Cek isi Dompet Anda, Pastikan Benda-Benda Berikut Ini Tidak Perlu Ikut Dibawa

Membawa dompet ketika bepergian menjadi hal yang lazim dilakukan oleh kebanyakan orang. Bukan hanya ketika berbelanja saja, sebagian orang memang sudah sangat terbiasa membawa serta dompet mereka saat keluar rumah. “Untuk berjaga-jaga”, ini merupakan salah satu alasan di balik kebiasaan tersebut. Hal ini tentu sangat wajar, mengingat dompet memuat berbagai barang yang penting. 

Namun sebagian besar orang membawa serta berbagai benda di dalam dompet mereka, bahkan yang tidak diperlukan sekalipun. Lalu, bagaimana dengan Anda, apakah Anda termasuk salah satu di antara orang-orang ini?

Tidak perlu membawa semuanya di dalam dompet, beberapa benda memang sebaiknya ditinggalkan saja di rumah saja. Bukan hanya membuat dompet menjadi tebal dan berat, berbagai benda ini juga berisiko menimbulkan masalah tersendiri. 

Sebut saja jika kehilangan dompet, maka berbagai benda yang pada dasarnya tidak perlu dibawa ini tentu akan ikut hilang juga, dan kondisi ini akan sangat merepotkan. Coba cek kembali dompet dan lihat benda apa saja yang Anda bawa di dalamnya. Mulailah memisahkan dan meninggalkan benda-benda yang tidak perlu tersebut di rumah, agar tidak  perlu mengalami masalah karenanya.

Berikut ini adalah beberapa benda yang tidak perlu Anda bawa serta di dalam dompet:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Uang Tunai dalam Jumlah Besar

uang tunai dalam jumlah besar

Membawa uang tunai dalam jumlah yang besar sering dilakukan oleh sebagian orang, terutama mereka yang begitu sibuk dan hanya memiliki waktu terbatas untuk mampir di bank atau mesin ATM. Mengambil uang dalam jumlah besar sekaligus dan menyimpannya di dalam dompet kerap menjadi pilihan, meskipun ini bukanlah kebiasaan yang baik. 

Saat membawa uang tunai dalam jumlah yang besar di dalam dompet, maka Anda juga menanggung resiko yang besar. Hal ini bisa saja memancing niat jahat orang lain, termasuk memancing niat untuk berbelanja dan menghabiskan lebih banyak uang di luar rencana. Bukan hanya itu saja, jika dompet sampai hilang, maka Anda tentu akan mengalami kerugian dalam jumlah yang cukup besar.

Baca Juga: Hati-hati, 10 Cara Hemat ini Bisa Merugikan Anda

2. Cek Serta Slip Tagihan

tagihan

Cek dan slip tagihan juga menjadi benda lainnya yang tidak perlu Anda bawa serta di dalam dompet. Kedua benda ini akan sangat merisiko menimbulkan masalah dan kerugian, jika sewaktu-waktu hilang dan jatuh ke tangan orang lain. 

Anda bisa saja mengalami tindakan penipuan, sebab berbagai informasi data diri bisa sangat rentan untuk disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Agar aman, pastikan Anda meninggalkan kedua benda ini di rumah dan jangan membawanya di dalam dompet.

3. Salinan PIN atau Kata Sandi

salinan kata sandi

Sebagian orang memang sulit mengingat dan akan merasa lebih aman ketika menuliskan berbagai hal yang penting bagi mereka. PIN atau kata sandi menjadi hal penting yang wajib diingat, jika ingin mengakses berbagai layanan yang bersifat sangat pribadi. 

Jika Anda termasuk orang yang suka menuliskan PIN pada secarik kertas, maka pastikan tidak membawa salinan PIN ini di dalam dompet, apalagi bersamaan dengan kartu ATM atau kartu kredit di dalamnya. Hal ini sangat berisiko dan bisa membuat Anda mengalami kerugian yang besar, jika sewaktu-waktu salinan PIN dan juga kartu ATM atau kartu kredit jatuh ke tangan orang lain.

4. Kartu Kredit

kartu kredit

Bagi yang memiliki beberapa kartu kredit, hindari untuk membawa serta kartu-kartu ini dalam dompet. Jika perlu, bawalah satu kartu kredit saja dan tinggalkan yang lainnya di rumah. 

Kartu kredit bisa membuat kita lebih emosional ketika berbelanja, bahkan meski Anda tidak membawa serta uang dan juga ATM di dompet. Hal ini bisa saja membuat Anda membeli berbagai barang di luar rencana dan menimbulkan masalah di dalam keuangan. Bukan hanya itu saja, membawa kartu kredit juga berisiko menimbulkan masalah dan kerugian, jika sewaktu-waktu kehilangan dompet. 

5. Gift Card Supermarket atau Kartu Member

gift card

Gift card bisa membuat aktivitas belanja menjadi lebih mudah dan nyaman, namun bukan berarti harus selalu membawa serta benda ini di dalam dompet Anda. Tinggalkan gift card di rumah, jika tidak memiliki rencana untuk berbelanja.  Saat Anda selalu membawa serta benda ini di dalam dompet, maka keinginan belanja bisa saja hadir setiap saat, di mana pada akhirnya Anda melakukan pembelanjaan di luar rencana.  Hal ini tentu akan menimbulkan pemborosan di dalam keuangan. 

Baca Juga: Ingin Tinggal di Amerika? Ini Tips Finansial untuk Bertahan Hidup di Sana

Bawa Benda yang Benar-Benar Diperlukan Saja

Membawa berbagai benda di dalam dompet merupakan kebiasaan banyak orang, meskipun berbagai benda ini tidak selalu dibutuhkan. Hindari berbagai masalah dan juga resiko kerugian akibat membawa berbagai benda yang tidak perlu di dalam dompet. Cek dan mulailah bereskan dompet dan bawa benda yang benar-benar dibutuhkan saja di dalamnya, sehingga bisa bepergian dengan aman dan nyaman.

Baca Juga: Cara Menekan Keinginan Membeli Baju