Cermat Memilih Mobil Bekas Sebelum Kredit

Tingginya kebutuhan akan sebuah moda transportasi yang mumpuni membuat sebagian besar orang memutuskan untuk memiliki sebuah kendaraan pribadi. Hal ini tentu sah saja untuk dilakukan, mengingat moda transportasi umum di negara kita masih jauh dari kata layak dan memadai.

Setiap orang tentu akan mengharapkan kenyamanan dan keamanan saat berkendara, di mana untuk saat ini satu-satunya jalan mendapatkan hal seperti itu hanyalah dengan cara memiliki sebuah mobil sebagai kendaraan pribadi.

Pesatnya perkembangan laju teknologi juga menuntut segala sesuatu untuk berjalan dengan cepat dan praktis. Hal tersebut juga harus diimbangi dengan berbagai macam fasilitas kemudahan dan kecepatan dalam berkendara.

Memiliki sebuah mobil pribadi di daerah perkotaan yang sarat dengan kegiatan bisnis dan kerunyaman di jalan raya seolah telah menjadi sebuah kewajiban yang tak bisa dihindari, meski pada kenyataannya hal tersebut justru semakin menambah angka kemacetan di jalan raya. Semua orang ingin bergerak dan berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan cepat, mudah, dan nyaman, itulah masalah utamanya.

Bagi para pelaku bisnis otomotif, hal ini tentu saja dilihat sebagai sebuah tren yang positif, di mana dengan senang hati mereka akan memenuhi permintaan pasar tersebut sebagai sebuah peluang untuk mendapatkan keuntungan.

Hasilnya bisa kita lihat selama beberapa tahun belakangan ini, pasar otomotif semakin semarak dengan kehadiran mobil-mobil murah yang pada akhirnya memenuhi jalanan perkotaan.

Tren Mobil Murah

Mobil Murah Semakin Populer

Mobil Murah Semakin Populer via mobilmo.com

Bila belasan tahun lalu sepeda motor begitu laris manis di pasaran, maka selama beberapa tahun terakhir ini mobil murahlah yang menjadi primadona dalam penjualan kendaraan. Angka penjualan yang tinggi dan permintaan pasar yang seolah tak pernah sepi menjadi alasan kenapa semakin hari semakin banyak tipe mobil murah yang beredar di pasaran.

Keinginan dan kemampuan masyarakat telah berubah, saat ini orang tak lagi ingin naik sepeda motor ke mana-mana, kebanyakan orang menginginkan sebuah mobil sebagai kendaraan pribadi. Hal yang tadinya seolah mustahil, kini menjadi mungkin karena banyak mobil murah yang bisa dijadikan pilihan.

Harga mobil tidak berkutat di angka ratusan juta hingga miliaran saja, namun kini ada banyak mobil yang dijual di kisaran seratus jutaan atau bahkan di bawah angka tersebut. Hal ini tentu saja sebanding dengan fitur dan kenyamanan yang ditawarkan, tidak mungkin sama dengan mobil mewah, kan?

Namun bagi sebagian orang, itu bukanlah masalah yang terlalu penting, asalkan memiliki sebuah kendaraan pribadi yang dibeli dalam kondisi baru dan bisa memenuhi segala kepentingan pribadi dan keluarga saja. Masalah fitur dan kenyamanan merupakan hal yang sangat relatif dan tergantung pada masing-masing orang.

Meski begitu, harga mobil murah juga belum tentu terjangkau bagi semua orang, mengingat harga yang ditawarkan rata-rata di kisaran seratus jutaan. Bagi Anda yang ingin membeli mobil dengan anggaran yang terbatas, maka tidak ada salahnya Anda memikirkan untuk membeli sebuah mobil bekas.

Baca Juga: Cicilan Mobil Anda Jadi Murah dengan 5 Cara Ini

Membeli Mobil Bekas

Memilih Mobil Bekas untuk Dibeli

Memilih Mobil Bekas untuk Dibeli via wordpress.com

Sebagaimana namanya, kondisi mobil ini sudah tentu tidak baru lagi. Namun bukan berarti mobil bekas memiliki kondisi yang buruk dan tidak layak untuk ditumpangi. Di luar sana, ada banyak mobil bekas yang dijual dan masih dalam keadaan terawat, Anda hanya perlu memiliki kesabaran ekstra dan waktu yang cukup untuk menemukannya.

Membeli sebuah mobil dalam keadaan bekas akan menuntut Anda untuk memiliki kejelian dan kehati-hatian yang lebih, mengingat Anda mungkin tidak akan tahu siapa pemilik sebelumnya dan bagaimana dia merawat mobil tersebut selama menjadi miliknya.

Banyak orang yang tertipu saat membeli sebuah mobil bekas, hal ini sering terjadi karena tidak semua orang memiliki keahlian dalam melihat dan menilai keadaan sebuah mobil bekas. Dibutuhkan keahlian dan pengetahuan yang cukup dalam melakukan hal ini.

Baca Juga: Mau Beli Mobil Murah di Pameran Otomotif? Ini Trik Jitunya!

Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Meski sangat beresiko, membeli mobil bekas bukanlah sebuah hal yang buruk untuk dilakukan. Anda bisa saja menemukan sebuah mobil dengan kondisi yang baik dan harga yang sesuai, simak beberapa tips di bawah ini sebelum Anda membeli sebuah mobil bekas secara kredit:

  • Tentukan Pilihan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan pilihan jenis dan tipe mobil yang Anda inginkan, hal ini akan menjadi poin penting dalam pencarian mobil yang akan Anda lakukan. Jangan lupa untuk menyesuaikan kebutuhan Anda akan sebuah mobil dengan jenis mobil yang akan Anda beli, jangan sampai Anda membeli sebuah mobil yang pada kenyataannya tidaklah begitu bermanfaat bagi Anda dan keluarga.

Bila Anda telah berkeluarga, maka tidak ada salahnya untuk membeli sebuah mobil keluarga yang bisa dipakai setiap saat untuk berbagai kebutuhan Anda sekeluarga.

  • Sesuaikan Anggaran

Setelah Anda menentukan pilihan, maka langkah selanjutnya adalah menentukan jumlah anggaran Anda dengan harga pasaran mobil tersebut. Anda bisa melihat kisaran harganya pada beberapa situs otomotif atau dengan cara mendatangi beberapa showroom terdekat.

Bila ternyata Anda memiliki sejumlah dana yang cukup, maka ada baiknya Anda melakukan pembelian secara tunai, dengan demikian Anda tidak perlu membayar cicilan setiap bulannya.

Namun bila Anda tidak memiliki sejumlah dana yang cukup, maka langkah selanjutnya adalah Anda setidaknya memiliki sejumlah dana yang bisa digunakan sebagai uang muka dan membayar biaya lainnya.

Dalam pembelian kredit, Anda juga dituntut untuk memiliki kemampuan menghitung besaran cicilan per bulan dan menyesuaikannya dengan kemampuan bayar Anda, hal ini akan sangat penting untuk menghindari masalah di dalam keuangan Anda.

  • Temukan Mobil Bekas Terbaik

Saat akan membeli sebuah mobil bekas, maka Anda harus menyiapkan waktu yang lebih banyak bila dibandingkan dengan saat akan membeli mobil dalam kondisi baru. Anda bisa mendapatkan sejumlah informasi mengenai penjual mobil bekas yang sesuai dengan keinginan Anda melalui iklan di situs online ataupun iklan di media cetak lainnya.

Ada 2 penjual yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan yang aman:

    • Membeli dari Kerabat, Keluarga, atau Teman
      Akan sangat baik bila Anda membeli sebuah mobil bekas dari kerabat, keluarga, atau teman Anda. Hal ini akan memperkecil risiko kerugian yang mungkin Anda alami. Membeli mobil bekas dari orang-orang terdekat tentu saja akan membuat Anda menghemat banyak waktu dan tenaga, namun Anda tetap harus jeli dan hati-hati saat memeriksa kondisi mobil tersebut.

    • Beli di Showroom Tepercaya
      Pilihan kedua yang bisa Anda ambil adalah membeli di showroom yang telah memiliki kredibilitas yang baik dan bisa dipercaya. Anda bisa mendapatkan informasi mengenai showroom terbaik melalui situs online ataupun bertanya kepada teman-teman Anda yang telah membeli mobil di sana sebelumnya.

  • Lakukan Perbandingan

Jangan cepat puas dengan mendatangi satu penjual saja, datangi beberapa penjual dan lakukan perbandingan antara satu mobil dengan mobil lainnya. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan sebuah mobil bekas yang paling berkualitas dengan harga yang sesuai, sehingga Anda tidak akan mengalami kerugian setelah melakukan pembelian tersebut.

  • Jangan Tergoda Harga Murah

Saat akan membeli sebuah mobil bekas, hindari untuk segera memutuskan dan membeli hanya karena tergoda harga yang murah. Anda perlu memastikan kondisi dan segala risiko yang mungkin akan Anda tanggung setelah melakukan pembelian tersebut. Jangan sampai harga yang murah akan membuat Anda mengalami sejumlah kerugian di hari kemudian, di mana Anda harus bolak-balik melakukan perawatan di bengkel.

  • Lakukan Pemeriksaan  Ganda

Ketahui dengan jelas bagaimana kondisi mobil yang akan Anda beli, pastikan Anda memiliki keahlian dalam melakukan pengecekan ini. Bila ternyata Anda tidak memiliki cukup pengetahuan, maka akan sangat baik bila Anda mengajak seorang teman yang memiliki keahlian atau seorang montir yang benar-benar bisa dipercaya dalam melakukan pengecekan terhadap mobil yang akan Anda beli. 

Pastikan juga semua dokumen mobil tersebut asli dan Anda bisa melakukan pengecekan tersebut ke Polda terdekat. Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah test drive dan merasakan kenyamanan dari mobil yang akan Anda beli.

Teliti Sebelum Membeli

Membeli mobil dalam keadaan bekas akan membutuhkan kejelian dan kesabaran ekstra, karena hal ini bisa saja memberi banyak risiko bagi keuangan Anda.

Lakukan pengecekan dengan seksama dengan melibatkan orang yang ahli di bidang tersebut. Anda juga perlu menyesuaikan anggaran yang Anda miliki dan jangan lupa menyertakan asuransi saat membeli sebuah mobil bekas.

Baca Juga: 8 Alasan Kenapa Anda Harus Membeli Mobil Bekas