Dari Hobi Mendaki, Muda Mudi ini Sukses Bikin Event Planner Outbound ‘Areo Indonesia’

Outbound merupakan kegiatan yang dilakukan di alam terbuka (outdoor) dengan melakukan beberapa simulasi permainan baik secara perseorangan atau kelompok. Biasanya outbound ini dirancang bagi organisasi, lembaga, perusahaan, atau sekolah-sekolah yang ingin meningkatkan atau membangun sikap kepemimpinan dan kerjasama kelompok dalam diri seseorang.

Namun, tak sedikit orang juga yang beranggapan bahwa kegiatan outbound ini sungguh membosankan karena hanya seputar permainan biasa saja.

Anggapan tersebut tentu tidak dibenarkan oleh sembilan muda mudi yang tergabung dalam sebuah event planner khusus outbound, Areo Indonesia. Secara perlahan mereka membuka pikiran masyarakat dengan menunjukan bahwa outbound bersama Areo Indonesia, tidak lagi seperti acara outbound pada umumnya. Melainkan dikemas dengan cantik, unik, lebih seru dan menarik, bahkan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Berikut hasil wawancara tim editor Cermati.com mengenai kisah sukses sekelompok muda mudi membangun event planner Areo Indonesia.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Memiliki Hobi dan Passion yang Sama

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by AREO Indonesia (@areoindonesia) on

Awalnya, muda mudi yang masih berusia sekitar 28 – 35 tahun ini terbentuk dari sebuah komunitas pendaki gunung. Yang namanya sudah masuk komunitas, artinya kegiatan tersebut sudah menjadi hobi yang tak bisa lepas dari kehidupannya.

Mereka punya hobi dan passion yang sama, yaitu sama-sama suka kegiatan outdoor seperti mendaki, travelling dan camping. Dengan kegiatan yang sering dilakukan bersama ini membuat hubungan mereka semakin erat. Bahkan, mereka juga terbiasa dalam memanage suatu kegiatan outdoor ataupun indoor.

‘Dari kesukaan hobi yang sama itulah kita sepaka mencoba membentuk suatu event planner yang diberi nama Areo Indonesia. Ya, enggak lain dari menyalurkan hobi dibidang outdoor activity itu, mulai outbound, manajemen pendakian, games team building, gathering untuk perusahaan atau keluarga,’ ujar Yama Aditnya salah satu anggota Areo Indonesia.

2. Berani Memberikan Sesuatu yang Berbeda

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by AREO Indonesia (@areoindonesia) on

Pada umumnya acara perkumpulan yang diselenggarakan suatu perusahaan dengan kegiatan yang biasa-biasa saja, seperti datang ke penginapan, games, makan malam dan lainnya. Muda mudi Areo ini menawarkan konsep yang berbeda, yaitu dengan memberikan tema atau konsep yang selalu disesuaikan dengan latar belakang dan tujuan yang ingin dicapai perusahaan. Jadi semua kegiatan yang disusun bersama tim sangat berkaitan erat dengan perusahaan.

Tak berhenti disitu saja, untuk memikat para hati klien dan mengalahkan para kompetitornya, mereka juga menyediakan photobooth di setiap acara yang diselenggarakan. ‘Semua orang enggak bisa lepas dari kegiatan berfoto baik selfie atau foto bersama dan di tambah lagi sekarang ini lagi happening banget sama photobooth yang unik-unik, maka dari itu kami memanfaatkan peluang itu agar klien-klien tertarik,’ tambah Yama.

Baca Juga: Hobi Handycraft Antarkan Yunita jadi Pebisnis Mahar Pernikahan dan Sewa Backdrop Acara

3. Kegiatan yang Dibuat Selalu ada Manfaat dan Pembelajaran

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by AREO Indonesia (@areoindonesia) on

Dengan tagline “Outdoor Activities Partner" mereka berkomitmen tinggi untuk memberikan program - program unggulan yang berkualitas dengan inovasi program yang terus dikembangkan dan deperbaharui. Mereka juga berharap seluruh program yang diberikan dapat membangun Indonesia yang lebih berkarakter. Adapun program yang ditawarkan, di antaranya Motivation Training, Fun Games, Fun Camp, Team Building, dan Fun Adventure.

Yama juga mengungkapkan bahwa kegiatan yang tim Areo berikan kepada klien-klien ini tidak hanya sebatas permainan kecil saja, disamping itu ada banyak manfaat dan aspek pembelajaran yang bisa didapatkan. Misalnya, membangun kerja sama tim yang baik, mengembangkan rasa percaya diri, sigap melaksanakan instruksi dan sebagainya.

Intinya setiap kegiatan mengandung makna yang dalam, filosofis dan pesan-pesan simbolik yang bermanfaat membangun karakter ke arah kesuksesan dalam kehidupan, baik di tingkat individu maupun tim atau kelompok.

4. Menetapkan Harga Sesuai Kualitas

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by AREO Indonesia (@areoindonesia) on

Dalam berbisnis baik dibidang produk maupun jasa ada dua hal yang perlu dipertimbangkan dengan tepat, yakni selain memberikan kualitas yang terbaik, pemilik juga harus memberikan harga yang sesuai dengan pasaran.

Areo Indonesia merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang jasa 'Outbound Training & Event Organizer' yang diorganisir oleh kesembilan muda mudi profesional yang ahli di bidangnya dan sudah memiliki pengalaman dalam menangani outbound training untuk perusahaan – perusahaan, sekolah, maupun lembaga pemerintahan.

Kegiatan yang dilakukan tentunya akan sangat efektif dan produktif dalam memberikan pelayanan yang prima dengan kesadaran dan tanggung jawab penuh, serta menghasilkan sebuah pencapaian yang optimal dalam setiap program yang diorganisir.

Dengan menjamin kualitas yang terbaik, mereka menetapkan harga yang masih sangat kompetitif dan terjangkau. Klien tidak perlu khawatir, sebab jumlah yang dikeluarkan konsumen akan sesuai dengan apa yang didapatkan nantinya.

Yama mengungkapkan, dengan harga Rp750 ribu per pax klien sudah mendapatkan penginapan 2 hari 1 perlengkapan dan peralatan outbound, trainer, makan, coffee break, snack di setiap kegiatan, barbeque, dokumentasi, photobooth dan masih banyak lagi. Biaya ini juga akan disesuaikan berdasarkan jumlah peserta yang ikut.

Baca Juga: Nurhayati Subakat Siap Bawa Wardah Masuk Jajaran 5 Besar Merek Dunia

5. Lakukan Promosi dari yang Sederhana

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by AREO Indonesia (@areoindonesia) on

Kesuksesan dalam bisnis atau usaha memang tak lepas dari kegiatan promosi. Semakin bagusnya promosi yang dilakukan, maka akan semakin cepat orang mengenal bisnis yang dijalankan.

Walau event planner yang dijalankan sekelompok muda mudi ini terbilang sudah memiliki konsep yang matang sejak awal, tapi tak membuat mereka langsung mengambil keputusan untuk gencar melakukan promosi dengan berbagai cara.

Sejak awal promosi dilakukan sangat sederhana, yaitu hanya dari teman ke teman, buat event antara komunitas, kemudian barulah mulai masuk ke penawaran dan pemasaran melalui Instagram. Cara ini dipilihnya agar mereka bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk terus mempelajari sistem event planner yang baik dan benar sehingga mereka bisa terus memberikan pelayanan yang terbaik untuk klien.

6. Tidak Bermodalkan Uang

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by AREO Indonesia (@areoindonesia) on

Dalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis, modal berupa uang bukan selalu menjadi hal utama yang harus disiapkan, contohnya event planner yang dibentuk muda mudi ini. Untuk mendapatkan klien pertamanya, mereka hanya bermodalkan tenaga, kreativitas dan waktu. Kemudian, setelah mendapatkan klien, barulah mereka mendapatkan uang DP (down payment) yang disetorkan klien untuk dialokasikan ke beberapa bagian kebutuhan event outbound.

Jadikan Hobi sebagai Peluang Bisnis

Selain sebagai penghilang stres, hobi juga bisa dijadikan sebagai peluang bisnis untuk mendatangkan keuntungan banyak. Ini tentu bisa didapatkan oleh siapapun asalkan hobi dilakukan dengan maksimal, terus mengasah kreativitas dan ada kemauan tinggi berlajar mengembangkan bisnis.

Jika Anda bergabung di suatu komunitas hobi, tak ada salahnya ajak teman untuk berbisnis. Namun menjalankan sebuah usaha atau bisnis bersama teman memang susah-susah gampang. Sebab, masing-masing orang pastinya memiliki kesibukan yang tidak bisa diganggu gugat. Ini bukanlah sebuah halangan yang berat, asalkan memiliki komitmen yang kuat antar sesama rekan bisnis. Ingatlah, bisnis yang dibangun bersama pasti dibutuhkan kerja sama yang kuat untuk menuju kesuksesan.

Baca Juga: Cara Mulai Usaha Hijab dari Nol