Daerah Wisata Ini Punya Kuliner Pedas yang Bisa Bikin Ketagihan, Mana Saja?

Selain memiliki alam yang indah, Indonesia merupakan surga kuliner terutama makanan dengan citarasa pedas, serta kaya bumbu dan rempah. Penikmatnya pun cukup banyak. Setiap daerah mempunyai keragaman kulinernya, termasuk untuk sajian pedas yang bisa bikin keringat bercucuran, bibir jontor, tapi nagih banget.

Pasti kamu tidak asing lagi dengan nama-nama kuliner pedas di beberapa daerah di Tanah Air, seperti sambel setan, oseng-oseng mercon, seblak, ayam penyet, dan masih banyak lainnya. Jika sedang berkunjung ke suatu daerah, misalnya Yogyakarta, oseng-oseng mercon jadi pilihan traveler untuk uji nyali kuliner pedas.

Di jagat maya sekarang ini, ada tren mukbang yang berasal dari bahasa Korea. Artinya siaran makan. Jadi kontennya menampilkan orang yang sedang menyantap makanan, review makanan tersebut, atau hal lain yang isinya serba makanan. Kalau kamu lagi nonton mukbang makanan pedas, rasanya air liur ingin menetes.

Indonesia sih bisa dibilang gudangnya kuliner pedas, contohnya rendah yang masuk dalam salah satu makanan yang masuk dalam deretan makanan terlezat di dunia. Rendang adalah makanan asli Minang, Sumatera Barat. Selain itu, daerah lain juga punya kuliner pedas lho, di mana dan apa saja?

Baca Juga: Tempat Makan di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Bali

Ayam Betutu, Bali
Ayam Betutu, Bali

Menjadi salah satu destinasi wisata kelas dunia dengan pemandangan alam indah nan eksotis, Bali menawarkan ragam sajian kuliner pedas. Salah satunya ayam betutu. Ayam berbalut bumbu khas Bali ini memiliki citarasa pedas yang dapat menggoyang lidah. Santapan ini dipadu dengan sambal matah atau sambal mentah yang mengeluarkan aroma khas rempah-rempah sereh dan daun jeruk. Dibuat dari irisan cabai dan bawang merah, sambal ini begitu menyegarkan dan bisa bikin kamu merem melek.

Lauk lain yang menemani sambal matah dan ayam betutu, di antaranya ikan, tahu, tempe, sate lilit, dan plecing kangkung. Dimakan menggunakan tangan, rasanya ajib banget. Keringat bercucuran dan nafsu makan bertambah. Harga ayam betutu sambal matah bervariasi, untuk satu ekor ayam sekitar Rp120 ribu. Itu bisa buat makan 4-6 orang ya.

Surabaya

Kita sering berpikir kalau di Jawa identik dengan kuliner serba manis atau didominasi citarasa manis. Tapi yang ini beda. Jika kamu sedang berkunjung ke Surabaya, ada kok kuliner pedas yang wajib dicoba karena sudah cukup terkenal. Namanya Sego Sambel Mak Yeye. Untuk lauk nasi sambal yang tersedia, ada iwak pe, ikan pari panggang, telur dadar, tahu dan tempe.

Bila kamu mencari oleh-oleh, Sambal Bu Rudy cocok nih. Rasanya begitu khas dan pedas. Kemasannya menggunakan botol plastik sehingga praktis di bawa ke mana-mana, termasuk saat melancong ke luar negeri. Sekaligus bisa mengobati kerinduan dengan Tanah Air kan. Sambal ini sangat pas menemani santap siang dan malammu.

Lombok

Kalau Bali punya ayam betutu, daerah wisata Lombok terkenal dengan kuliner khasnya ayam taliwang. Makanan ini memiliki citarasa pedas yang menggugah selera. Ayam Taliwang tersedia dalam dua olahan, yakni dibakar dan digoreng. Rasa pedasnya meresap sampai ke dalam daging ayam. Menikmati ayam taliwang semakin lezat ditemani dengan kangkung balacan yang disiram sambal tomat segar.

Selain ayam taliwang, kuliner pedas terkenal lain di Lombok adalah kelaq sebie. Sajian kuliner ini diolah dari cabai rawit yang dipotong-potong kecil. Berisi sayuran dengan kuah santan khas. Ditambah terong, kacang panjang, hingga ikan tongkol. Menurut masyarakat setempat, kelaq sebie adalah makanan terpedas di pulau Lombok.

Baca Juga: Pilihan Kartu Kredit yang Cocok untuk Wanita

Makassar

Coto Makassar
Coto Makassar

Bertandang ke Kota Makassar, kuliner yang wajib kamu jajal adalah Coto Makassar. Rasa pedas, kaya akan bumbu dan rempahnya akan membuat kamu tergoda. Banyak traveler mencari sajian khas yang satu ini. Kota Daeng ini juga memiliki sajian pedas lain, seperti ayam atau bebek khas Makassar. Kuliner tersebut dikenal dengan nama Nasu Palekko.

Meskipun dari penampilan kurang menggairahkan, namun kalau sudah dicoba rasanya enggak mau berhenti makan. Di sinilah daya tariknya, apalagi kalau disantap dengan nasi hangat. Selain itu, Makassar dikenal punya Sambal Dabu-dabu yang terbuat dari bahan utama cabai dan bawang. Sambal ini sangat cocok dinikmati bersama hidangan laut, terutama ikan bakar.

Yuk, Menjelajah Indonesia

Indonesia begitu kaya dengan tujuan wisata alam dan wisata kulinernya. Kamu bisa melancong dari satu daerah ke daerah lain untuk menemukan keindahan maupun keragaman suku, budaya, adat istiadat, hingga sajian kuliner. Tentu saja untuk rencana menjelajah Indonesia dari Sabang sampai Merauke, butuh bujet yang besar. Menabung adalah kuncinya agar mimpi terwujud. Ingat, tidak ada yang mustahil di dunia ini selagi kamu mau berusaha.

Baca Juga: Tips Menghemat Biaya Makan saat Travelling