Dulu Penyanyi Cilik, Kini Berkarier di Politik. Intip Kisah Sukses Tina Toon yang Menginspirasi

Kian kemari antusias kalangan artis yang ingin mencicipi karier sebagai politikus semakin tinggi salah satunya adalah Tina Toon. Ia maju mendaftarkan diri sebagai calon legislatif (caleg) DKI dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Agar bisa menang, nyatanya Tina Toon tak hanya mengandalkan popularitasnya sebagai artis saja. Ia juga tetap berjuang dengan terjun langsung ke lapangan, mengunjungi masyarakat, hingga menyampaikan program kerja yang dibuatnya.

Berkat usaha dan kerja kerasnya itulah, Tina Toon berhasil mendapatkan suara sebanyak 19.484 dan dinyatakan lolos melenggang masuk ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Pada 26 Agustus 2019, kemarin ia telah dilantik sebagai anggota DPRD DKI Jakarta untuk periode 2019-2024. Tina Toon berharap, dengan karier barunya ini ia bisa menjalankan kegiatan politiknya dengan amanah dan membawa hal baik untuk Jakarta.

Ini menjadi bukti bahwa karir Tina Toon terbilang sukses. Bagi kamu yang belum tahu bagaimana perjalanan karier sukses Tina Toon, berikut ulasannya yang telah dirangkum Cermati.com dari berbagai sumber yang mungkin saja bisa menginspirasi kamu dalam merintis karier.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Mengawalinya Sebagai Penyanyi Cilik

View this post on Instagram

A post shared by TinaToon (@tinatoon101) on

Pemilik nama asli Agustina Hermanto ini merupakan anak dari pasangan Aan Hermanto dan Megawati. Sejak kecil, ia sudah memperlihatkan bakat menyanyinya yang diturunkan langsung dari ibunya yang dulu pernah bergabung di kelompok musik di Cirebon.

Tak menunggu waktu lama, sang omah tercinta, Ana Setawati sering mengajak wanita yang akrab dipanggil Tina ini untuk mengikuti lomba-lomba menyanyi di berbagai tempat di Jakarta. Hingga akhirnya, Tina pertama kalinya meraih juara dua lomba menyanyi yang saat itu diselenggarakan di Mal Kelapa Gading.

Usaha yang dilakukan omah untuk mengantarkan cucu tersayangnya menjadi penyanyi tak berhenti disitu saja, ia juga mendaftarkan Tina ke sanggar Papa T. Bob yang merupakan salah satu pecipta lagu anak-anak terkenal. Papa T. Bob langsung memberikan tes vokal kepada Tina.

Memang dasarnya sudah memiliki suara bagus, akhirnya Tina lulus tes dan langsung dibuatkan beberapa lagu oleh Papa T. Bob. Setelah syair lagu rampung, pencipta lagu yang memiliki nama lahir Erwanda ini juga mengajak Tina ke dapur rekaman. Dari sinilah Tina mulai mengepakan sayapnya sebagai penyanyi cilik yang berhasil menarik perhatian kalangan orang tua dan anak-anak di seluruh Indonesia dan memiliki beberapa album, seperti Bolo-Bolo (1999), Siram (2000), Goyang Tina Toon (2001) dan Arti Bolo-bolo (2003).

Beranjak remaja ia pun tetap mengasah kemampuan bernyanyinya dengan mengeluarkan album yang berjudul I love Music (2008). Dalam album tersebut, juga terdapat lagu yang diciptakan sendiri, yaitu dengan judul In My Birthday. Kemudian tahun berikutnya, ia meluncurkan single ke duanya yang juga ciptaannya sendiri dengan judul Cinta Malu.

Makin cemerlangnya karier Tina sebagai penyanyi ini dibuktikan, pada 2011 ia membentuk band puteri yang diberi nama D’Girls. Meski pada akhirnya group ini tidak laku dipasaran, tapi sudah berhasil memiliki dua single, yaitu Cinta Pertama dan Cinta Buta.

Baca Juga: Kisah Sukses Raline Shah, Wanita Cerdas yang Tak Mengandalkan Kekayaan Keluarganya

2. Sempat Icip di Layar Lebar

View this post on Instagram

A post shared by TinaToon (@tinatoon101) on

Wanita kelahiran Jakarta, 20 Agustus 1993 ini merasa tak puas jika hanya menjadi penyanyi saja, ia pun tertarik untuk mencoba bermain film di layar lebar. Untuk pertama kalinya, Tina bekecimpung di teater musikal milik Rachel Maryam dan Dian Sastrowadoyo yang berjudul Bawang Merah dan Bawang Putih. Memang tidak menjadi pemeran utama, tapi peran Tina menjadi seekor ikan louhan ajaib yang lincah goyangan ekornya sangat bagus dan menghibur.

Setelah itu, barulah Tina membintangi film komedi yang disutradarai Aditya Gummay yang berjudul Tina Toon dan Lenong Bocah pada 2004. Filmnya tersebut menceritakan gadis kecil yang miskin tapi berkat bakat menyanyinya bisa mengantarkan gadis tersebut menjadi penyanyi sukses dan kaya.

Selang sembilan tahun lamanya, Tina kembali lagi bermain di layar lebar Cinta Dalam Kardus. Dalam film bergenre komedi romantis tersebut Tina memerankan sebagai seorang mantan pacar yang memiliki kepribadian sangat lucu.

3. Background Pendidikan Tinggi

View this post on Instagram

A post shared by TinaToon (@tinatoon101) on

Karier sebagai artis tidak membuat Tina menutup mata dengan pendidikan. Justru ia dan keluarga menginginkan, selain menjadi artis yang sukses, Tina juga harus berpendidikan tinggi. Selama menyelesaikan pendidikan dasarnya, Tina menjadi murid dengan prestasi yang memuaskan.

Setelah lulus SMA, ia melanjutkan kuliahnya di salah satu universitas swasta ternama, yaitu Bina Nusantara atau biasa dikenal dengan sebutan Binus dengan jurusan komputer. Kemudian lanjut lagi ke jenjang S2 dengan mengambil jurusan hukum di Universitas Tarumanegara.

Sudah menjadi suatu kebanggaan diri sendiri dan keluarga, ia selalu bisa memperoleh nilai yang bagus. Bahkan bisa menggenggam dua gelar di usia yang masih sangat muda, yaitu 23 tahun. Tina pun sudah merencanakan untuk mengambil S3 dalam waktu dekat.

Baca Juga: Sukses dan Inspiratif, Ini Sosok Pebisnis Muda Gibran yang Jadi Calon Walikota Solo

4. Punya Passion di Politik

View this post on Instagram

A post shared by TinaToon (@tinatoon101) on

Tak banyak orang yang tahu, meski dari kecil hingga beranjak dewasa dikenal sebagai artis atau penyanyi, nyatanya wanita yang dikenal dengan goyangan lehernya ini juga memiliki passion di bidang politik. Buktinya, selama ini Tina sangat sering mengikuti berbagai kegiatan di oraganisasi yang ia ikuti. Passionnya ini semakin kuat mengingat beberapa anggota keluarga juga berkecimpung di politik.

Hingga detik ini, Tina masih dalam proses belajar politik. Ia berharap, dengan ia menjadi anggota DPRD bisa menjadi perwakilan generasi milenial berjuang dan berkontribusi untuk Indonesia. Selain itu juga bisa menjadi contoh kepada milenial untuk peduli dengan pendidikan, sosialisasi dan komunikasi politik.

Passion Kuat Antarkan Kesuksesan

Sudah tak bisa dimungkiri, lagi-lagi dengan memiliki passion yang kuat bisa mengantarkan seseorang hingga meraih sukses. Walaupun akan melalui jalan berliku, banyak rintangan yang dihadapi, setidaknya arah dan tujuannya sudah jelas, sehingga bisa lebih mudah menemukan solusi dalam setiap permasalahan yang dihadapi. Ini juga tentunya didukung dengan kemauan belajar yang tinggi.

Baca Juga: Ini Daftar Caleg Artis yang Lolos ke DPR di Pemilu 2019