Dapatkan Premi Asuransi Murah dengan Tips Mudah Ini

Berbagai kebutuhan dan hal lainnya di dalam kehidupan sering kali menyita seluruh perhatian yang kita miliki. Semua begitu tidak mudah untuk dipenuhi. Sebab sebagian kebutuhan ini harus didapatkan dengan sejumlah harga yang terkadang cukup tinggi.

Kita harus berjuang sampai mati-matian untuk dapat memenuhi berbagai kebutuhan tersebut. Sampai-sampai melupakan beberapa hal lain yang ternyata penting di kemudian hari. Salah satunya adalah layanan asuransi. Sebagian besar orang beranggapan bahwa layanan ini cukup mahal. Barang kali Anda adalah salah satu yang beranggapan demikian, bukan?

Asumsi bahwa premi asuransi sudah pasti mahal menjadi alasan mengapa banyak orang tidak memiliki asuransi. Karena itu, Anda menunggu dan menunggu waktu yang paling tepat untuk memulai menggunakan layanan asuransi. Hal seperti ini bukan hanya dialami Anda sendiri. Sebagian besar orang juga mengalami hal serupa.

Jangan membiarkan hal tersebut berlangsung terus-menerus. Beberapa tips di bawah ini bisa dilakukan untuk mendapatkan premi asuransi yang murah dan terjangkau.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan

1. Ikut Asuransi Selagi Muda Lebih Menguntungkan

Asuransi Murah

Mumpung Masih Muda, Belilah Asuransi via snyderlawpc.com

Jumlah premi di dalam asuransi akan dilihat berdasarkan risiko yang dimiliki pesertanya. Pada dasarnya, perusahaan asuransi akan menggunakan asumsi bahwa semakin tua usia peserta asuransi maka akan semakin besar juga risiko yang harus ditanggung.

Usia yang masih muda memiliki sejumlah risiko yang terbilang cukup ringan. Karenanya besaran premi yang harus dibayarkan untuk fasilitas asuransi juga akan cukup murah dan terjangkau. Namun, hal ini tentu akan berlaku sebaliknya. Apabila Anda mengambil asuransi saat tua nanti, perusahaan asuransi akan menanggung sejumlah risiko yang besar.

Sangat wajar kalau mereka menerapkan sejumlah premi yang mahal untuk pembelian asuransi yang Anda lakukan pada usia tua. Tidak perlu menunda-nunda dan menunggu hingga usia Anda menjadi tua. Membeli asuransi pada usia muda akan memberikan Anda keuntungan berupa pembayaran premi yang cukup ringan.

2. Pilih Asuransi Jiwa Murni

Asuransi Jiwa Murni

Asuransi Jiwa Murni Lebih Terjangkau Preminya via bobatoo.co.uk

Berbeda dengan asuransi unit link yang memiliki manfaat investasi, asuransi jiwa murni benar-benar hanya ditujukan untuk proteksi jiwa tertanggung. Di dalam asuransi ini, tidak akan ada pengembalian premi kepada peserta. Sebab sejumlah premi yang dibayarkan akan hangus pada akhir masa pembayaran premi.

Intinya, asuransi ini hanya fokus memberi perlindungan dengan jumlah pertanggungan yang besar. Belum lagi preminya yang murah karena tidak berperan sebagai investasi. Bagi Anda yang mengalami kendala di dalam besaran premi maka asuransi jiwa murni bisa dijadikan sebagai pertimbangan.

3. Cermat Membeli Asuransi Tambahan (Rider)

Asuransi Tambahan Riders

Asuransi Tambahan Punya Manfaat Lebih via kotakmoneywatch.com

Pembelian asuransi tambahan atau rider sah-sah saja dilakukan, terutama karena hal ini benar-benar dibutuhkan. Penambahan rider ini tentu akan berbanding lurus dengan panambahan sejumlah biaya premi asuransi. Jadi, sangat penting untuk mempertimbangkannya dengan cermat sebelum akhirnya memilih dan membelinya.

Harga rider terbilang cukup mahal. Karena itu, pastikan Anda hanya akan membeli yang sangat dibutuhkan saja. Selain itu, penting untuk memahami rider yang akan Anda beli dengan baik. Dengan begitu, Anda mengerti dengan jelas apa saja manfaat serta ketentuan yang terdapat di dalamnya. Dan Anda terhindar dari pembelian yang tidak memiliki manfaat maksimal.

4. Bila Tidak Ingin Sendiri, Pilihlah Asuransi Keluarga

Asuransi Keluarga Murah

Lindungi Keluarga dengan Asuransi via doctorouch.com

Saat ini beberapa perusahaan asuransi juga memiliki produk asuransi keluarga. Jenis asuransi ini akan sangat tepat bagi Anda yang berniat untuk membeli asuransi untuk Anda pribadi dan sekaligus untuk anggota keluarga lainnya (pasangan dan anak-anak Anda).

Dalam layanan asuransi ini, Anda tidak akan dikenakan premi terpisah antara anggota keluarga yang satu dan yang lainnya. Perusahaan asuransi hanya akan menerbitkan satu polis saja untuk seluruh anggota keluarga. Pembelian polis yang sekaligus ini (satu polis) akan membantu Anda berhemat. Sebab harganya memang jauh lebih murah dibandingkan penggunaan polis terpisah (sendiri).

5. Cari yang Ada Sistem Sesuai Tagihan (As Charged)

Asuransi Kesehatan Murah

Sistem As Charged Asuransi Lebih Menguntungkan via mullinsinsurancegroup.com

Sistem inner limit biasanya didapati dalam asuransi kesehatan. Sistem inner limit akan membatasi peserta untuk hanya bisa mendapatkan manfaat asuransi tergantung jenis klaimnya. Meskipun dalam asuransi, ada limit tahunan, hal ini tidak serta-merta menanggung biaya kesehatan tertanggung.

Sebagai gambaran, peserta asuransi mengambil asuransi dengan batasan satu tahun sebesar Rp220 juta dan inner limit (mencakup biaya dokter, obat-obatan, biaya rawat, dsb) sebesar Rp10 juta. Andaikan biaya dokter, obat-obatan, dan biaya rawat mencapai Rp27 juta, klaim asuransi yang didapat hanya Rp10 juta meskipun batasan satu tahunnya Rp220 juta. Kekurangannya ditanggung peserta asuransi.

Daripada menggunakan asuransi yang ada inner limit, lebih baik membeli yang menggunakan sistem sesuai tagihan (as charged). Dalam sistem as charged, penggantian sejumlah tagihan klaim asuransi akan dibayarkan penuh perusahaan asuransi (selama limit tahunan masih tersedia).

Hal ini tentu akan jauh lebih menguntungkan bagi Anda. Di dalam as charged, Anda akan dimungkinkan untuk melakukan klaim yang besar sekalipun selama jumlah tersebut masih berada di bawah limit tahunan Anda.

6. Tidak Perlu Gunakan Asuransi Seumur Hidup

  Asuransi Seumur Hidup

Ingin Premi Murah, Jangan Gunakan Asuransi Seumur Hidup via investigatormarketing.com

Produk asuransi seumur hidup mengenakan sejumlah premi yang besar. Dalam asuransi ini, Anda akan diwajibkan untuk membayar premi yang meningkat seiring dengan peningkatan usia Anda selaku pemegang polis. Hal ini tentu bisa dimaklumi, mengingat risiko yang ditanggung perusahaan asuransi juga akan semakin besar pula seiring dengan pertambahan usia Anda.

Pada usia senja, sebenarnya perlindungan asuransi mungkin saja sudah tidak begitu dibutuhkan. Pada usia tersebut, anak-anak Anda pasti telah dewasa dan mandiri serta tidak tergantung pada Anda lagi secara finansial. Karena itu, perlindungan asuransi tidak akan maksimal lagi. Sebab mereka sudah mandiri secara finansial.

7. Memanfaatkan Sistem Pengembalian Uang Tagihan Produk Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan memiliki dua cara untuk mengembalikan biaya rawat inap saat proses klaim, yaitu inner limit dan sesuai tagihan. Berikut ini penjelasannya:

  • Inner limit yaitu di mana batas maksimum yang akan ditentukan oleh pihak penanggung
  • Sesuai limit, yaitu pihak penanggung akan mengganti berapa pun biaya tagihannya selama limit tahunan masih tersedia

Manfaatkan kedua cara ini untuk mendapatkan biaya premi asuransi murah, artinya uang pengembalian tersebut bisa diakumulasikan dalam premi yang akan Anda bayarkan.

Baca Juga: Pentingnya Asuransi Kendaraan Untuk Anda

Kenali dengan Baik Sebelum Membeli

Asuransi tidak harus selalu mahal. Jika cermat dan teliti, Anda akan menemukan asuransi yang murah dengan perlindungan yang memadai. Sesuaikan kebutuhan Anda dengan jenis asuransi yang akan Anda beli.

Jangan lupa untuk melihat besaran premi yang harus dibayarkan. Pastikan diri Anda membeli asuransi yang paling tepat dengan sejumlah premi yang terjangkau sehingga fungsi dan manfaatnya maksimal.

Baca Juga: Tips Memilih Asuransi Jiwa Yang Tepat