Dari Seksi Jadi Syar’i, Ini Perjalanan Hidup Kartika Putri Menuju Hijrah

Muncul dengan dialek ngapak membuat nama Kartika Putri cepat dikenal oleh publik. Apalagi, dengan paras cantik, wanita yang sering disapa Kartika ini semakin sering menghiasi layar kaca. Namun, tidak lagi untuk satu tahun belakangan ini, dirinya sudah jarang nampak di televisi.
Rupanya hal itu dikarenakan dirinya sudah hijrah mengenakan hijab dan busana muslim syar’i dan menikah dengan seorang ustadz yang bernama Habib Usman Bin Yahya. Walau begitu, tetap saja, ciri khasnya akan ngapaknya masih dikenal publik.

Yuk kita ingat kembali sosok Kartika saat masih eksis di dunia hiburan dan setelah berhijrah. Berikut ulasannya yang telah dirangkum Cermati.com dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Berawal dari Kirim Foto, Karier Meroket

View this post on Instagram

A post shared by Kartika Putri (@kartikaputriworld) on

Kesuksesan wanita yang lahir pada 20 Januari 1991 di dunia hiburan tanah air ini rupanya membutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Ketertarikannya untuk terjun ke industri hiburan sebenarnya sudah muncul sejak dirinya berusia belasan tahun, tapi baru mencoba peruntungannya di 2006.

Saat itu, ia tertarik untuk mengikuti ajang kontes kecantikan. Syarat untuk bisa ikut pun mudah. Cukup dengan mengirimkan sebuah foto diri. Sayangnya, karena terlalu lama berpikir kesempatan itu hilang begitu saja. Tidak ingin rugi karena sudah terlanjur foto di studio, Kartika pun mencoba cara lain, yaitu mengirimkan foto dirinya ke sebuah rumah produksi. Rupanya gayung bersambut, Kartika langsung mendapat kesempatan main menjadi pemeran pembantu utama dalam sinetron Pengen Jadi Bintang pada 2006.

Memang tidak memiliki latar belakang akting, tapi Kartika terus mempelajari seni peran secara otodidak. Willy Dozan yang kebetulan sahabat sang ayahlah yang kemudian menjadi mentornya. Dua tahun menekuni sinetron, akhirnya Kartika ikut terlibat dalam film Ada Kamu, Aku Ada pada 2008.

Kariernya mulai naik, wajahnya jadi sering muncul di televisi setelah dirinya menjadi pemandu kuis Rejeki Malam dan presenter bola pada 2011. Setahun kemudian, dia mendapat tawaran untuk menjadi co-host menggantikan Magdalena dalam program TV Kakek-Kakek Narsis (2012).

Dalam reality show tersebut, Kartika menjadi sosok pengasuh kakek yang seksi. Rupanya image seksi itu kemudian melekat pada kehidupan sehari-hari Kartika. Penampilannya jadi sering terlihat seksi dengan pakaian terbuka. Namun dari acara tersebut juga, Kartika mulai mendapat banyak tawaran untuk bermain film, sinetron dan presenter, berikut daftarnya:

Daftar film yang sudah dibintanginya: Nenek Gayung (2012), Mama Minta Pulsa (2012), Tali Pocong Perawan 2 (2012), Perempuan di Rumah Angker (2012), 308 (2013), Komedi Moderen Gokil (2015), Komedi Gokil 2 (2015), My Stupid Boyfriend (2017), The Secret: Suster Ngesot Urban Legend (2018).

Daftar Sinetron: Bawang Putih Bawang Merah (2007), Super Dede 2: Ramadhan (2016), Dunia Terbalik (2017), Angry Boss (2017) dan Suketi (2017).

Daftar Presenter: Inbox (2012), Digital Clip (2012), Pesbukers (2012), Dahsyat (2012), Hot Spot (2013), Sebelas Duabelas (2015), Duo Pedang (2015), D’Klinik Show (2015-2016), Everybody Superstar (2016), D Academy Celebrity (2016) dan Seleb.kom (2018).

Dulu Dikenal Seksi dengan Logat Tegal

View this post on Instagram

A post shared by Kartika Putri (@kartikaputriworld) on

Kartika Putri dikenal di layar kaca sebagai sosok yang cantik dan seksi. Selain itu, ciri khas lain yang juga melekat pada artis kelahiran palembang ini adalah logat Tegal yang begitu kental. Lalu dari manakah Kartika mempelajari bahasa Tegal?

Rupanya hal itu di dapat dari salah satu asisten rumah tangganya. Perempuan yang telah mengasuhnya sejak kecil itu memiliki logat Tegal yang medok sekali. Sering mendengar logat tersebut dalam kehidupan sehari-hari, Kartika akhirnya bisa menirukannya. Hal itu dikarenakan dirinya senang meledek sang asisten dengan Logat tersebut.

Siapa sangka karena kebiasaannya itu justru menjadi ciri khas ketika dirinya berkarir di dunia hiburan. Hal itu bermula saat Kartika mendapat peran sebagai bintang tamu di Segar Segar dan beradu dengan komedian Cagur, dan saat itu diminta untuk menggunakan logat Jawa. Aksennya yang tampak natural akhirnya membuat dirinya justru sering mendapat tawaran tampil dengan logat yang berasal dari Jawa Tengah tersebut.

Baca Juga: ‘Alamat Palsu’ Jadikan Ayu Ting Ting Artis Sukses, Ini Kisah Perjalanannya

Memilih Hijrah dan Jarang Tampil di Layar Kaca

View this post on Instagram

A post shared by Kartika Putri (@kartikaputriworld) on

Pada Februari 2018, Kartika mengejutkan dunia hiburan karena mengunggah foto dirinya berhijab di Instagram. Tidak hanya memajang fotonya yang telah menutup aurat, wanita cantik yang sering juga mendapat tawaran sebagai model ini juga menghapus foto-foto seksi dirinya di Instagram.

Dalam unggahannya kala itu, istri Ustadz Usman bin Yahya itu juga meminta kepada penggemarnya untuk menghapus fotonya yang belum menutup aurat. Keputusan ini pun mendapat banyak dukungan dari warganet. Lantas apa yang membuat artis 28 tahun ini memilih untuk berhijrah?

Hal ini bukan datang secara mendadak, melainkan niatan menutup aurat sudah tercetus semenjak dirinya masih duduk dibangku SMP. Namun, baru kali ini dia memberanikan diri untuk melangkah. Hanya dalam waktu kurang dari seminggu sejak dia mengungkapkan keinginannya itu ke sang mama, Kartika resmi mengenakan hijab. Tentu saja ini membuat orang-orang di sekitarnya terkejut.
Dia sama sekali tidak ragu saat memutuskan untuk mengenakan hijab. Segala risiko juga sudah siap dia tanggung. Termasuk jika dia harus kehilangan pekerjaan karena keputusannya itu. Tetapi rupanya itu tidak terjadi. Semua tetap berjalan dengan baik.

Memang keputusannya berhijab secara mendadak ini juga membuat banyak komentar bermunculan. Sebagian mengkhawatirkan jika ini hanya sekadar keinginan sesaat. Jadi akan ada buka tutup hijab seperti yang dilakukan oleh beberapa artis lain. Meski begitu, Kartika tetap mantap dengan keinginannya. Dia sama sekali tidak merasa berat. Apalagi prosesnya untuk berhijrah terbilang diberi jalan mulus. Dia pun terus berdoa jika hijrahnya kali ini akan berlangsung sampai nyawanya diambil Sang Pencipta.

Baca Juga: Nikita Mirzani Bangun Rumah Mewah, Cek 5 Sumber Kekayaannya

Sumber Penghasilan Kartika Pasca Berhijrah

View this post on Instagram

A post shared by Kartika Putri (@kartikaputriworld) on

Setelah berhijrah memang membuat ia jadi jarang muncul di TV, tapi banyak sumber penghasilan lain yang berdatangan. Sejak akhir 2017, Kartika sudah mulai menjajal bisnis sabun kecantikan. Berbahan dasar kefir, Kartika pun memasarkan produk sabun wajah. Dia rela melakukan persiapan lama agar tidak mengalami kerugian. Ia juga bekerjasama dengan salah satu brand Korea, Kartika juga menjual masker wajah.

Selain bisnis kecantikan, Kartika juga turut terjun di bisnis pakaian. Tetapi untuk bisnis ini, dia memilih bekerja sama dengan beberapa sahabatnya seperti Jessica Iskandar, Baim Wong, Denny Cagur, dan Ruben Onsu.

Tak ketinggalan, Kartika juga kebanjiran job endorsement di Instagram. Produknya beragam, mulai dari busana muslim, kuliner oleh-oleh dari tanah suci serta perlengkapan ibadah. Belum lama ini juga, ia kembali lagi dapat tawaran modeling, yaitu memperagakan busana muslim dari para desainer di Indonesia.

Memulai Perubahan Positif dengan Segera

Berubah menjadi lebih baik memang bukan sesuatu yang mudah. Tetapi jika memiliki keyakinan kuat dan keteguhan hati, semua pasti akan diberikan jalan. Untuk menempuh jalur kesuksesan, kamu perlu mengubah kebiasaan-kebiasaan burukmu menjadi positif sesegera mungkin. Mulailah perubahan ke arah yang lebih positif dari hal-hal kecil agar menjadi kebiasaan.

Baca Juga: Lucinta Luna Makin Tajir, Ini Koleksi Barang Mahal Miliknya