Cuma Rp 2 Juta Saja, Liburan ke Thailand Bisa Terwujud! Ini Tipsnya

Jalan-jalan ke luar negeri lagi nge-trend beberapa tahun belakangan ini. Kebanyakan anggota keluarga tidak lagi menghabiskan liburan dengan keliling kota, melainkan melancong ke negara orang lain. Sayangnya, biaya yang diperlukan tidak sedikit, apalagi jika destinasi liburannya ada di Eropa.

Untuk menghemat biaya, kamu dan keluarga bisa menjadikan kawasan Asia Tenggara sebagai destinasi liburan, Thailand misalnya. Jika dibandingkan dengan negara di Eropa, popularitas Thailand tidak kalah kok. Apalagi dengan modal Rp2 juta saja, sudah bisa mengelilingi beberapa kota di Thailand. Mau? Simak tipsnya di bawah ini.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Tips Liburan ke Thailand dengan Modal Rp2 Juta

Thailand

1. Rencanakan Liburan 3 Bulan Sebelum Keberangkatan

Beban terberat saat ingin melancong ke negara orang adalah tiket pesawat. Di musim liburan, harga tiket pesawat dapat melonjak 1,5 – 2 kali lipat dari hari biasanya. Jika ingin liburan, rencanakan 3 bulan sebelumnya sehingga peluang untuk melirik tiket promo terbuka lebar.

Untuk mendapat informasi seputar tiket promo, daftarkan email kamu di salah satu situs reservasi tiket pesawat yang ada di Indonesia. Ketika ada promo, notifikasinya pun akan langsung muncul di e-mail.

2. Memilih Maskapai Penerbangan yang Paling Murah

Meskipun promo sedang berlangsung, harga tiket di beberapa maskapai penerbangan masih mahal. Tapi, kamu tidak perlu melirik tiket mahal ya, sebaliknya liriklah tiket pesawat yang paling murah. Di Indonesia sendiri, maskapai Air Asia menawarkan harga tiket termurah.

Untuk penerbangan pulang-pergi dari Jakarta – Thailand biasanya Rp1 juta. Kalau ada promo, bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Indonesia Ini Jadi Tempat Liburan Tamu IMF-Bank Dunia, Mana Saja?

3. Hunting Penginapan Murah tapi Tetap Nyaman

Pilihlah penginapan yang tidak terlalu terkenal, namun tetap memberikan kenyamanan ekstra untuk berbaring di malam hari. Misalnya di kawasan Sukhumvit, harga penginapannya jauh lebih murah dibandingkan di kawasan Khaosan Road. Perbandingan harganya bisa mencapai ratusan ribu per malam. Lumayan kan?

Jika tidak ingin mengeluarkan biaya sepeser pun untuk penginapan, menumpang lah di rumah warga. Caranya bukan dengan mengemis ya, tapi menggunakan aplikasi Couchsurfing. Di aplikasi ini, kamu bisa menemukan setidaknya satu house family yang bersedia menampung selama liburan di Thailand.

4. Gunakan Transportasi Umum Kemanapun

Kemana pun kamu pergi, gunakanlah transportasi umum karena tarifnya jauh lebih murah dibanding naik taksi. Memang, waktu tempuhnya jadi lebih lama ditambah lagi harus mengantri tiket. Tapi mengingat budget terbatas, terpaksa harus mau mengantri.

Untungnya, di Thailand sudah tersedia beragam alat transportasi umum. Bukan hanya taksi dan bus saja, tapi ada juga skytrain, tuk-tuk dan kapal. Transportasi mana yang paling murah? Tergantung jarak yang akan ditempuh. Semakin dekat, berarti semakin murah dan sebaliknya.

5. Berburu Makanan di Street Food, Jauh Lebih Murah!

Thailand termasuk salah satu negara termurah kalau soal urusan perut. Harga makanan per porsinya sangat bersahabat. Satu bungkus nasi putih lengkap dengan lauk dan sayur saja hanya dibandrol seharga Rp8.000an saja. Porsinya juga lumayan besar, cukup untuk mengisi perutmu yang keroncongan.

Tapi ingat, berburu makanannya jangan di restoran atau kafe ya, tapi di street food atau warung yang berjejer di pinggir jalan. Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah masalah kebersihan. Sebelum membeli makanan, perhatikan kebersihan warung kaki lima yang dikunjungi. Alih-alih ingin berburu makanan murah, tapi ujung-ujungnya malah sakit perut.

6. Tawar-Menawar Sebelum Membeli Apapun, Termasuk Oleh-Oleh

Membeli oleh-oleh menjadi kegiatan wajib di sisa liburan. Untungnya, harga oleh-oleh di Thailand sangat bersahabat. Misalnya satu buah kaos atau blouse hanya dihargai sekitar Rp30.000an saja, jauh lebih murah dibandingkan baju-baju yang ada di Indonesia. Meskipun murah, jangan sampai kalap dan lupa menawar harga ya. Sebab dengan menawar, harga barang yang dibeli jauh lebih murah dari harga awalnya.

Mengingat budgetmu minim, kurangi jumlah oleh-oleh yang dibawa pulang. Apalagi jika kapasitas bagasi pesawat yang dinaiki terbatas.

 

Baca Juga: Hore! Rel Kereta Mati Dibuka Lagi, Destinasi Wisata ini Mudah Dijangkau

Budget Minim Tidak Menghalangi Kesempatan Berlibur

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk liburan dengan budget minim. Salah satunya dengan menerapkan 6 poin di atas. Jadi meskipun budget minim, kesempatan untuk berlibur tidak akan terhalang lagi asal kamu mengetahui tipsnya. Selamat liburan!

Baca Juga: Mau Traveling Hemat? Ini Nih Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah