Cititrans, Kenali Salah Satu Pelopor Penyedia Layanan Shuttle Darat AKAP Ini

Bagi yang berdomisili di sekitar area Jabodetabek tentu tidak asing dengan salah satu penyedia layanan antar jemput atau biasa disebut shuttle, Cititrans. Ya, kebanyakan orang sering melakukan perjalanan ke luar kota atau bahkan provinsi pasti telah mengetahui tentang layanan yang diberikan oleh Cititrans ini. 

Berawal dari sebuah bisnis kecil di bidang transportasi antar jemput di Bandung, Cititrans kini telah menjadi salah satu perusahaan ternama di Indonesia. Hal ini ditengarai tak lain dari komitmen serta perjuangan bisnis tersebut. Dari yang mulanya hanya mengoperasikan 4 kendaraan jenis Elf, Cititrans melayani penumpang yang ingin melakukan perjalanan dengan rute Bandung – Jakarta di tahun 2005 silam. 

Perkembangan bisnis transportasi shuttle Cititrans memang terbilang cukup pesat. Hingga kini, Cititrans tak hanya menjajakan jasa transportasi antar jemput, namun juga kargo serta layanan persewaan mobil.

Kini, Cititrans dikenal sebagai salah satu armada terbaik yang beroperasi di bidang transportasi Antar Jemput Antar Kota dan Antar Provinsi atau AKAP. Menilik dari awal mula operasi yang hanya bermodalkan 4 kendaraan saja, Cititrans tentu memiliki segudang pelajaran yang layak ditiru oleh para pebisnis masa kini. Untuk itu, bagi Anda yang tertarik dengan cerita perjuangan perkembangan Cititrans, simak penjelasannya berikut ini.

Cerita Singkat tentang Perjalanan Bisnis Cititrans

Cititrans, atau layanan shuttle eksklusif Citi Transindo, adalah perusahaan yang berjalan di bidang layanan transportasi. Cititrans didirikan di Bandung pada tanggal 11 September 2005 dengan kantor beralamatkan di Jalan Imam Bonjol . 

Rute perjalanan pertama yang dimiliki oleh Cititrans adalah dari Bandung ke Sudirman Jakarta dengan menggunakan 4 mobil tipe Elf sebagai armada pertamanya.

Tak perlu waktu lama, Cititrans mengembangkan sayap layanannya dengan menambah rute perjalanan yang dilayani pada tahun 2006. Jika awalnya hanya menyanggupi rute pengantaran dari Bandung ke Sudirman Jakarta, Cititrans membuka beberapa rute baru di area Jakarta, seperti perjalanan pulang pergi dari Bandung ke Fatmawati dan Bandung ke Kelapa Gading.

Sembari menambah pasar konsumen dengan menambah rute perjalanan, Cititrans juga turut memperbanyak armada transportasinya dengan beberapa bis. Hingga tahun 2012 saja, Cititrans telah memiliki kendaraan sebanyak kurang lebih 80 unit. 

1. Citiflyer

  Citiflyer Cititrans

Sumber: facebook.com/pg/cititransindo

Pada akhir tahun 2012, Cititrans mulai mencoba jenis layanan transportasi baru yang dinamakan dengan Citiflyer. Layanan Citiflyer ini menawarkan jasa transportasi shuttle dari Bandung ke Bandara Internasional, Soekarno-Hatta kepada pelanggan yang datang atau ingin pergi ke bandara tersebut.

Bukan hanya layanan transportasi biasa, Citiflyer menawarkan layanan di kelas premium dan eksekutif. Penawaran ini tentunya memiliki fasilitas mumpuni serta jadwal perjalanan yang menyesuaikan dengan jadwal penerbangan. 

Layanan Citiflyer tersebut mendapatkan sambutan yang cukup baik dari para pelanggannya yang pada waktu itu mungkin merasa kesulitan untuk bisa melakukan perjalanan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

2. Citi Express Delivery

Di tahun yang sama, Cititrans juga mulai melayani jasa kargo dan logistik dengan meluncurkan Citi Express Delivery. Jasa ini tentu cukup berpengaruh dengan memperluas jaringan konsumen Cititrans dan mempercepat perkembangan perusahaan tersebut.

3. Citi Premium Rent

Citi Premium Rent Cititrans

 

Sumber: fjb.kaskus.co.id

Berlanjut di tahun 2013, Cititrans merealisasikan permintaan para konsumennya dengan memberikan layanan persewaan kendaraan darat yang memiliki kualitas kelas premium. Layanan rental mobil premium ini oleh Cititrans diberi nama Citi Premium Rent dan membuktikan bahwa perusahaan tersebut berkomitmen untuk memenuhi segala kebutuhan yang diminta oleh para konsumennya.

Inovasi yang dimunculkan oleh Cititrans tentu tidak berhenti disitu saja. Pada perayaan ulang tahun perusahaan yang kesembilan, Cititrans meluncurkan unit kendaraan premium dengan menggunakan mobil merk Mercedes Benz Sprinter. 

Pada perayaan momen tersebut pula Cititrans mengembangkan operator shuttle pertamanya yang menggunakan mobil MVP. Kedua layanan tersebut merupakan sebuah persembahan dari Cititrans kepada para pelanggan setianya untuk bisa menikmati layanan mereka dengan suasana interior kendaraan yang lebih nyaman.

Hingga kini, Cititrans telah memiliki armada kendaraan dengan jumlah lebih dari 100 unit. Rute perjalanan yang ditawarkan oleh Cititrans juga bertambah menjadi 7 tempat keberangkatan yang ada di Jakarta dan 3 departure point di Bandung. Pengakuisisian Cititrans oleh Blue Bird juga memungkinkan layanan transportasi yang lebih luas dan dapat memenuhi segala kebutuhan para pelanggannya.

Cititrans juga melayani perjalanan shuttle dengan menggunakan mobil Toyota Hiace yang mampu diisi hingga 8 penumpang. Cititrans memfasilitasi para penumpangnya dengan kendaraan Toyota Dyna dan Hino Dutro yang memiliki kapasitas penumpang mencapai 10 orang.

Hal ini tentu akan menjadi daya tarik tersendiri dari para penumpangnya yang ingin melakukan perjalanan bersama rombongan tanpa harus berada di kendaraan yang terpisah.

Baca Juga: Cara Memilih Paket Tur Murah Agar Liburan Makin Menyenangkan

Kualitas Layanan Transportasi yang Dimiliki oleh Cititrans

Memiliki misi untuk senantiasa memberikan layanan transportasi antar jemput eksekutif kepada setiap konsumennya, Cititrans berusaha untuk selalu meningkatkan layanan yang dimiliki. Beberapa contoh perkembangan layanan yang dilakukan Cititrans di atas tentu telah menjadi bukti nyata dari proses realisasi misi tersebut.

Namun, usaha Cititrans dalam membangun dan menumbuhkan kepuasan serta keloyalan pelanggan tidak berhenti sampai disitu saja. Ada banyak hal lain yang telah dilakukan oleh Cititrans agar misi tersebut dapat dirasakan oleh konsumennya dengan mengusung tagline bisnis, Ride with Us.

Salah satunya adalah dengan memfasilitasi penumpang Cititrans di kendaraan bersofa kualitas baik, fasilitas TV, bahan bacaan seperti majalah dan koran, hingga pendingin ruangan. Adapun program membership Cititrans yang memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan beragam fasilitas dan promosi seperti potongan harga hingga memenangkan hadiah. Hal ini tentu dapat meningkatkan kepuasan pengguna layanan Cititrans dan menjadikan mereka sebagai konsumen tetap.

Cititrans juga kerap melakukan pemeriksaan kendaraan secara rutin agar keamanan berkendara dapat selalu terkontrol. Melakukan pembaruan dan modifikasi rute perjalanan juga sering dilakukan Cititrans untuk  menanggulangi risiko terjadinya macet pada jalan yang umumnya dilewati. Dengan begitu, penumpang tetap dapat sampai pada tujuan dengan tepat waktu dan kepuasan pelanggan pun dapat tercapai.

Selain itu, para driver aktif Cititrans juga telah mendapatkan pelatihan berkendara yang telah disesuaikan dengan prosedur yang berlaku. Tingkat kesehatan pengendara juga senantiasa diperiksa agar keselamatan berkendara dan penumpang dapat selalu dipastikan. Jadi, risiko buruk saat melakukan perjalanan menjadi hampir tidak mungkin terjadi.

Pencapaian yang Telah Diterima Cititrans Sebagai Layanan Transportasi Shuttle

Berdiri sejak tahun 2005, Cititrans tentu tidak hanya memiliki pencapaian disisi penambahan armada transportasi dan rute perjalanan saja. Cititrans juga telah memiliki beragam penghargaan yang tentunya dapat menjadi sebuah bentuk apresiasi atas usaha menciptakan layanan transportasi yang terbaik.

Salah satu pencapaian yang dimiliki oleh Cititrans adalah CEOnya yang menjadi kandidat Bandung’s Marketing of the Year di tahun 2017 lalu. Selain itu, Cititrans juga digadang-gadang sebagai salah satu perusahaan terdepan di bidang layanan transportasi antar jemput yang beroperasi di area Bandung. Kedua hal ini tentu telah menjadi dorongan pada pihak Cititrans untuk terus memberikan pelayanan yang maksimal kepada para pelanggan setianya dan membuat inovasi agar kepuasan konsumen senantiasa tercapai.

Baca Juga: Tips Jitu Memilih Agen Travel untuk Liburan

Tanggapan Konsumen Atas Layanan yang Diberikan Cititrans

Umum diketahui bahwa Cititrans adalah penyedia layanan transportasi yang banyak beroperasi di wilayah Jabodetabek, khususnya kota Bandung. Hal tersebut tentu membuat tak sedikit warga daerah tersebut yang telah menggunakan layanan Cititrans tersebut.

Berdasarkan pemaparan salah satu pengguna layanan transportasi Cititrans, kenyamanan penumpang di armada tersebut adalah prioritas utama. Pelayanan yang diberikan oleh pihak driver pun cukup memuaskan hingga memberikan informasi kepada konsumen jika jadwal kedatangan akan terlambat karena kemacetan.

Pihak driver juga akan memberikan solusi berupa pilihan jadwal keberangkatan dari kendaraan lain jika memang masih terdapat bangku yang belum terisi. Hal ini tentu dapat memberikan jalan keluar yang solutif kepada konsumen agar jadwal keberangkatan tidak terganggu. Dengan begitu, risiko ketinggalan pesawat dan semacamnya akan menjadi lebih kecil terjadi.

Berawal dari Bisnis Kecil, Cititrans Berevolusi Menjadi Salah Satu Perusahaan Raksasa Indonesia

Cititrans

Sumber: facebook.com/cititransindo

Perjalanan bisnis Cititrans yang dimulai usaha kecil dan berkembang menjadi perusahaan besar tentu dapat menjadi pelajaran oleh para pebisnis. Meski dimulai dari titik nol, Cititrans mampu memberikan inovasi dan layanan yang terbaik kepada para konsumennya sehingga dikenal sebagai salah satu penyedia transportasi shuttle terbaik di Bandung.

Saat ini Cititrans Booking sudah dapat dilakukan secara online seperti di website Cititrans sendiri hingga traveloka. Anda dapat memilih keberangkatan baik dari Cititrans Pasteur (Cititrans Bandung), Cititrans Fatmawati hingga Cititrans BSD.

Jadi, bagi Anda yang sedang merintis sebuah bisnis, jadikan perjalanan usaha Cititrans ini sebagai motivasi untuk mengembangkan bisnis Anda hingga ke puncak.

Baca Juga: Hasil Survei: Ternyata Transportasi Umum Ini yang ‘Digandrungi’ Orang Indonesia