Dekorasi Kamar Tidur? Berikut 10 Cara Membuat Desain Kreatifnya Tanpa Bikin Dompet Jebol

Kamar tidur adalah sebuah ruangan yang wajib dimiliki pada sebuah hunian. Pasalnya, ruangan tersebut memiliki fungsi penting agar penghuni rumah dapat beristirahat setelah seharian melakukan aktivitas maupun bekerja. 

Sehingga, saat menentukan denah pembangunan rumah, kamar tidur tidak boleh luput dari pertimbangan di segi lokasi dan juga luas ruangannya. Bagi kebanyakan orang, kamar tidur juga merupakan sebuah ruangan yang seringkali digunakan untuk bisa mendapatkan waktu privasi. 

Oleh karena itu, tak sedikit orang yang berusaha untuk membuat desain dekorasi kamar tidur yang unik dan sesuai dengan keinginan. Bahkan, sebagian orang rela merogoh kocek yang cukup dalam agar memiliki dekorasi kamar tidur yang sesuai dengan keinginan.

Memiliki kondisi kamar tidur yang nyaman dan tertata rapi nan indah adalah harapan setiap orang. Untuk itu, bagi Anda yang ingin mendapatkan suasana kamar tidur yang bisa membuat pikiran rileks dan betah berlama-lama di ruangan tersebut, tidak perlu risau.

Ada beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan pada kamar tidur rumah maupun kamar tidur kost agar suasananya sesuai dengan keinginan. 

Berikut adalah beberapa cara mendesain kamar tidur yang unik dan dapat membuat Anda betah menghabiskan banyak waktu di ruangan tersebut tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam.

Cara-Cara untuk Mendesain Kamar Tidur

1. Pahami Karakter Diri Anda dalam Menentukan Suasana Kamar Tidur

Meskipun sering dianggap sepele, suasana kamar tidur sedikit banyak akan mempengaruhi mood Anda. Terlebih lagi kamar tidur adalah ruangan yang memulai hari sejak terbangun dari tidur. Untuk itu, pastikan suasana dan dekorasi kamar tidur sesuai dengan kepribadian dan juga dapat menumbuhkan perasaan positif.

Anda dapat mendapatkan suasana ruang tidur yang disukai dengan menentukan konsep ruangan yang mendasar terlebih dahulu. Seperti warna cat tembok dan juga tempat perabotan kamar. Memilih motif kelambu atau warna lampu tidur juga memiliki peranan yang cukup penting untuk membuat mood senantiasa terjaga saat terbangun dari tidur. 

Pastikan juga bahwa warna utama dalam kamar tidur memiliki nuansa yang nyaman dan sejuk. Dalam hal ini, warna yang calm seperti warna pastel tentu menjadi pilihan yang cocok sebagai konsep dasar kamar tidur. 

Dengan begitu, Anda akan betah menghabiskan banyak waktu di kamar.

Baca Juga:  Hitung-Hitungan Biaya Membangun Rumah Minimalis

2. Cari Perlengkapan Kamar yang Murah, Tapi Tetap Memiliki Kesan Eksentrik

Dalam mendekorasi kamar tidur, perabotan yang wajib disiapkan mungkin hanyalah kasur dan lemari pakaian. Namun, keberadaan lampu tidur dan meja juga merupakan hal yang wajib disiapkan. 

Untuk itu, carilah model perangkat tersebut yang unik, tetapi tetap berada pada jangkauan dana Anda.

Perlengkapan seperti meja dan kursi memang bisa menjadi pelengkap untuk melakukan beragam aktivitas lain di kamar tidur Anda. Akan tetapi, seringkali harganya cukup mahal karena terbuat dari bahan kayu yang berat. 

Jika begitu, Anda dapat mencari ragam meja dan kursi yang terbuat dari bahan plastik. Selain lebih murah dan ringan, perabot dari bahan tersebut juga memiliki lebih banyak pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan konsep kamar tidur. Desainnya pun juga lebih beragam dan menarik.

Tak perlu perabot berukuran besar, meja dan kursi dengan desain minimalis juga dapat membuat kamar tidur seakan terlihat lebih luas. Anda pun tidak mudah merasa penat saat berada di kamar tidur. Jadi, Anda dapat menjadi lebih betah berada di kamar tidur meski sedang tidak beristirahat.

3. Pilih Cat dengan Warna Primer yang Bisa Dipadu Padankan

Dekorasi Kamar Tidur

Beberapa orang mungkin menginginkan suasana kamar tidur yang beraneka warna. Anda dapat menghemat budget dengan membeli cat dengan warna primer saja, seperti warna merah, kuning, dan biru. Siapkan juga cat warna putih untuk mencerahkan warna dasar yang dipilih.

Dengan hanya memiliki ketiga warna primer tersebut, Anda dapat memadupadankannya untuk mendapat ragam warna lain yang diinginkan. Jadi, tidak harus menghabiskan tabungan hanya untuk membeli banyak cat dengan warna yang berbeda-beda.

4. Hidupkan Suasana di Kamar Anda dengan Memasang Wallpaper

Hidupkan Suasana dengan Wallpaper

Jika menginginkan suasana yang berbeda dari kamar tidur, memasang wallpaper mungkin bisa menjadi alternatif yang bisa dipilih. 

Selain harganya yang cenderung lebih terjangkau ketimbang harus membeli cat tembok beraneka ragam warna, wallpaper juga memiliki banyak pilihan gambar dan motif yang bisa disesuaikan dengan kesukaan Anda.

Banyaknya ragam motif dan gambar yang ada pada wallpaper tentu membuat Anda menjadi lebih leluasa dalam menentukan konsep. Karena dapat desain wallpaper dapat disesuaikan dengan hal yang disukai, seperti motif bunga, kendaraan, maupun suasana langit agar kamar tidur terkesan lebih menarik.

Anda juga dapat memasang sendiri wallpaper yang telah dibeli agar pengeluaran dapat semakin ditekan. Ada banyak tutorial di internet tentang cara memasang wallpaper yang bisa dijadikan acuan. 

Dengan begitu, suasana dan dekorasi kamar tidur idaman Anda bisa didapatkan dan uang pun tetap aman tersimpan dalam dompet. 

5. Buat Kreasi Pajangan dari Bahan Bekas di Rumah

Dalam membuat hiasan di kamar tidur, Anda tidak harus membelinya di toko atau tempat yang menjual hiasan. Melainkan, mengkreasikan sendiri hiasan di kamar tidur menggunakan barang bekas sesuai dengan kreativitas yang dimiliki. 

Tentunya, selain menghemat ongkos, pajangan yang dibuat sendiri juga memberikan rasa kepuasan tersendiri bagi Anda sebagai pembuatnya.

Barang bekas seperti kardus, kain perca, dan lain sebagainya mungkin banyak bertebaran di rumah. Ketimbang membuangnya, bukankah lebih bijaksana jika mendaur ulangnya menjadi hiasan atau pajangan. 

Dengan begitu, kamar akan tampak lebih nyentrik dan menarik dengan hasil karya sendiri, tanpa harus mengeluarkan uang sedikitpun.

Baca Juga: Tips Mudah dan Ampuh Buat Kamu yang Susah Banget Bangun Pagi

6. Manfaatkan Meja Dinding di Sebelah Kasur Anda

Manfaatkan Meja Dinding

 

Sebagian orang mungkin memerlukan sebuah tempat di sebelah tempat tidur mereka untuk menempatkan barang pribadi seperti HP dan buku bacaan sebelum beristirahat. Perabot yang umum digunakan untuk hal ini adalah meja dinding berukuran kecil tanpa kaki. 

Meski bersifat minimalis, meja dinding tersebut dapat memenuhi fungsinya sebagai tempat menyimpan barang pribadi.

Jika tidak memiliki meja dinding berukuran kecil, Anda dapat memanfaatkan perabot atau barang lain yang tidak digunakan. Sekali lagi, mungkin kreasi dari bahan bekas seperti kayu atau kardus dapat berfungsi sebagai alternatif meja dinding tempat menyimpan buku atau HP.

 

7. Hiasi Spot Kosong di Kamar Tidur Dengan Bunga Dalam Ruang

Hiasi dengan Bunga

 

Kamar tidur yang terlihat luas memang dapat membantu untuk mendapatkan suasana yang nyaman dan menenangkan. Namun, kamar tidur yang terlihat terlalu kosong juga membuat ruangan tersebut terkesan membosankan. 

Untuk menyiasati hal tersebut, Anda dapat menempatkan beberapa hiasan seperti tanaman indoor. Selain dapat membuat udara di kamar tidur menjadi lebih fresh, suasananya pun menjadi lebih asri dan tidak membosankan. Alhasil Anda pun menjadi lebih betah.

8. Kreasikan Konsep Minimalis di Kamar Tidur

  Desain Kamar Minimalis

Konsep ruangan yang simpel dan sederhana tidak selalu terasa membosankan bagi penghuninya. Malahan, dekorasi kamar minimalis dapat membuat pikiran menjadi lebih gampang rileks saat sedang beristirahat.

Untuk itu, pilihan warna ruangan dengan motif perabot harus bisa diselaraskan. Pastikan bahwa motif sprei dan selimut yang digunakan sesuai dengan konsep ruangan. 

Dengan begitu, Anda tidak melihat warna yang kontras di kamar tidur, yang bisa membuat mata menjadi cepat lelah.

9. Pasang Poster Idola atau Tokoh Motivasi

Pasang Poster atau Foto Keluarga di Kamar

Poster idola atau tokoh motivasi yang dikagumi tentu dapat dijadikan pilihan yang tepat sebagai hiasan. Dengan memasang gambar public figure di kamar tidur, Anda akan memiliki semangat untuk memulai hari dengan lebih positif.

Bagi yang sudah berkeluarga, tidak ada salahnya untuk memajang foto keluarga di kamar tidur. Fungsinya sama, yakni agar semangat dalam menjalani rutinitas harian demi keluarga yang dicintai. 

10. Pastikan Kamar Tidur Memiliki Pencahayaan yang Tertata

Pencahayaan yang Terbaik

Sering luput dari pengawasan, tata pencahayaan di kamar tidur memiliki peranan penting dalam menentukan tingkat kenyamanan. Jika ruangan tersebut terlalu gelap, Anda tentu cenderung menjadi lebih mudah muram dan bermalas-malasan saat berada di kamar tidur. 

Namun, cahaya yang terlalu terang juga kurang baik karena kualitas istirahat Anda menjadi tidak maksimal.

Untuk itu, sesuaikan terang lampu di kamar tidur dengan sinar matahari yang didapatkan. Pastikan bahwa pencahayaan di ruangan tersebut tertata, baik pada saat siang hari maupun malam hari. 

Dengan begitu, kamar tidur dapat memenuhi fungsinya kapanpun dibutuhkan.

Periksa Anggaran Sebelum Mendekorasi Kamar Tidur

Kamar tidur yang nyaman dan sesuai dengan karakter penghuninya adalah impian setiap orang. Namun, agar suasana kamar tidur yang diimpikan tersebut dapat terwujud, Anda tentu harus siap untuk menggunakan sebagian dana di tabungan. 

Untuk itu, cek terlebih dulu anggaran yang dimiliki untuk mempercantik kamar tidur sembari mengaplikasikan cara kreatif yang telah dijelaskan di atas. Dengan dekorasi kamar minimalis maupun elegan yang bisa buat Anda semakin nyaman.

Baca Juga: 7 Cara Dapatkan Dana Renovasi Rumah