Celana Jeans Cepat Rusak? Begini Cara Merawatnya yang Benar

Daya tahan dari celana jenis jeans memang sangat kuat. Celana jeans tidak mudah robek karena terbuat dari bahan kain yang tahan gesekan. Meski daya tahan kain dari celana jeans bisa kuat hingga bertahun-tahun, pengguna celana jenis ini seringkali mengalami masalah tentang mudahnya pudar warna celana jeans.

Warna biru tua yang umumnya menjadi warna ciri khas celana jeans umumnya akan berubah menjadi usang dan merusak penampilan pemakainya. Hal ini tentunya akan membuat Anda harus menyiapkan budget untuk membeli celana jeans lagi, bukan?

Ada beragam penyebab pudarnya warna pada celana jeans, yaitu cara mencuci celana yang kurang tepat. Para pemakai celana jeans mencuci celana jeans selayaknya jenis pakaian lain seperti kemeja dan jaket. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa cara yang perlu di praktikkan ketika mencuci celana jeans agar warna dan kualitas celana jeans dapat bertahan lebih lama dari biasanya.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Cuci Celana Jeans Secara Manual

celana jeans
Cuci celana jeans secara manual

Mencuci dengan mesin cuci memang sangat praktis dan tidak menguras banyak tenaga. Namun sayangnya, tak semua pakaian bisa dicuci dengan mesin cuci, salah satunya celana jeans.

Mencuci celana jeans menggunakan mesin cuci hanya dapat membuat umur celana tidak bertahan lama. Selain membuat warna cepat pudar, jika terlalu sering menggunakan mesin cuci, kain celana jeans akan menjadi melar.

Solusi untuk membersihkan celana jeans yang tepat adalah dengan mencucinya secara manual atau dengan tangan. Meski begitu, Anda tidak perlu membutuhkan tenaga yang besar. Cukup dengan merendamnya selama kurang lebih 10 menit menggunakan deterjen tanpa pemutih, celana jeans sudah bersih dari debu yang menempel. Kemudian, bilan celana jeans menggunakan air bersih.

Saat menjemur celana jeans, usahakan tidak terpapar langsung dengan sinar matahari. Paparan sinar matahari langsung pada celana jeans akan membuat warna menjadi usang dan tekstur kain menjadi lebih kasar.

Jika terpaksa menjemur dengan sinar matahari, pastikan celana jeans dijemur dengan kondisi terbalik. Dengan begitu, bagian celana jeans yang terkena sinar matahari langsung adalah bagian dalamnya dan bagian luar tidak terkena efek sinar matahari.

Meskipun cara mencuci celana jeans harus terpisah dari pakaian lain dan dilakukan secara manual, Anda tidak perlu menyikatnya untuk membersihkan kotoran. Jadi, tidak ada salahnya untuk ‘melayani’ celana jeans dengan istimewa agar celana dapat bertahan lama.

Baca Juga: Perhatikan 5 Tips ini Saat Belanja Pakaian Anak Agar Lebih Hemat

2. Cukup Sikat Ringan Noda pada Celana

celana jeans
Sikat ringan noda pada celana jeans

Jika celana jeans yang Anda pakai terkena noda makanan atau lainnya, tidak perlu repot mencucinya dengan mesin cuci. Untuk menghilangkan noda pada celana jeans, Anda hanya perlu mengoleskan deterjen cair pada permukaan celana yang terkena noda dan menyikatnya secara perlahan. Noda yang menempel akan hilang. Hindari menyikat celana jeans dengan keras karena akan mempengaruhi kondisi kain dan warna celana.

3. Gunakan Cuka untuk Kembalikan Warna Jeans

cuka
Gunakan cuka untuk kembalikan warna jeans

Jika Anda memiliki celana jeans yang sudah lama dan warnanya sudah pudar, jangan langsung dibuang. Sebab warna celana jeans tersebut masih bisa  dikembalikan seperti semula.

Caranya, cuci jeans tersebut menggunakan cairan cuka sebagai campuran deterjen. Cuka yang digunakan untuk mencuci celana jeans dapat menguatkan kembali warna yang telah pudar. Jadi, coba dulu cara ini sebelum memutuskan untuk ‘mempensiunkan’ celana jeans Anda.

Baca Juga: Fashion Ala K-pop Idol yang Paling Banyak Ditiru oleh Para Kpopers

4. Tak Perlu Setrika

setrika
Tak perlu setrika

Terlalu sering menyetrika celana jeans dapat berakibat buruk pada kualitas bahan jeans. Saat terkena suhu yang tinggi, lama kelamaan kain celana jeans akan menyusut. Ketika sudah menyusut, celana jeans kesayangan tentu tidak akan nyaman untuk dipakai.

Karena berakibat buruk pada kondisi kain, celana jeans yang telah selesai dicuci dan kering tidak perlu lagi disetrika. Cukup gantung celana jeans menggunakan gantungan pakaian atau langsung dilipat dengan rapi.

Jangan Sering Mencuci Celana Jeans

Menurut Chip Bergh. CEO dari brand celana jeans ternama, Levi’s, mengungkapkan cara paling tepat untuk mempertahankan kualitas celana jeans adalah tidak mencucinya terlalu sering. Artinya, cucilah celana jeans dalam waktu seminggu sekali atau dua minggu sekali tergantung dari berapa sering Anda memakai celana jeans.

Tapi, perhatikan juga tingkat kebersihan pada celana jeans tersebut. Jika dalam satu atau dua kali pakai sudah terlihat kotor, maka tak ada salahnya untuk mencucinya.

Baca Juga: 10 Brand Indonesia yang Mendunia ini Dikira Milik Luar Negeri