Chelsea Islan, Si Anak Magang yang Kini Jadi Bintang Layar Lebar Indonesia

Siapa sih yang enggak kenal dengan sosok nona manis berwajah blasteran ini? Sejak berperan menjadi Merry Riana di dalam film Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar, namanya kian melejit di dunia perfilman. Hingga kini wajahnya sering muncul baik di layar kaca untuk iklan dan serial tv hingga di layar lebar. Ya, dia adalah Chelsea Islan.  

Sebagai aktris pendatang baru, karir wanita yang kerap disapa Chelsea mampu membuat masyarakat berdecak kagum loh. Terhitung dalam waktu lima tahun saja Chelsea telah membintangi 12 film layar lebar, 2 serial TV, 1 video klip, dan berbagai iklan lainnya. Belum lagi beragam penghargaan yang diperolehnya.

Bagi Anda yang penasaran dengan kisah sukses dalam menjajaki kariernya, yuk simak ulasan tentang Chelsea berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Berasal dari Keluarga yang Mencintai Seni dan Sastra

View this post on Instagram

A post shared by Chelsea Elizabeth Islan (@chelseaislan) on

Kemampuan Chelsea di dalam dunia seni peran tidak datang dengan tiba – tiba. Pemilik nama lengkap Chelsea Elizabeth Islan ini terlahir di tengah keluarga yang mencintai dunia sastra dan seni. Chelsea lahir dari seorang Ibu Samantha Barbara yang berprofesi di bidang advertising, sedangkan ayahnya Indra Budianto merupakan seorang arsitek.  

Sejak kecil Chelsea kerap tampil membawakan peran pada suatu drama musikal. Karakternya yang tomboy dan energik, membuatnya lebih menyukai bermain peran sambil menari.  Saat kelas 4 SD, Chelsea bahkan telah diminta untuk berperan di dalam sebuah sinetron, namun tawaran tersebut ditolak. Chelsea dan kedua orang tuanya lebih mengutamakan pendidikan dibandingkan tawaran bermain sinetron.

Image cerdas dalam diri Chelsea berasal dari hobi membaca yang dilakukan sejak masih sekolah dasar. Setiap hari, Ia selalu mengerjakan tugas membuat resume sebuah buku. Kebiasaan inilah yang membuat Chelsea berwawasan luas, hingga dipercaya menjadi pembicara pada berbagai forum mahasiswa, meskipun Ia belum pernah mengenyam bangku perkuliahan.  

Berawal dari Anak Magang dan Pemeran Pembantu

View this post on Instagram

A post shared by Chelsea Elizabeth Islan (@chelseaislan) on

Perjalanan karier Chelsea ternyata tidak semulus yang banyak orang bayangkan. Mulanya saat duduk di kelas 2 SMA, Chelsea ingin berkecimpung di industri fashion. Di sela – sela kesibukan sekolah, Chelsea bekerja menjadi anak magang, setidaknya selama setahun.  

Chelsea mengerjakan tugas sebagai stylist, asisten desainer, menjadi model, penulis fashion magazine, Serta bekerja di bagian traffic yang berurusan kesana kemari. Dia juga pernah belajar di kelas fotografi, menciptakan karya dan mengikuti pameran baju recycle, serta mengikuti kelas make up fashion. Namun setelah melakoni hal tersebut, Ia merasa ternyata dunia fashion tak sesuai dengan passion yang dimilikinya. Pada akhirnya Chelsea memilih dunia kreatif lain yaitu seni peran.

Karier Chelsea dimulai pada 2013 ketika dirinya diminta menjadi bintang video klip lagu Tak Lagi Sama dari grup musik Noah. Ia juga mendapat kepercayaan sebagai pemeran tokoh Annalise di film Refrain. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh Chelsea untuk menunjukkan talentanya. Meski Chelsea adalah pemeran pembantu, Ia berhasil menarik hati para produser perfilman Indonesia.  

Terbukti pada 2014, Chelsea membintangi dua film sekaligus. Chelsea berperan sebagai Karina di dalam film Street Society, yaitu seorang DJ yang berkepribadian ganda. Sukses dengan peran tersebut, Chelsea diminta kembali untuk memerankan tokoh wanita muda inspiratif Indonesia, Merry Riana. Pada film ini Chelsea tak hanya berperan sebagai pemeran utama. Ia juga diminta untuk menyanyikan soundtrack film yang berjudul Somebody to be Loved. Wah siapa yang tahu jika ternyata Chelsea juga bersuara merdu, ya!

Sejak tahun yang sama itu pula, Chelsea mulai bergabung dalam beberapa acara TV. Chelsea juga turut membintangi serial drama komedi di NetTV yang berjudul Tetangga Masak Gitu? Perannya yang sengaja dibuat manja dan ada humornya itu berhasil menyita perhatian masyarakat.

Baca Juga: Nikita Mirzani Bangun Rumah Mewah, Cek 5 Sumber Kekayaannya

Kariernya Mulai Melejit Seperti Roket

View this post on Instagram

A post shared by Chelsea Elizabeth Islan (@chelseaislan) on

Bak roket yang terus melaju, tawaran bermain film kembali diterima Chelsea pada 2015. Chelsea membintangi tiga film sekaligus pada tahun ini, yaitu Dibalik 98 sebagai Diana, Guru Bangsa: Tjokroaminoto sebagai Stella, dan Love You, Love You Not sebagai Amira.  

Tahun berikutnya, nama Chelsea Islan di dunia perfilman Indonesia semakin bersinar. Chelsea lagi-lagi membintangi empat film sekaligus. Chelsea beradu akting dengan Reza Rahardian di dalam prequel film biografi BJ. Habibie yang berjudul Rudy HabibieFilm yang berkisah perjuangan pemuda Indonesia pada era awal kemerdekaan, berbalut dengan kisah cinta yang kandas, sukses menguras emosi penonton. Film ini diapresiasi oleh 100 ribu penonton pada saat penayangan pertama. 

Setelahnya, Chelsea kembali mendapat kesempatan memerankan tokoh atlit Indonesia, Lilies Handayani, dalam film 3 Srikandi. Sukses dengan dua peran sebelumnya, Chelsea kembali membintangi dua film lainnya, yaitu film Headshot dan Pinky PromiseSayangnya pada 2017 wajah Chelsea hanya membintangi satu film layar lebar, yaitu sebagai Keira pada film Ayat – Ayat Cinta.   

Aktris Multi Talenta

View this post on Instagram

A post shared by Chelsea Elizabeth Islan (@chelseaislan) on

Tak hanya berbakat memainkan peran di balik layar, wanita yang lahir di Washington, D.C pada 2 Juni 1995 ini juga merupakan bintang teater dalam sebuah pertunjukan teater budaya yang diadaptasi dari novel "Bumi Manusia" dan "Karya Anak Bangsa", dengan judul Bunga Penutup Abad.

Terbiasa berperan sebagai tokoh yang feminim, pada 2018 Chelsea menjajal kemampuan akting di dalam suasana berdarah – darah. Chelsea berperan sebagai Alfie, dalam film horor Sebelum Iblis Menjemput. Akting Chelsea di dalam film ini pun memuaskan para penikmat film horor di Indonesia.  

Baca Juga: Kisah Sukses Raline Shah, Wanita Cerdas yang Tak Mengandalkan Kekayaan Keluarganya

Banyak Prestasi yang Mendulang Popularitas

View this post on Instagram

A post shared by Chelsea Elizabeth Islan (@chelseaislan) on

Sejak memulai debutnya, wanita bertubuh mungil dengan tinggi 167 ini terdaftar sebagai nominator dalam berbagai penghargaan di dunia perfilman. Dalam rentang waktu 2014 – 2018, Chelsea berhasil meraih setidaknya delapan penghargaan yang berasal dari ajang Indonesian Choice Award, Festival Film Bandung, Piala Maya, Indonesia Box Office Movie Awards, dan Indonesia Movie Actors Awards.  

Chelsea tak hanya terkenal sebagai seorang aktris berbakat. Ia adalah sosok yang hangat dan memiliki jiwa sosial tinggi. Chelsea mendirikan organisasi yang bergerak dalam pengembangan diri generasi muda, yaitu Youth of Indonesia.  

Bersama Ibu tercinta, Ia juga aktif berkontribusi dalam gerakan sosial penyintas kanker payudara Love Pink. Hal ini membuat pada 2017 Institusi Demokrasi dan Edukasi Indonesia memberikan sebuah penghargaan Innovative Young Leader kepada Chelsea.

Meski begitu, keseharian Chelsea tak ubahnya seperti masyarakat umum. Chelsea dikenal sebagai gadis yang friendly. Kepada 7,3 juta pengikutnya di Instagram, Ia mengaku lebih senang membagikan foto ketika bersama teman – teman dibandingkan selfie.

Aktris Muda dengan Honor Ratusan Juta

View this post on Instagram

A post shared by Chelsea Elizabeth Islan (@chelseaislan) on

Popularitas Chelsea di dunia perfilman, membuatnya mendapat tawaran sebagai bintang iklan dari berbagai perusahaan ternama seperti seperti Tokopedia, Garnier Light Complete, Good Day, Indosat Ooredoo, dan Opera Mini. Ia bahkan didapuk menjadi brand ambassador Oppo dengan nilai kontrak yang sangat tinggi.

Tidak heran jika Chelsea dikenal sebagai aktris muda yang kaya raya. Sumber penghasilan utama Chelsea berasal dari kemampuannya bermain peran yang dihargai hingga ratusan juta rupiah untuk sebuah film saja. Sementara serial komedi yang ia bintangi pada sebuah stasiun TV turut menambah pundi – pundi kekayaan Chelsea. Ia mendapatkan bayaran Rp10 juta – Rp20 juta per episodenya.

Selain itu, Chelsea juga menerima jasa endorsement yang dihargai jutaan setiap postingannya. Meski Chelsea tergolong selektif dalam memilih produk endorse, namun nilai kontrak yang didapatkan dari jasa endorsement cukup berperan dalam menambah daftar kekayaan dirinya.

Sukses dan Cerdas Meski Tidak Mengenyam Bangku Kuliah

Chelsea adalah sosok generasi milenial yang bisa dijadikan inspirasi. Ia mengaku bahwa belum melanjutkan pendidikan ke bangku perkuliahan karena kesibukannya dalam berkarier di dunia hiburan. Namun berkat hobi membaca dan belajar, Chelsea juga dikenal sebagai gadis yang cerdas dan berwawasan luas.

Ia selalu menekankan bahwa dirinya turut bertanggung jawab atas kemajuan bangsa. Dalam memilih peran dan menerima tawaran iklan pun, Chelsea selalu mempertimbangkan pesan moral yang dapat Ia sampaikan. Perjuangan menggapai sukses dan semangat belajar Chelsea telah menginspirasi bagi banyak orang yang belum sempat lanjut ke pendidikan yang lebih tinggi, masih ada kelebihan seperti bakat, kreativitas yang bisa dimanfaatkan untuk menggapai kesuksesan. Tetap semangat!

Baca Juga: ‘Alamat Palsu’ Jadikan Ayu Ting Ting Artis Sukses, Ini Kisah Perjalanannya