Cari Mobil Bekas? Ini yang Perlu Anda Tahu

Berbagai kesibukan dan juga aktivitas yang begitu padat mesti ditunjang dengan ketersediaan sarana transportasi. Bisa jadi dulu Anda merasa belum membutuhkan kendaraan semisal mobil. Namun, seiring berkembangnya karier dan bertambahnya kesibukan, Anda mulai berpikir untuk memiliki mobil dan merasa kebutuhan tersebut tidak bisa ditunda lagi. Dengan memiliki kendaraan pribadi, Anda bisa beraktivitas dengan mudah dan nyaman. Anda bisa bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya tanpa membuang banyak waktu.

Membeli sebuah mobil sudah pasti akan membutuhkan sejumlah dana yang cukup besar. Bahkan, jumlahnya bisa mencapai ratusan juta rupiah, tergantung pada jenis dan tipe mobil yang dipilih. Hal ini tentu akan terasa mudah jika Anda memiliki sejumlah dana untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Akan tetapi, jika dana yang dimiliki tidak cukup, membeli mobil bekas bisa menjadi alternatif bagi Anda.

Baca Juga: 8 Alasan Kenapa Anda Harus Membeli Mobil Bekas

Tips Membeli Mobil Bekas

Beli Mobil Bekas

Membeli mobil bekas bisa jadi pilihan alternatif via wikihow.com

 

Dalam membeli sebuah mobil, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Membeli mobil bekas pastinya memiliki sejumlah risiko yang bisa saja menimbulkan kerugian bagi Anda. Hal tersebut tentu sangat tidak Anda inginkan, mengingat harga sebuah mobil yang bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Yang terpenting adalah Anda perlu melihat kondisi keuangan. Jangan sampai sejumlah dana yang dikeluarkan untuk kebutuhan tersebut, justru mengganggu keuangan Anda. Karena itu, pentingnya menyesuaikan harga mobil dengan kemampuan keuangan agar Anda tidak mengalami kesulitan setelah melakukan pembelian mobil.

Beberapa tips di bawah ini bisa membantu untuk menemukan mobil bekas yang tepat dengan kebutuhan Anda.

1. Pilih mobil yang tepat

Dalam memilih mobil bekas, Anda sebaiknya jangan terpaku pada satu merk tertentu saja. Anda bisa melakukan perbandingan dan memilih mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan. Pastikan jenis mobil yang dipilih menyesuaikan dengan dana yang dimiliki sehingga Anda tidak akan bersusah payah untuk mencari dana tambahan. Kumpulkan berbagai informasi mengenai mobil dan juga harganya agar memudahkan Anda untuk menemukan pilihan yang paling tepat.

2. Jangan tergiur harga miring

Harga yang murah belum tentu akan menguntungkan bagi Anda, terutama jika mobil tersebut sudah tidak layak lagi. Selalu cermati harga pasaran dan juga berbagai perkembangan lainnya mengenai mobil yang Anda inginkan supaya bisa menemukan harga dan juga mobil yang tepat.

3. Jangan beli di sembarang tempat

Hindari membeli mobil di sembarang tempat. Hal ini sangat berisiko dan membawa kerugian bagi Anda. Pilihlah showroom yang bisa dipercaya dan telah memiliki reputasi yang baik. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari risiko penipuan dan tindakan tidak bertanggung jawab lainnya dalam pembelian mobil tersebut.

4. Jangan beli dengan terburu-buru

Anda harus memiliki kontrol yang baik ketika membeli sebuah mobil bekas. Artinya, bersabarlah dan selalu teliti hingga Anda menemukan mobil yang paling pantas untuk dimiliki. Ke luar masuk showroom mungkin akan sering Anda alami. Namun, anggaplah itu sebagai proses untuk mendapatkan mobil yang terbaik.

5. Cek kondisi keseluruhan mobil

Jangan pernah lupa untuk melakukan hal ini. Jika tidak memiliki keahlian dalam memeriksa kondisi mobil, Anda bisa mengajak saudara atau teman yang mengerti hal tersebut. Anda juga bisa mengajak seorang montir yang benar-benar ahli dan tentunya bisa dipercaya. Perlu digaris bawahi kondisi mesin menjadi hal yang wajib Anda cermati. Sebab itu merupakan hal utama yang paling penting dalam memiliki kendaraan.

6. Cek dokumen kendaraan

Setelah kondisi mobil, dokumen mobil tersebut menjadi hal yang sangat perlu Anda periksa. Pengecekan bisa dilakukan dengan cara membawa fotokopi dokumen tersebut. Kemudian mengeceknya di Kepolisian Daerah (Polda) terdekat.

Baca Juga: Biaya Balik Nama dan Pembuatan STNK Baru

Mobil-Mobil Bekas yang Banyak Dilirik

Toyota Avanza Kijang Innova Honda Jazz KIA Toyota Vios mobil bekas

Mobil dalam berbagai jenis dan merk via wisegeek.com

 

Meski hanya membeli mobil bekas, dana yang perlu Anda sediakan tidaklah kecil jumlahnya. Mobil bekas yang diperjualbelikan rata-rata berada pada harga Rp100 juta hingga Rp180 juta. Tentu akan tergantung pada merk mobil yang Anda beli. Namun, janganlah berkecil hati. Meskipun dalam kondisi bekas, ada banyak mobil yang benar-benar masih dalam kondisi baik sehingga Anda tetap bisa mendapatkan yang terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.

Umumnya, kebanyakan orang Indonesia melirik sejumlah merk mobil yang begitu banyak digunakan. Hal ini tentunya telah disesuaikan dengan kebutuhan tiap orang yang rata-rata menginginkan mobil berukuran besar dan nyaman. Namun, ini tentu tidak menjadi ketentuan mutlak bagi Anda. Sebab Anda bebas memilih mobil bekas yang sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri.

Jika Anda berminat untuk membeli sebuah mobil bekas yang paling laris di pasaran, daftar merk mobil beserta harga bekasnya di bawah ini bisa dijadikan referensi.

1. Toyota Avanza

Sejak kemunculannya yang pertama, Toyota Avanza telah mencuri perhatian banyak orang. Tidak tanggung-tanggung, mobil ini bahkan masih masuk dalam jajaran mobil terlaris hingga saat ini. Untuk sebuah Toyota Avanza bekas keluaran tahun 2010-2011, Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp130-135 juta.

2. Kijang Innova

Setelah Avanza, mobil keluaran Toyota paling banyak diminati keluarga di Indonesia. Mobil gagah yang tangguh ini sangat tepat dan nyaman untuk perjalanan keluarga. Sebab kapasitasnya yang besar dan konsumsi bahan bakar yang irit. Sebuah Kijang Innova bekas kelauaran tahun 2010-2011 dijual dengan harga Rp160-170 juta.

3. Honda Jazz

Mobil “mungil” yang satu ini termasuk yang populer di pasaran. Mobil yang nyaman dan juga berkelas ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang masih single atau baru memiliki keluarga kecil. Sebuah Honda Jazz bekas keluaran tahun 2007-2008 bisa Anda miliki dengan harga Rp130-150 juta.

4. KIA

Kia juga menjadi salah satu pabrikan yang mengeluarkan banyak mobil berkelas dengan harga-harga yang terbilang bersahabat. Desain menawan dengan mesin yang tangguh menjadi salah satu daya jual pabrikan yang satu ini. Untuk memiliki sebuah mobil KIA dalam kondisi bekas keluaran tahun 2007-2008, Anda harus menyiapkan dana sekitar Rp95-100 juta.

5. Toyota Vios

Satu lagi mobil keluaran Toyota yang wajib Anda pertimbangkan. Toyota Vios menjadi salah satu mobil bekas paling laris di pasaran. Mobil ini terkenal dengan keiritannya dalam konsumsi BBM. Anda bisa mendapatkannya dalam kondisi bekas dengan tahun produksi 2010-2012 pada harga Rp135-170 juta.

Baca Juga: 7 Hal Ini Wajib Kamu Pikirkan Sebelum Membeli Mobil