Dapatkan Mobil Pilihan di IIMS dengan Tips Ini

Bagi para pecinta otomotif, event Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) adalah acara yang paling ditunggu-tunggu. Berbagai merek dan varian mobil terkini dihadirkan dalam acara ini. Tentu saja kesempatan ini tidak disia-siakan bagi yang sedang mencari-cari mobil terbaru.

Nah, pada tahun ini, Indonesia International Motor Show kembali diselenggarakan. Acara yang mengambil tempat di JIEXPO Kemayoran Jakarta digelar dari 27 April-7 Mei 2017. Sejumlah brand ternama dipastikan memamerkan produk-produknya dalam event ini, seperti Audi, BMW, Chevrolet, Datsun, Honda, Hyundai, KIA, Mazda, Mercedes Benz, Mini, Misubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota, dan Volkswagen.

Di samping itu, beberapa brands sepeda motor ternama juga ikut meramaikan acara ini, di antaranya AHM, BMW Motorrad, Kawasaki, Kymco, Piaggio Group, Royal Enfield, Suzuki, dan Yamaha. Cukup membeli tiket dari harga Rp40.000-Rp150.000, mata Anda akan dimanjakan dengan beragam produk otomotif yang tersaji lengkap.

IIMS pertama kali digelar pada tahun 1986 dengan nama GAIKINDO Cars Exhibition. Bertempat di Jakarta Convention Center (JCC), sebanyak 13 anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) berpartisipasi dalam acara pameran kendaraan pertama tersebut.

Peserta pameran otomotif ini terus bertambah setiap kali pameran digelar. Pada Juli 2006, pameran ini berganti nama menjadi Indonesia International Motor Show. Nama tersebut terus dipakai hingga saat ini.

Bicara soal mencari mobil di IIMS, terkadang masih ada yang bingung bagaimana  mendapatkan mobil yang tepat. Beberapa tips berikut ini bisa membantu Anda dalam mendapatkan mobil pilihan.

Baca Juga: Mau Beli Mobil Murah di Pameran Otomotif? Ini Trik Jitunya!

1. Apa yang Menjadi Prioritas?

Indonesia International Motor Show

Tentukan Prioritas Anda via shutterstock.com

 

Banyak jenis mobil yang ditawarkan dalam pameran begitu juga mereknya. Beda jenis tentu saja beda peruntukan. Beda merek tentu juga beda harga. Terdapat enam jenis mobil yang dipakai di Indonesia: Multy Purpose Vehicle (MPV), Sport Utility Vehicle (SUV), Sedan, Hatchback, Sport Car, dan Couve.

Jenis-jenis mobil tersebut berbeda-beda peruntukannya. Kalau mencari mobil yang memuat banyak penumpang, membeli mobil MPV menjadi pilihan yang tepat. Cocok dipakai sebagai mobil keluarga dan mobil MPV terbilang paling irit dibandingkan varian-varian yang lain.

Kalau yang dicari adalah mobil dengan performa dan tenaga yang tinggi, pilihlah mobil SUV. Pas untuk dibawa melewati jalan bergelombang atau jalan off-road. Sementara bila hanya digunakan di dalam kota, sedan dan hatchback boleh jadi pilihan. Kedua varian ini mementingkan pemberian kenyamanan bagi pengendaranya.

Jadi, mobil yang bagaimana yang menjadi prioritas Anda?

2. Berapa Dana yang Disiapkan?

DP Mobil

Ilustrasi DP Mobil via shutterstock.com

 

Harga mobil yang dipasarkan di Indonesia umumnya sekitar Rp100 juta lebih. Kemunculan mobil Low Cost Green Car (LCGC) menjadi angin segar bagi yang mencari mobil dengan harga irit. Dengan memiliki dana kurang dari Rp100 juta, Anda sudah bisa memiliki mobil LCGC.

Mempersiapkan dana untuk membeli mobil memang tidak bisa dilakukan dalam waktu cepat. Mengingat, kebutuhan-kebutuhan lain juga memerlukan dana. Apabila yang menjadi prioritas adalah memiliki mobil keluarga, Anda cukup menyediakan dana sebanyak Rp157.450.000 dan Daihatsu Xenia berhak Anda bawa pulang.

Di IIMSS banyak penawaran promo menarik yang diberikan dalam bentuk diskon, DP ringan, ataupun kredit mobil ringan. Kalau umumnya membeli mobil mesti menyediakan DP sebesar 25% dari harga mobil, hanya dengan dana kurang dari Rp10 juta, Anda sudah bisa membayar DP mobil.

Tak perlu khawatir dengan besarnya kredit mobil. Perhitungannya, DP besar, kreditnya kecil. Tapi, di IIMS dengan DP yang kurang dari Rp10 juta, Anda akan membayar kredit mobil kurang dari Rp3 juta. Lebih hemat ketimbang beli di dealer, bukan?

3. Bandingkan Dahulu, Baru Beli Kemudian

IIMS 2017 Kredit Mobil

Selalu Lakukan Perbandingan via shutterstock.com

 

Semaraknya penawaran yang diberikan dalam pameran kadang-kadang menyebabkan pembelian dilakukan terburu-buru. Takut kehabisan mobil jangan dijadikan alasan tidak melakukan perbandingan terlebih dahulu. Padahal, bisa saja mendapat mobil yang harganya lebih hemat dengan jenis yang sama dan spesifikasi yang beda-beda tipis.

Jangan malas untuk keliling demi mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya. Informasi-informasi yang Anda dapat penting sekali sebagai bahan perbandingan. Informasi-informasi yang didapat dari pameran Anda bandingkan juga dengan informasi-informasi yang ada di website atau media otomotif. Dengan begitu, akan jelas siapa yang menawarkan harga yang terbaik.

4. Sekalipun di Pameran, Test Drive Bisa Dilakukan

Test Drive IIMS 2017

Jangan Lupa untuk Melakukan Test Drive via shutterstock.com

 

Biasanya dalam membeli mobil di dealer, si pembeli diperbolehkan untuk melakukan test drive. Dengan melakukan test drive, si pembeli dapat mengetahui apakah mobil yang diinginkannya sesuai harapannya atau tidak. Nah, bagaimana kalau membelinya di pameran? Bisakah melakukan test drive?

Tenang, Anda bisa melakukan test drive kok. Penyediaan area test drive sebenarnya sudah menjadi tanggung jawab pelaksana acara pameran. Dalam IIMS tahun ini dan sebelumnya, area test drive telah disediakan pelaksana acara. Bercermin dari pengalaman tahun lalu yang mendapat kritik, pada IIMS 2017, area test drive diperluas dua kali lipat dari sebelumnya.

Penting perlu diingat, dalam test drive, cobalah semua teknologi dan fitur yang dimiliki mobil tersebut, seperti audio, Air Conditoner (AC), power window, ukuran kabin, transmisi, akselerasi mesin, handbrake, bentuk dashboard, dan suspensi.

5. Metode Transaksi yang Digunakan

Kredit Mobil

Beli Mobil di IIMS Bisa dengan Metode Cashless via shutterstock.com

 

Sebelum mengunjungi pameran nanti, Anda harus sudah tahu metode transaksi yang tersedia di sana. Selain menerima pembayaran secara tunai, di pameran juga tersedia metode transaksi secara cashless. Adanya pembayaran secara cashless menjadi alternatif bagi yang senang dengan pembayaran yang efisien dan aman.

Sebagai informasi, penyelenggara IIMS 2017 telah bekerja sama dengan Bank Central Asia (BCA) untuk memfasilitasi pembayaran, baik secara cashless maupun tunai. Bagaimana? Menarik, bukan?

Baca Juga: Beli Mobil Secara Kredit Rugi, Benarkah?

Pertimbangkan dengan Matang, Jangan sampai Salah Pilih

Karena banyaknya varian dan beragam brands yang ditawarkan dalam IIMS, terkadang membuat yang berniat membeli mobil bingung. Mobil manakah yang tepat untuk dibawa pulang? Apa yang telah disampaikan di atas kalau dilakukan, terasa membantu Anda yang memang betul-betul ingin memiliki mobil. Untuk itu, pertimbangkan dengan matang dan jangan sampai salah pilih.

Baca Juga: Tips Agar Kredit Mobil Anda Disetujui