surat Izin Usaha Biro Perjalanan Umum, Surat Izin Tetap Usaha Pariwisata, Tanda Daftar Perusahaan, NPWP Perusahaan, Surat Keterangan Domisili Perusahaan, SK Menkeh, Akta Pendirian Perusahaan, SK Depag, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh sebagai penyelenggara perjalanan Ibadah Haji Khusus, SK Depag, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh sebagai penyelenggara perjalanan Ibadah Umroh, Sertifikat Anggota Amphuri, dan Sertifikat Lembaga Bisnis Syariah dari Dewan Syariah Nasional MUI.

Legalitas yang jelas adalah syarat mutlak, karena hal itu adalah menyangkut kredibiltas dan tanggung-jawab sebagai penyelenggara terhadap pelayanan para jamaah sejak saat berangkat, saat berada di Tanah suci sampai kembali dengan selamat ke Tanah Air. Cukup banyak Tour & Travel atau Biro penyelenggara Umroh dan Haji plus yang tidak memiliki ijin resmi dan melayani pendaftaran umroh dan haji plus yang kemudian di sub-kan kepada Biro Penyelenggara Umroh & Haji Plus yang memiliki ijin resmi.

3. Ketahui Lokasi Kantor Perusahaan Tour

Cari Lokasi

Cari Tahu Lokasinya via biznetdigital.net

 

Cek lokasi keberadaan Tour & Travel atau Biro Penyelenggara Perjalanan Umroh & Haji Plus adalah ”wajib” Anda lakukan untuk lebih meyakinkan dengan melihat langsung ”aktifitas kegiatan perusahaan” termasuk ”aktifitas pendaftaran calon jamaah”.

4. Jangan Tergiur Harga Murah

Jangan Lihat Harga

Harga Murah Bukan Jaminan via slowyourhome.com

 

Harga murah adalah godaan yang tidak perlu menjadi pilihan. Jika harga yang ditawarkan ”lebih murah” daripada harga pada umumnya, bisa jadi ada komponen biaya yang dikurangi antara lain akomodasi pesawat yang digunakan, hotel tempat menginap, sarana transportasi yang digunakan, menu catering yang disediakan, tempat wisata ibadah yang dikunjungi, dan berbagai pelayanan di Tanah Suci mungkin akan dikurangi. Disarankan untuk jangan langsung percaya, daripada mengejar harga ”murah” bisa berakibat Anda terlantar di sana atau waktu ibadah menjadi tidak khusyuk hanya karena tidak adanya kenyamanan.

5. Cek Lamanya Perusahaan Beroperasi

Lama Beroperasi

Lama Operasi Menunjukkan Kredibilitas via sdreader.com

 

Lihat tahun berapa travel itu berdiri, biasanya semakin lama perusahaan tersebut berdiri, berarti perusahaan tersebut telah memiliki pengalaman yang cukup matang sebagai penyelenggara perjalanan umroh atau haji plus.

6. Cek Biaya yang Tidak Ditanggung Perusahaan

Biaya Sendiri

Biaya Lain Harus Diperhatikan via illinoisopportunity.org

 

Sebelum Anda memutuskan berangkat dengan suatu Travel atau Biro Penyelenggara perjalanan Umroh atau Haji Plus, yang harus diperhatikan adalah berbagai fasilitas apa yang Anda dapatkan, antara lain : Total biaya/harga yang pasti, biaya lain yang menjadi tanggungan jamaah (Airport Tax, Visa dan Vaksin), hotel bintang berapa, dan berapa jarak dari hotel tersebut ke tempat ibadah (Masjid Nabawi dan Majidil haram), pesawat apa yang digunakan (Langsung Jeddah atau Transit terlebih dahulu), Jadwal Manasik sebelum pemberangkatan, perlengkapan Umroh/Haji Plus yang didapat (Travel bag, kain ihrom, mukena, seragam, buku petunjuk manasik, ID Card dll), jaminan asuransi jiwa dan kecelakaan, kemudahan cara pembayaran/pelunasan.

7. Cara Pembayaran

Pembayaran Mudah

Cara Pembayaran Harus Mudah via wgts.org

 

Segala jenis transaksi pembayaran, hendaknya semua dilakukan dengan sistem transaksi pembayaran melalui jasa perbankan (transfer/debit rekening). Atau seandainya Anda melakukan pembayaran secara tunai, hendaknya dilakukan langsung pada kasir perusahaan dengan mendapatkan bukti pembayaran beryupa Invoice Pembayaran dengan cap perusahaan.

Kalau bisa transfer dana, lakukan ke rekening atas nama perusahaan, hindari pembayaran ke rekening atas nama pribadi walaupun ”yang bersangkutan” adalah penangungjawab perusahaan tersebut.

8. Cek Cabang Dari Tour

perusahaan travel

Layanan Ada Di Banyak Tempat via travelprnews.com

 

Sesuai dengan perkembangan perusahaan dan tuntutan kebutuhan para jamaah untuk kemudahan dalam hal pendaftaran umroh/haji plus, perusahaan Travel/Biro Penyelenggara Perjalanan Umroh & Haji plus membuka kesempatan membuka kantor perwakilan diberbagai daerah di seluruh Indonesia dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada jamaah.

Bila Anda memutuskan untuk melakukan pendaftaran melalui Agen Perwakilan, anda harus memperhatikan SK Penunjukan Sebagai Agen Perwakilan Resmi dari kantor Pusat yang masih berlaku, Domisili Kantor Perwakilan yang jelas, siapa penanggung jawab Kantor Perwakilan tersebut, dan SDM pengelola Kantor Perwakilan.

Baca Juga: Tips Belanja Oleh-oleh Saat Ibadah Haji

Jangan Sampai Tertipu

Tips yang kami sebutkan bertujuan agar Anda tidak sampai terjebak oleh perusahaan abal-abal yang menawarkan layanan umroh dan haji kepada banyak orang. Sudah banyak kasus penipuan yang terjadi, ingat, tarif haji sudah ditentukan oleh Kementrian Agama, jadikan itu sebagai acuan ketika ingin mendaftar haji.

Baca Juga: Qurban Online dan Hukumnya Secara Agama