Dear Pengantin Baru, ini 5 Keuntungan Membeli Rumah Minimalis

Rumah hunian tidak melulu harus yang besar, mewah, dan megah. Meski luas rumah kecil dan terlihat sederhana atau biasa disebut minimalis, selama merasa nyaman dan aman menempati rumah tersebut tentunya tak menjadi masalah bagi pemiliknya. 

Bahkan, sekarang ini rumah minimalis semakin banyak dicari dan menjadi pilihan, terutama bagi pasangan muda yang baru menikah. Mereka beranggapan rumah dengan model minimalis ini ramah dikantong.

Bukan hanya itu saja, seperti yang dirangkum Cermati.com dari berbagai sumber, ada beberapa keuntungan lainnya yang bisa dirasakan ketika memilih untuk membeli rumah minimalis, di antaranya:

Anda Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

1. Menjadi Lebih Hemat

hemat
Menjadi lebih hemat

Jika memutuskan untuk membeli rumah yang besar, sudah pasti Anda harus mengeluarkan biaya yang besar juga. Apalagi bila rumah tersebut sudah di desain dengan mewah dan megah, maka harga yang harus dibeli tentunya akan semakin mahal pula.

Uang yang tadinya cukup untuk kebutuhan sehari-hari selama beberapa bulan harus terkuras habis demi membayar biaya rumah yang cukup mahal, tentu saja hal ini sangat merugikan pasangan pengantin baru. 

Lain halnya, bila pengantin baru membeli rumah yang minimalis. Harga yang yang tidak mahal, bisa membuat menghemat pengeluaran karena cicilan perbulannya yang sangat ringan. Dengan begitu, masih ada uang lebihannya yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan penting lainnya, seperti membeli peralatan dapur, kasur, dan peralatan rumah tangga lainnya. 

Baca Juga: Beli Rumah dengan KPR atau Tunai? Simak Dulu Perbedaannya

2. Terhindar dari Jerat Hutang

Jika Anda dan pasangan memiliki pendapatan yang cukup, sebaiknya perhitungkan dahulu saat ingin membeli rumah yang besar. Dikhawatirkan hanya akan akan memaksakan kemampuan dalam membayar cicilannya. Jika terjadi lebih besar pasak daripada tiang, pasti akan membuat Anda dan pasangan berusaha mencari pinjaman uang atau utang ke sana ke mari untuk menutupi kekurangan maupun cicilan yang besar tiap bulannya.

Namun, saat memutuskan membeli rumah yang minimal dan sesuai dengan kondisi keuangan, ada kemungkinan Anda dan pasangan bisa membayar cicilannya dengan lancar dan bisa memenuhi keperluan yang lainya tanpa harus utang. Hal ini tentunya bisa mengurangi beban pikiran Anda

3. Meminimalisir Perabotan dan Kebutuhan Beberapa Barang

perabotan
Meminimalisir perabotan dan kebutuhan beberapa barang

Saat tinggal di rumah yang kecil dan minimalis, mau tidak mau Anda dan pasangan harus pintar memilih barang atau perlengkapan hingga perlengkapan rumah tangga. Barang seperti apakah yang benar-benar dibutuhkan dan bisa ditampung di ruangan yang terbatas. 

Hal ini sangat bagus untuk menjaga keseimbangan keuangan keluarga. Dengan meminimalisir kebutuhan barang dan perabotan, pengeluaran keuangan tentunya tidak akan boros sehingga akan semakin mudah mengumpulkan uang untuk hal yang lebih penting lainnya.

Selain itu, rumah minimalis juga menuntut pemiliknya agar lebih kreatif dalam menata ruang yang ada. Ini bertujuan agar barang-barang yang ada di rumah bisa tertata rapi meski dengan ruangan yang terbatas.

4. Tidak Menguras Banyak Waktu dan Tenaga 

Setelah memiliki sebuah rumah tentunya pemilik harus rajin membersihkan dan merapikan rumah agar rumah terlihat indah dan menjadi rumah yang sehat untuk dihuni. Ada keuntungan tersendiri bagi Anda yang memiliki rumah kecil sederhana, yaitu bisa lebih menghemat waktu dan tenaga saat bersih-bersih dan merapikan setiap ruangan rumah. 

Tentu saja karena rumah yang kecil memiliki ruang yang cenderung lebih sempit dan sedikit sehingga pekerjaan akan lebih cepat selesai dan tidak menguras banyak tenaga. Coba bayangkan, jika memiliki rumah yang cukup besar, Anda pasti akan merasa lelah meski hanya sekadar menyapu lantainya saja. Belum lagi harus membersihkan kaca dan juga mengepel lantai.

Baca Juga: Harga Rumah Subsidi Bakal Naik, Ini Solusi Kumpulkan Uang untuk Beli Rumah

5. Akan Lebih Mengutamakan Kualitas Rumah

Rumah dengan desain yang minimalis biasanya akan lebih terjaga kualitasnya karena fokus pikiran tidak terpecah belah. Misalnya saja memilih cat yang berkualitas agar lebih tahan lama. Bahkan dengan prabotan yang sedikit bisa dengan mudah mengganti beberapa interior maupun eksterior ruangan kalau memang membutuhkan suasana yang baru.

Intinya, memiliki sebuah hunian yang sederhana dan kecil, tentu akan jauh lebih mudah untuk bisa mengoptimalkan semua kebutuhan yang diperlukan. Selain itu, cara perawatan akan lebih mudah dan biayanya pun menjadi lebih murah.

Pilih Rumah Minimalis sesuai Kebutuhan

Sekarang ini banyak ragam yang ditawarkan para pengembang properti mengenai rumah minimalis. Ragamnya ini bisa dilihat dari model, luas bangunan, fasilitas yang mendukung dan sebagainya sedangkan menyoal harga tentunya menyesuaikan. Untuk itu pilihlah hunian minimalis yang sesuai dengan kebutuhan. Lakukan survei ke beberapa lokasi terlebih dahulu, agar tidak menyesal dikemudian hari karena kondisi rumah yang kurang baik. Agar cicilan rumah lebih terjangkau, manfaatkan juga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari setiap bank.

Baca Juga: Beli Rumah dengan KPR, Ini Langkah-Langkahnya