Daripada Jajan Kopi, Mending Milenial Beli Rumah Lewat KPR BTN Gaeesss

Generasi Y atau yang disebut dengan milenial identik lebih senang jalan-jalan, doyan membeli gadget terbaru, dan jajan kopi. Di usia produktifnya, generasi milenial seharusnya mulai berpikir menginvestasikan uang mereka, seperti membeli rumah. Kebutuhan hunian terpenuhi, masa depan pun terjamin.

Gaya hidup kaum milenial sering dicap boros, bahkan disebut salah kaprah. Tak heran mereka sulit mengatur atau mengelola keuangan. Akibatnya prioritas anak muda berusia 18-35 tahun ini hanya liburan dan ganti ponsel yang lebih keren, sedangkan memiliki rumah bukanlah prioritas utama mereka.

Kalau begini terus, bagaimana dengan masa depan mereka? Berdasarkan sejumlah riset, sebesar 83% generasi milenial dengan rata-rata penghasilan Rp7,5 juta per bulan tidak akan bisa memiliki rumah di Jakarta sampai kapanpun. Sementara 17% sisanya hanya mampu membeli rumah bekas seharga Rp300 juta saja.

“Milenial Indonesia lebih suka jalan-jalan dan ngopi, padahal ada kebutuhan rumah yang bisa jadi investasi,” kata Direktur Consumer Banking Bank BTN, Budi Satria saat acara Launching KPR Gaeesss di Jakarta, beberapa waktu lalu.  

Kalau ditanya milenial enggan membeli rumah, biasalah banyak alasan. Mulai dari harga hunian yang mahal, belum punya uang muka (Down Payment/DP), bunga kredit naik terus, sampai belum ingin menetap terlalu lama di satu daerah, dan lainnya. 

Padahal investasi rumah ada untungnya. Selain bisa memiliki rumah, harga properti atau hunian terus meningkat setiap tahun. Ketika kenaikan gaji hanya 10% per tahun, harga rumah justru melambung 20%. Jadi kalau terus menunda investasi atau membeli rumah, harganya semakin mahal.

Baca Juga: Ingin Punya Rumah? Yuk Manfaatkan KPR Tanpa DP

Anda Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

KPR Khusus Milenial

KPR Khusus Milenial
KPR Khusus Milenial via btnproperti.co.id

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau Bank BTN melihat ada ceruk pasar besar dengan sasaran generasi milenial. Bank pelat merah ini meluncurkan produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Gaeesss yang diracik sesuai kebutuhan dan karakter milenial. Mereka bisa mendapatkan rumah murah, baik rumah tapak maupun apartemen (Kredit Pemilikan Apartemen/KPA) secara cepat, mudah, dan terjangkau.

Apa sih kelebihan dari produk KPR atau KPA khusus milenial ini?

1. Suku bunga kredit ringan 8,25% per tahun (tetap) selama 2 tahun. Selebihnya mengikuti bunga pasar atau floating

2. Tidak ada batasan plafon kredit, artinya sesuai dengan permohonan KPR atau KPA si debitur

3. Lokasi rumah sesuai dengan keinginan debitur

4. Uang muka atau DP 1%

5. Tenor atau jatuh tempo kredit panjang 30 tahun untuk KPR, dan KPA 20 tahun

6. Cicilan akan disesuaikan dengan kemampuan debitur

7. Diskon biaya administrasi dan provisi masing-masing 50%

8. Biaya proses dapat dimasukkan dalam plafon kredit

9. Tidak diperlukannya dana mengendap

10. Bebas membayar utang pokok hingga 2 tahun, jadi hanya membayar bunga saja. Utang pokok dapat dibayarkan pada tahun ke-3

“Jangka waktu benar-benar panjang sampai 30 tahun, jadi angsuran ringan. Maksimal plafon kredit, lokasi rumah terserah nasabah saja, bebas. Cicilan pun nantinya akan disesuaikan dengan kemampuan mereka,” ujar Dicky Irawan dari Divisi NSLD BTN Kantor Pusat kepada Cermati.com.

  • Nah daripada jajan kopi setiap hari Rp50 ribu x 30 hari = Rp1,5 juta per bulan, lebih baik uangnya dipakai untuk menabung DP atau cicil rumah. Karena kalau kamu beli rumah dari KPR BTN ini seharga Rp500 juta, DP 1%, maka uang yang harus kamu siapkan hanya sebesar Rp5 juta. Ringan kan?
  • Dari simulasi pengajuan KPR Konvensional Bank BTN, contoh kamu membeli rumah seharga Rp500 juta, tenor 30 tahun (360 bulan) dengan bunga 8,25% per tahun (fixed) selama 2 tahun, dan sisanya bunga 12,5%, maka cicilan per bulan selama 2 tahun (24 bulan) sekitar Rp3,66 juta dan bulan-bulan berikutnya sekitar Rp5,26 juta.

Baca Juga: Tujuh Keuntungan Membeli Rumah Dengan Sistem KPR

Syarat Mengajukan KPR Gaeesss

Syarat Mengajukan KPR Gaeesss
Syarat Mengajukan KPR Gaeesss

Namanya milenial enggak mau ribet, serba praktis, dan cepat. Oleh karena itu, pengajuan KPR Gaeesss ini melalui online. BTN menjanjikan debitur bisa dengan cepat mendapatkan persetujuan izin prinsip KPR maupun KPA.

Adapun syarat milenial membeli rumah impian melalui KPR BTN Gaeesss, antara lain:

1. Calon debitur berusia mulai dari 21-30 tahun

2. Memiliki penghasilan tetap

3. Minimal sudah bekerja 1 tahun di perusahaan yang sama

4. Wajib menggunakan aplikasi online btnproperti.co.id.

“Tidak ada syarat pekerjaannya apa, gajinya berapa, bebas. Nanti kami akan lihat sesuai kemampuan,” Dicky mengungkapkan.

Untuk mengajukan pendaftaran: 

  • Masuk ke aplikasi btnproperti.co.id. Setelah itu, kamu bisa langsung klik pengajuan online dan mengisi formulir
  • Kemudian, calon debitur akan dihubungi pihak BTN Kantor Pusat untuk tahap berikutnya.

Komitmen Menabung untuk Membeli Rumah

Menabung untuk Membeli Rumah
Menabung untuk Membeli Rumah

Selebgram sekaligus Entrepreneur, Rizqa Zania Al Farisi mengaku sudah tenang setelah memiliki aset rumah, mobil, dan berinvestasi emas. Wanita yang lebih dikenal dengan nama panggung Kaka Al Farisi ini malah berencana membeli rumah lagi untuk investasi.

“Rumah sudah punya, tapi mau beli lagi. Dengan KPR, kenapa tidak? Asal bunga cicilan ringan dan enggak ribet,” ujarnya saat berbincang dengan Cermati.com.

Beruntung, Kaka tipe milenial yang sangat suka menabung maupun investasi. Namun demikian, bukan berarti Wanita berhijab asal Aceh ini mengorbankan masa mudanya. Buktinya meski harus menyisihkan uang untuk investasi, dia masih bisa belanja barang yang diinginkan dan traveling ke manapun. Inilah pentingnya mengatur keuangan sehingga antara pemasukan dan pengeluaran tetap seimbang.

“Sebenarnya aku termasuk orang yang konsumtif, belanja dan traveling. Tapi setiap bulan aku selalu menyisihkan untuk menabung. Itu tidak aku ganggu gugat. Mumpung masih muda, ya kan,” tutur Kaka yang juga merupakan karyawan Bank BTN itu.  

Berikut tips mengatur keuangan agar bisa membeli rumah:

1. Sisihkan minimal 20% dari penghasilan untuk tabungan atau investasi

2. Komitmen menabung dan jangan pernah diganggu gugat untuk kebutuhan lain

3. Jika gaji pas-pasan, tidak ada usaha sampingan, kamu harus hidup hemat atau belanja sesuai kebutuhan

4. Lunasi semua utang, agar proses menabung jauh lebih mudah dan meringankan beban keuangan.

Mulai Dari Sekarang Demi Masa Depan Lebih Baik

Hai milenial, mau nunggu apalagi? Sampai usia matang dan menikah baru berpikir untuk mempunyai rumah? Ketika itu, harga rumah pasti sudah melambung tinggi, hingga akhirnya kamu hanya akan menjadi orang yang selamanya mengontrak alias numpang. Hasil kerja keras banting tulang di usia muda hilang tanpa bekas.

Segera bergerak, rencanakan dengan matang untuk membeli rumah. Jika umurmu saat ini 30 tahun, mengambil KPR tenor 30 tahun, maka ada kewajiban melunasi angsuran hingga menginjak usia 60 tahun. Tak apa, lebih baik memulai dari sekarang kan daripada tidak sama sekali. Setidaknya kamu sudah memiliki aset rumah untuk tempat tinggal, sekaligus investasi jangka panjang.

Baca Juga: Beli Rumah dengan KPR, Ini Langkah-Langkahnya