Deposito, Pilihan Investasi Risiko Rendah untuk Millenial

Cukup diminati, produk deposito jadi salah satu instrumen investasi yang cukup menguntungkan dengan suku bunga yang lebih besar daripada tabungan biasa. Walaupun tidak lebih menguntungkan dari pasar uang seperti reksa dana dan obligasi  dari perusahaan swasta atau pemerintah, deposito memiliki risiko yang lebih rendah.

Anda Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

Kelebihan Deposito sebagai Investasi Pilihan

deposito

Untuk kamu yang baru di dunia investasi dan ingin memiliki permulaan yang baik untuk investasi pertama kamu maka deposito adalah pilihan yang tepat. Selain suku bunga lebih tinggi dari tabungan biasa dan risiko lebih rendah dari investasi lain. Ini dia kelebihan lain dari deposito:

1. Dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan)

Tidak seperti obligasi atau saham yang nilainya mengalami kenaikan dan penurunan. Deposito merupakan salah satu sarana berinvestasi yang dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dengan beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Sejak 13 Oktober 2008, saldo yang dijamin untuk setiap nasabah pada satu bank adalah paling banyak sebesar Rp 2 Milyar.

Deposito tidak akan merubah apapun nilai uang pokok yang kamu setorkan, karena deposito layaknya menyimpan uang dalam jangka waktu tertentu dengan suku bunga lebih tinggi.

2.Kemudahan Mengakses Bunga Deposito

Meski deposito uang pada deposito tidak bisa diakses setiap saat, namun beberapa bank di Indonesia telah memberikan kemudahan akses untuk nasabahnya dalam mengambil bunga deposito atau mentransfer ke rekening yang diinginkan

Jadi, nasabah masih bisa menerima pendapatan rutin dalam bentuk pembayaran bunga pada interval waktu tertentu.

3. Dana Awal yang Ringan

Untuk kamu yang masih baru berkarir atau buka usaha dan masih memiliki pendapatan pas-pasan tapi segera ingin memiliki investasi maka deposito adalah jenis investasi yang bisa dipilih. Ada beberapa bank yang menyediakan produk deposito dengan setoran awal mulai dari Rp3 juta.

4. Bisa Dijadikan Jaminan

Tidak cuman emas dan tupperware aja yang bisa dijadikan jaminan untuk mengajukan kredit. Akun deposito kamu juga bisa. Kamu cukup melampirkan bukti kepemilikan deposito ke bank yang akan jadi tujuan pengajuan kredit.

 

5. Bunga Deposito Langsung Masuk Rekening Tabungan Pribadi

Untuk lebih mudah mengelola keuntungan deposito yang kamu investasikan, telah banyak bank yang menyediakan layanan dimana bunga deposito bisa langsung cair dan di transfer langsung rekening tabungan pribadi setiap bulan untuk memudahkan para nasabah yang ingin menggunakannya.

Baca Juga: Apa Keuntungan dan Kerugian Deposito? Ini Penjelasannya

Pilihan Produk Deposito Terbaik dengan Suku Bunga Tinggi

deposito online

Tapi dibandingkan beberapa jenis investasi uang yang lain, keuntungan suku bunga yang ditawarkan oleh deposito memang cenderung lebih rendah. Namun, tidak masalah kamu hanya perlu memilih deposito yang memiliki pilihan suku bunga terbaik. Berikut beberapa pilihan bank yang menawarkan deposito yang dengan suku bunga yang lumayan tinggi dengan kelebihan menarik lainnya:

1. BNI Deposito

Bank yang telah berdiri sejak 1946 ini menawarkan Deposito yang memiliki jangka waktu yang fleksibel dan tingkat suku bunga yang kompetitif. Pilihan jangka waktu tersedia mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan , 12  bulan atau 24 bulan

Untuk modal Rp 10 juta sebagai setoran awal pembukaan rekening, kamu bisa mendapatkan bunga hingga 5,25 % (jangka waktu 1 tahun). Sementara jika dana kurang dari Rp5 miliar, bunga maksimum yang didapat adalah sebesar 5 %.

2. Deposito Bank BTN

BTN menawarkan program deposito yang memberikan kesempatan untuk kamu yang ingin memulai investasi deposito dengan setoran awal bisa dimulai dengan minimal dana Rp1 juta.

Bunga yang ditawarkan dari BTN Deposito adalah 5 % untuk jangka waktu satu bulan hingga 5,50 % untuk penempatan dana di atas Rp 2 miliar dan selama 12 bulan

3. BTPN Jenius Maxi Saver

Jenius adalah aplikasi perbankan digital milik bank BTPN yang resmi diluncurkan pada tahun 2016. Dengan aplikasi digital ini kamu bisa memantau, mengatur dan mengelola akun deposito kamu hannnya dengan menggunakan smartphone.

Untuk membuka deposito Jenius Maxi Saver siapkan dana minimal Rp10 juta sebagai setoran awal dengan tinggi suku bunga mencapai 6% dan tanpa batas maksimal saldo deposito yang ingin dibuka.

4. Deposito Online Bank Permata

Mengikuti tren teknologi internet, Bank Permata pun sekarang menawarkan program deposito khusus berbasis online. Program deposito ini menawarkan pilihan jangka waktu yang diberikan mulai dari 3, 6, atau 12 bulan dengan suku bunga mencapai 6,5 %.

Untuk mulai membuka rekening deposito onlline bank Permata ini wajib menyiapkan minimal dana Rp10 juta sebagai setoran awal.

5. Deposito Panin Bank

Panin Bank dikenal sebagai bank yang berfokus pada produk jasa untuk konsumen dan komersial. Dengan itu Panin Bank pun menawarkan program deposito dengan bunga yang cukup tinggi dan kompetitif.

Pilihan jangka waktu mulai dari 7 hari, 14 hari, 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan. Suku bunga yang ditawarkan mulai dari 4 % (untuk jangka waktu 7 hari) hingga 6,5 % untuk jangka waktu 12 bulan dan bunga maksimum hingga 7 % jika dana yang disimpan lebih dari Rp2 miliar.

Baca Juga: Inilah Manfaat di Balik Deposito

Ajukan Deposito Online untuk Lebih Praktis

Deposito adalah produk investasi dari bank yang ramah untuk kantong para generasi Millenial baik berdasarkan karakteristik produknya yang mudah dan tidak merepotkan juga keuntungannya yang lumayan.

Jika kamu malas datang ke bank dan mengantre untuk membuat deposito, bisa ajukan saja secara online. Kamu hanya perlu membuka website bank yang menyediakan produk deposito online, penuhi persyaratannya dan pilih tenor deposito yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu.

Baca Juga: Deposito Syariah vs Konvensional, Manakah yang Menguntungkan?