Dengan Tips-Tips ini, Biaya Pernikahan Tak Terasa Sebagai Beban

Memiliki keinginan untuk segera berumah tangga, Anda dan pasangan tentu akan begitu bersemangat untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Menikah akan membutuhkan sejumlah persiapan yang cukup panjang, itulah mengapa sangat penting untuk melakukan persiapan ini sejak jauh-jauh hari, sehingga memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkannya dengan matang.

Berbagai rencana mungkin saja akan menjadi pertimbangan, mengingat ini merupakan sebuah momen istimewa yang akan menjadi kenangan indah untuk Anda, pasangan, dan juga orang-orang tercinta. Di antara semua persiapan yang dilakukan, biaya akan menjadi salah satu yang paling penting untuk menjadi perhatian Anda dan pasangan. Hal ini akan menjadi sebuah komponen penting dan mempengaruhi hampir semua hal di dalam pernikahan Anda, sebab semua hal tentu akan membutuhkan sejumlah biaya, bukan?

Biaya pernikahan pada umumnya akan berjumlah besar, hal inilah yang kemudian menjadi pertimbangan banyak orang untuk selalu mempersiapkannya sejak awal. Berbagai kebutuhan untuk melaksanakan pernikahan tentu harus terpenuhi dengan baik semuanya. Meski besaran biaya ini akan sangat tergantung pada konsep dan juga kapasitas pesta yang akan digelar, namun sesederhana apapun sebuah pesta pernikahan tentu akan tetap membutuhkan perencanaan dan juga biaya yang matang.

Atur Rencana dan Biaya pernikahan dengan Cerdas

biaya pernikahan

Rencana dan Biaya Pernikahan via shutterstock.com

 

Beratnya biaya pernikahan, seringkali menjadi sebuah hambatan bagi pasangan untuk melangsungkan pernikahan impian mereka. Hal ini bahkan menjadi salah satu penyebab mengapa banyak pasangan menunda untuk menikah, tentu keputusan seperti ini sangat disayangkan. Anda dan pasangan tentu tidak ingin momen bahagia tersebut tertunda atau mengalami kendala karena minimnya biaya yang dimiliki, bukan?

Untuk mengantisipasi masalah di atas, maka mempersiapkan biaya pernikahan sejak awal adalah pilihan yang paling tepat. Bukan hanya membuat Anda merasa lebih nyaman ketika akan melangsungkan pernikahan, namun hal ini juga akan mengamankan keuangan setelah pernikahan.

Ada banyak sekali pasangan yang memulai rumah tangganya dengan sejumlah hutang yang timbul akibat pernikahan, di mana hal seperti ini bisa saja terjadi akibat kurangnya perencanaan dan juga persiapan mereka untuk menghadapi pernikahan itu sendiri. Jika sudah begini, maka keuangan akan selalu diwarnai dengan utang dan sejumlah tagihan di masa-masa awal pernikahan.

Baca Juga : Ini Tempat Beli Souvenir Pernikahan Murah Di Jakarta

Tips Mengatur Biaya untuk Pernikahan

Ketika Anda dan pasangan telah memiliki komitmen yang jelas mengenai pernikahan, maka akan sangat tepat jika mulai mempersiapkan biaya pernikahan itu sendiri, bahkan meski waktunya masih cukup lama. Hal ini akan membantu untuk bisa lebih mudah dalam melangsungkan pernikahan, di mana Anda dan pasangan tidak akan terbebani dengan masalah keuangan dan yang lainnya. Persiapkan biaya pernikahan dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini:

1. Susun Anggaran Pesta Pernikahan Sejak Awal

anggaran pesta pernikahan

Anggaran Pesta Pernikahan via shutterstock.com

 

Meskipun rencana pernikahan masih jauh, namun tidak ada salahnya mulai menyusun anggaran pernikahan tersebut. Hal ini bahkan jauh lebih tepat, mengingat sejumlah biaya yang dibutuhkan untuk menikah terbilang sangat besar. Dengan berbagai konsep dan juga gambaran perencanaan pernikahan tersebut, Anda dan pasangan sudah bisa mulai berkomunikasi mengenai pesta pernikahan seperti apa yang paling tepat dan menjadi pilihan berdua. Hal ini akan mempermudah Anda untuk menyusun anggarannya dengan tepat, meskipun belum berada pada angka-angka yang pasti.

Ruang Edukasi

Konsep pernikahan yang akan dipilih nanti, sangat berpengaruh pada jumlah biaya yang akan Anda keluarkan. Bukan hanya itu saja, jumlah undangan yang akan Anda sebar bersama dengan pasangan juga akan secara langsung mempengaruhi besaran biaya ini. Hal-hal seperti inilah yang patut dicermati dalam menyusun sebuah anggaran pernikahan yang baik, sehingga berbagai komponen biaya memang terdeteksi sejak awal, dan tidak akan menimbulkan penggelembungan biaya di saat pernikahan itu nanti.

2. Ketahui Biayanya dan Waktu untuk Mencapainya

Menjadikan biaya pernikahan sebagai target di dalam keuangan, hal ini tentu sah-sah saja untuk dilakukan. Namun untuk melakukan hal ini, maka sangat penting untuk memiliki gambaran besaran biaya yang tepat, sehingga dapat membaginya ke dalam beberapa bagian yang sesuai di dalam keuangan. Jumlah ini akan menjadi “cicilan tetap” dalam kurun waktu tertentu ke depannya, sehingga bisa memiliki disiplin dan juga komitmen yang kuat untuk mengumpulkan biaya pernikahan tersebut.

Jangan lupa untuk memperhitungkan biaya tak terduga dan juga dana darurat di dalam target keuangan yang Anda buat, sebab ini akan sangat penting untuk berjaga-jaga dan memastikan bahwa keuangan akan tetap aman setelah pernikahan digelar. Hitung dan tetapkan besaran biaya tak terduga dan juga dana darurat dengan tepat, jumlahnya dapat diambil berdasarkan persentase tertentu dari total biaya pernikahan nantinya (misalnya masing-masing 20%).

3. Tentukan Jumlah yang Tepat

jumlah yang tepat

Jumlah yang Tepat via shutterstock.com

 

Jika sudah memiliki besaran biaya pernikahan yang akan dibutuhkan bersama pasangan, maka wajib untuk menentukan bagaimana dan kapan dana tersebut akan tercapai di dalam keuangan Anda dan pasangan. Langkah paling umum yang dilakukan oleh pasangan yang akan menikah adalah dengan cara menyicilnya setiap bulan dari pendapatan / gaji yang mereka miliki. Hal ini akan jauh lebih mudah, jika dibandingkan dengan persiapan biaya pernikahan yang terburu-buru dan tidak terencana.

Tetapkan jumlah dana yang tepat dan seimbang di dalam keuangan, misalnya sebesar 20-30% dari pendapatan bulanan. Pastikan jumlah ini tidak akan mengganggu keuangan Anda dan pasangan, mengingat Anda juga tentu akan memiliki sejumlah kebutuhan lainnya yang harus ditutupi. Fokuskan keuangan Anda pada tabungan pernikahan ini, sehingga dapat mencapai tujuan tersebut dalam waktu yang tepat.

4. Tempatkan Dana Pernikahan pada Rekening Bersama

Selain mengumpulkannya, Anda dan pasangan juga perlu untuk menjaga keutuhan dana pernikahan tersebut. Jangan sampai Anda lalai dan sewaktu-waktu menggunakannya untuk berbagai kebutuhan di luar pernikahan Anda. Hal ini akan membuat usaha Anda dan pasangan menjadi sia-sia belaka.

Setelah disiplin dalam menyisihkan sebagian pendapatan, maka tempatkan dana tersebut di dalam rekening bersama Anda dan pasangan, sehingga dana tersebut tidak tercampur dengan sejumlah dana lainnya di dalam keuangan. Penggunaan rekening bersama ini juga akan menjaga keutuhan dana pernikahan, di mana Anda tidak akan sembarangan dalam menggunakannya untuk berbagai kepentingan lain di luar tujuan pengumpulan dana tersebut.

Baca Juga : Pertimbangkan Ini Sebelum Memilih Katering Pernikahan

5. Lakukan Penghematan

lakukan penghematan

Lakukan Penghematan via shutterstock.com

 

Anda dan pasangan juga sudah dapat mulai memikirkan untuk melakukan sejumlah penghematan di dalam keuangan masing-masing. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk bisa lebih mudah mencapai tujuan keuangan dalam mempersiapkan biaya pernikahan.

Tidak perlu melakukannya secara ekstrim, apalagi dengan cara mengurangi berbagai kebutuhan utama.Hal seperti ini justru akan membuat Anda dan pasangan menjadi repot dengan sejumlah masalah lainnya di dalam kebutuhan pokok.

Lakukan penghematan dengan cerdas, yakni dengan cara memangkas berbagai biaya yang bersifat fleksibel dan tidak wajib di dalam keuangan. Ada banyak komponen biaya yang dapat dipangkas, misalnya: biaya makan di luar rumah, biaya nongkrong, biaya liburan, biaya belanja pakaian, dan yang lainnya.

6. Mulai Berinvestasi

Tidak ada salahnya untuk mulai melakukan investasi di dalam keuangan Anda, atau bahkan dengan menggunakan sejumlah dana pernikahan yang telah Anda dan pasangan kumpulkan selama ini. Namun, selalu pilih instrumen investasi yang memiliki risiko rendah, sehingga biaya pernikahan tersebut bisa tetap aman dan menghasilkan sejumlah keuntungan di dalam keuangan. Ada banyak pilihan instrumen investasi yang bisa Anda pertimbangkan selain dalam bentuk tabungan, antara lain: investasi emas, deposito, dan yang lainnya.

Hitung dan Persiapkan dengan Matang

Merencanakan pernikahan, Anda dan pasangan tentu akan dihadapkan pada sejumlah biaya yang cukup besar. Agar tidak terhalang dengan masalah keuangan dan sejumlah biaya tersebut, maka akan sangat tepat jika mempersiapkannya sejak awal. Mulailah menghitung dan menyusun anggaran pernikahan dengan cermat, sehingga dapat mempersiapkannya dengan matang. Pernikahan selalu dapat dilangsungkan dengan mudah, selama hal tersebut direncanakan dengan tepat.

Baca Juga : Tips Membuat Pernikahan Hemat Biaya, Namun Tetap Menarik

Di Cermati, anda bisa temukan pilihan kartu kredit terbaik
Dapatkan Kartu Kredit Terbaik Sekarang