Daftar Belanja yang Tepat Bisa Bikin Belanja Lebih Hemat

Sehat dan bahagia tentunya dambaan setiap orang. Bahkan, dalam kondisi anggaran terbatas sekalipun, kita ingin tetap demikian, bukan? Kiatnya adalah dengan membuat daftar belanjaan yang fleksibel.

Pada dasarnya daftar belanja memang sangat penting. Tanpa daftar belanja, Anda bisa kalap membeli ini itu. Ujung-ujungnya jadi membeli lebih banyak dari yang dibutuhkan, atau parahnya yang dibeli tak saling melengkapi, tak cocok untuk dimasak dalam sebuah menu.

Belanja bahan makanan memang tricky karena Anda harus memperhatikan kapan makanan tersebut kedaluarsa. Makanan yang biasa Anda makan belum tentu selalu baik untuk Anda. Sehingga Anda harus bisa memilih bahan makanan yang tidak menjadi “sampah” entah karena tidak jadi diolah sehingga membusuk di kulkas, atau menjadi “sampah” ketika masuk ke tubuh kita.

Yang paling penting, daftar belanjaan ini harus fleksibel. Sebab tidak semua bahan makanan di daftar belanjaan bisa Anda dapatkan di pasar. Bisa jadi karena sedang bukan musimnya, atau memang pasokannya sedang berkurang. Intinya, kita harus lihai berimprovisasi.

Nah, ada solusi yang akan membantu Anda merencanakan makanan mingguan Anda. Berikut 5 tips untuk membantu Anda memulainya:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Pilih atau Buat Tema

Food and Drink

Memilih tema per hari berarti membantu Anda mempersempit pilihan menu. Misalnya, ada tema hidangan lokal, western, atau chinese. Hal ini menguntungkan kita dalam menentukan ke mana kita akan pergi belanja.

Cara ini juga dapat menghemat budget karena biasanya bahan makanan yang ada di dalam satu tema membutuhkan bumbu yang itu-itu lagi. Sehingga Anda bisa membeli bumbu untuk beberapa kali masak. Misalnya, untuk tema chinese food, Anda akan membeli kecap asin yang bisa dipakai untuk beberapa hidangan chinese food lainnya.

Baca Juga: Belanja Bulanan Pas Promo JSM Dijamin Makin Hemat

2. Pilih Menu sesuai dengan Kebutuhan Gizi

Pilih sesuai Kebutuhan Gizi

Menghemat tidak hanya memilih harga yang murah, tetapi juga berarti memaksimalkan yang kita konsumsi. Anda pastinya tidak ingin memasak makanan yang tidak memberikan asupan yang baik untuk tubuh kita. Oleh sebab itu, Anda perlu tahu kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jika Anda cenderung kelebihan lemak dan kekurangan protein, maka fokuslah pada variasi protein yang dibutuhkan tubuh. Yang penting memenuhi karbohidrat, lemak, protein dan vitamin yang dibutuhkan saja. Perlu diingat, kondisi tubuh tidak selalu sama setiap bulan. Jadi, anggaran belanja sebaiknya dibuat fleksibel mengikuti kebutuhan tubuh Anda.

3. Pilih yang Paling Segar dan Murah

 

Belanja Bahan Makanan Segar dan Murah

Selalu buat daftar pilihan untuk membantu agar fokus saat belanja. Setelah dibantu dengan pilihan tema tadi, Anda kini bisa fokus ke pilihan harga. Akan lebih mudah jika Anda belanja dengan memilih antara 3 hal yang mau dibeli daripada tanpa rencana sama sekali.

Misalnya, pikirkan menu omelet, fuyunghai dan tahu telur. Meskipun ketiga menu ini memiliki bahan dasar telur, bahan campurannya berbeda-beda. Ketika sampai di pasar, Anda bisa memilih dari ketiga menu itu yang bahannya lebih segar dan murah.

4. Pertimbangkan Bahan Makanan Multiguna

Belanja Ikan Salmon

Pilih bahan makanan yang dapat digunakan untuk lebih dari satu tipe hidangan. Perhatikan apakah bahan yang Anda pilih bisa dikonsumsi mentah atau harus dimasak, atau keduanya.

Sekalipun bahan makanan itu hanya bisa disantap setelah dimasak, apakah bisa diolah untuk beberapa menu? Misalnya, udang bisa direbus atau digoreng. Tetapi salmon bisa dimakan mentah, panggang, atau goreng. Intinya, semakin banyak menu, semakin hemat.

Baca Juga: Tips Tampil Berkelas Walaupun Budget Pas-Pasan

5. Siapkan Bumbu Dapur

 

Bumbu dapur

Bumbu dapur sangat membantu meragamkan menu makanan Anda. Bahan makananan yang tidak terlalu wah, bisa jadi nikmat dan enak dilihat dengan sentuhan bumbu dapur yang tepat. Selalu siap sedia bawang, daun salam, cengkih, dan lainnya. Setelah belanja, perhatikan juga cara Anda menyimpan bumbu-bumbu ini agar awet dan tidak harus sering membeli lagi. Kalau mau lebih hemat lagi, coba tanam bumbu seperti jeruk nipis atau cabai di pekarangan rumah.

Sesuaikan Menu Masakan dengan Kebutuhan Tubuh

Pada dasarnya makanan yang kita olah harus cukup untuk keperluan tubuh kita. Jangan sampai karena berhemat, kita jadi pelit dengan kepada tubuh kita. Adanya daftar belanja memudahkan kita mengatur makanan sesuai dengan kebutuhan tubuh dan kemampuan dompet.

Selain menghemat uang, daftar belanja juga menghemat waktu Anda. Tidak perlu lagi pusing menentukan makan siang di kantor, atau berdebat dengan keluarga saat memutuskan makan malam. Yang penting sesuaikan dengan gaya hidup Anda. Selamat mencoba!

Baca Juga: Cara Menekan Keinginan Membeli Baju