Dear Ladies, Sering Nyeri Haid? Coba Perhatikan Asupan Ini

Hampir semua wanita tentunya sering mengalami nafsu makan yang berlebihan ketika menjelang haid atau selama haid berlangsung. Misalnya saja, “tadi udah makan, tapi masih mau makan lagi, deh” atau dalam sekali makan langsung dalam porsi yang besar dan sebagainya.

Hal tersebut memanglah sangat wajar, karena tubuh wanita yang sedang haid atau menstruasi akan mengalami perubahan homon progesterone yang meningkat sehingga dapat mendorong nafsu makan lebih tinggi dari biasanya.

Sayangnya, hingga sekarang ini kebanyakan wanita tidak memperhatikan asupan makanan atau minuman yang dikonsumsi. Yang terpenting baginya adalah nafsu makan bisa terpenuhi. Padahal bila ini dibiarkan begitu saja, tidak baik untuk kesehatan dan bisa menambah efek nyeri haid yang berlebihan atau bahkan justru timbul penyakit lain.

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan kesehatan tetap terjaga dengan baik saat haid, simak ulasan berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber mengenai asupan makanan dan minuman yang baik dan dilarang saat haid.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Asupan yang Baik Dikonsumsi saat Haid

makanan bergizi
Asupan Bergizi

Siklus haid membuat kebutuhan gizi dan nutrisi dapat berubah-ubah. Untuk itu, saat haid berlangsung sangat penting bagi setiap wanita untuk memperhatikan asupan yang bagus untuk kesehatan. Berikut daftar makanan dan minuman yang bisa jadi pilikan untuk dikonsumsi saat tamu bulan datang, di antaranya:

1. Sayur Hijau

Sayur yang berwarna hijau bagus dikonsumsi selama haid berlangsung karena kandungan zat besi yang terdapat pada sayuran tersebut sangat diperlukan oleh tubuh. Biasanya sayuran hijau yang dikonsumsi ini seperti bayam, brokoli, bok choy, kale dan masih banyak lagi.

Bagi yang enggak begitu suka dengan sayuran, kamu bisa mengolah sayuran hijau tersebut dengan kreativitas memasak agar menjadi lebih menarik untuk disantap. Namun, pada sayuran hijau ini juga jangan dikonsumsi secara berlebihan karena dikhawatirkan akan menimbulkan kembung pada perut.

2. Ikan

Selain bagus untuk perkembangan otak karena mengandung omega 3 yang tinggi, nyatanya mengonsumsi ikan saat haid juga bagus untuk tubuh, yaitu bisa merelaksasikan otot-otot dalam tubuh karena ikan juga mengandung asam lemak yang banyak. Jenis ikan yang baik dikonsumsi adalah salmon dan tuna.

3. Daging

Tak hanya sayur saja, tapi daging juga mengandung zat besi. Dengan mengosumsi daging merah, ayam, bebek atau ungags lainnya saat haid akan membantu meningkatkan energi. Selain itu juga membuat aliran haid menjadi lancar. Namun, saat memakan daging tak boleh sembarang, pastikan daging yang dimakan adalah daging tanpa lemak.

4. Kacang-kacangan

Mitosnya dengan makan kacang-kacangan saat haid hanya akan membuat wajah menjadi berjerawat. Padahal sangat bagus untuk mengembalikan keseimbangan nutrisi tubuh karena kandungan zat besi yang tinggi. Kacang-kacangan ini tak hanya kacang tanah yang digoreng saja, tapi bisa berupa kacang mete, kacang bogor, walnut, biji kuaci, wijen dan lainnya.

5. Buah-Buahan

Tak bisa dimungkiri, setiap haid pastinya sering mengalami kram pada perut. Untuk mengurangi kram tersebut, maka perbanyaklah makan buah-buahan. Selain itu, buah-buah yang kaya akan vitamin ini juga akan membuat aliran darah semakin lancar ketika haid.

Nah, buah yang dianjurkan ialah plum, semangka, pisang, stroberi, blackberry, blueberry, raspberry, papaya, dan apel. Banyak cara yang bisa kamu pilih untuk mengonsumsi buah-buahan tersebut, bisa dimakan langsung, atau di jus.

6. Camilan Rendah Garam

Siapa bilang enggak boleh nyemil? Selama kamu haid tidak ada larangan untuk nyemil asalkan camilan yang kamu makan harus rendah garam. Carilah camilan bisa berupa biskuit atau lainnya yang mengandung rendah garam. Jika perlu buat camilan sendiri agar kadar garam bisa kamu atur, misalnya saja kentang goreng atau popcorn tanpa garam dan sebagainya.

7. Air Putih

Bagi wanita yang sedang haid biasanya sering kali terlihat lebih lesu atau mengalami dehidrasi karena selama masa haid, tubuh wanita akan kehilangan banyak cairan dalam tubuh. Untuk menghindari hal itu, maka sangat diperlukan konsumsi air putih yang cukup atau bahkan lebih.

Biasanya hanya hanya 1,5 – 2 liter sehari, maka tingkat menjadi 3-4 liter. Cara pembagiannya cukup mudah, yaitu minum setelah bangun tidur, sebelum mandi, setengah jam sebelum makan, saat istirahat, sebelum berolahraga, dan sebelum tidur.

8. Wedang Jahe

Hangatnya pada air wedang jahe akan membuat tubuh menjadi lebih hangat. Selain itu, jahe juga memberikan manfaat lain bagi tubuh berupa pengaturan hormone dan enzim berkat karena adanya kandungan fitonutriennya yang tinggi. Dengan begitu, dapat melancarkan peredaran darah, anti peradangan dan bisa juga mengurangi nyeri haid.

9. Minuman Rempah

Selain jahe, ada minuman lainnya yang dapat melancarkan haid, yaitu minuman rempah berupa teh rempah, bandrek, sekoteng, ronde, campuran jahe, ketumbar dan daun teh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan fitonutrien dan antioksidan yang tinggi dan bagus untuk kesehatan.

10. Air Kunyit

Memang benar, dengan meminum air kunyit saat haid, rasa nyeri di perut akan berangsur menghilang dan haid juga menjadi lancar. Tapi ada khasiat lainnya yang perlu diketahui bahwa kunyit mengandung zat antiseptic atau antibakteri alami yang mampu melindungi tubuh dari bakteri jahat yang bisa memicu jadi penyakit.

Baca Juga: 7 Cara Tepat Mengatasi Nyeri Haid Bagi Wanita Pekerja

Asupan yang Dilarang Dikonsumsi saat Haid

junk food
Asupan yang dilarang dikonsumsi

Memang benar, terkadang makanan atau minuman yang enak dan lezat justru tidak baik untuk kesehatan bila dikonsumsi berlebihan, apalagi ketika sedang haid, seperti makanan dan minuman berikut ini:

1. Mengandung Kadar Gula Tinggi

Disaat emosi menyerang karena haid, ada makanan manis sebagai peredanya. Ya, tak jarang bila wanita sedang haid sering kali ditemani coklat ditangannya atau camilan manis lainnya. Boleh saja, asalkan tidak terlalu banyak, karena makanan yang terlalu manis hanya akan membuat kadar gula darah dalam tubuh menjadi meningkat.

2. Gorengan

Rasanya yang gurih dan kranci ketika dimakan membuat orang tak bisa jauh dari ragam jajanan gorengan. Bagi kamu yang sedang haid, sebaiknya meliburkan diri dulu untuk tidak memakan gorengan, sebab kandungan minyak yang berlebih hanya dapat meningkatkan kadar estrogen yang membuat perut menjadi kram dan timbul rasa nyeri pada rahim.

3. Kopi

Sekarang ini kopi tak hanya disukai oleh pria saja, tapi wanita juga banyak yang menyukainya. Apalagi banyak kopi kekinian yang rasanya menguggah selera. Tapi ketika kamu sedang haid, jangan minum kopi dulu karena kandungan kafein yang terdapat pada kopi tersbeut bisa menyebabkan sirkulasi darah menjadi terganggung.

4. Susu

Mengonsumsi susu secara rutin memang sangat bagus untuk kesehatan, tapi bila dikonsumsi saat haid hanya akan mengganggu siklus haid. Selain itu, susu juga akan membuat haid menjadi nyeri, kram perut, kembung dan diare.

5. Junk Food

Junk food atau makanan cepat saji menjadi ide yang pertama kali muncul ketika sedang malas makan saat haid. Dalam sehari-hari saja tidak dianjurkan untuk sering mengonsumsi junkfood, apalagi saat haid. Jika ini tidak dihentikan, maka hanya akan membuat haid tidak lancar.

6. Minuman Bersoda

Ada yang bilang dengan meminum minuman bersoda bisa melancarkan haid. Hal ini tidaklah benar, minuman bersoda hanya akan membuat perut menjadi kembung, dan menimbulkan rasa nyeri yang berlebih. Untuk itu, berhentilah minum soda saat haid dan kurangi juga minuman bersoda di lain harinya karena hanya akan merusak ginjal.

Baca Juga: 9 Makanan yang Bagus untuk Pertumbuhan Otak Anak

Perhatikan Asupan yang Sehat dan Bergizi untuk Kesehatan

Jika asupan tidak diperhatikan, maka berjalannya waktu bisa saja timbul sebuah penyakit. Jika sudah sakit, pastinya harus menyiapkan biaya pengobatan yang jumlahnya tidak sedikit. Inilah yang membuat betapa pentingnya menjaga kesehatan. Jangan hanya mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi saat haid saja, tapi juga terapkan setiap hari.

Selain itu, pastikan juga pilihlah bahan makanan yang memiliki kualitas bagus bila kamu kamumembeli bahan makanannya di pasar seperti sayur, ikan, daging, buah dan lainnya. Jangan sungkan untuk menanyakan kepada penjual mengenai hal ini, yang terpenting kesehatan tubuh tetap terjaga.

Baca Juga: 7 Makanan yang Bisa Cepat Sembuhkan Luka