eDabu, Program BPJS Kesehatan yang Menawarkan Kemudahan pada Badan Usaha

Kepraktisan dalam setiap kegiatan dewasa ini nampaknya sangat diperhatikan oleh masyarakat. Kegiatan sehari-hari yang kian hari semakin menyibukkan, membuat setiap orang mengharapkan agar segala hal dapat dilakukan dengan seoptimal mungkin.

Dengan bantuan teknologi yang juga ikut berkembang seiring dengan berjalannya waktu, kepraktisan dalam melakukan suatu hal menjadi lebih mungkin untuk bisa dicapai. Hal inilah yang kemudian membuat banyak pihak di berbagai bidang kegiatan berlomba-lomba untuk melakukan inovasi agar kemudahan tersebut bisa digapai.

Tak terkecuali BPJS Kesehatan yang baru-baru ini meluncurkan sebuah aplikasi berbasis online yang diberi nama E-Dabu. 

Dengan fungsi yang dapat memudahkan pengguna asuransi BPJS Kesehatan dalam melakukan pendaftaran ataupun hal lain dengan lebih praktis. Hendaknya juga Anda memahami lebih dalam tentang E-Dabu BPJS Kesehatan. Untuk itu, simak penjelasannya mengenai aplikasi online baru berikut ini.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Tentang BPJS Kesehatan

Apa Itu eDabu (E-Dabu)?

New E-Dabu BPJS Kesehatan

Sumber: bpjs-online.com

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, Elektronik Data Badan Usaha atau E-Dabu BPJS Kesehatan, adalah sebuah sistem yang dibuat khusus guna memberikan kepraktisan kepada penggunanya, khususnya perusahaan atau badan usaha yang memiliki pekerja dalam jumlah yang cukup besar.

Jika dahulu perusahaan atau badan usaha harus mendaftarkan asuransi BPJS Kesehatan karyawannya satu per satu, E-Dabu memberikan kemudahan dengan menawarkan proses pendaftaran yang bisa dilakukan secara massal dan simpel.

Tak hanya itu, aplikasi daring milik BPJS Kesehatan ini memiliki fungsi untuk memudahkan pihak perusahaan atau badan usaha dalam melakukan berbagai aktivitas lainnya. Penambahan keluarga karyawan sebagai peserta asuransi, mutasi peserta asuransi seperti pindah fasilitas kesehatan dan menonaktifkan peserta asuransi BPJS Kesehatan dapat dengan mudah dilakukan melalui aplikasi E-Dabu ini.

Aplikasi E-Dabu juga telah mendapatkan berbagai penyempurnaan oleh pihak BPJS Kesehatan agar performa aplikasi tersebut menjadi lebih baik. Hal ini dibuktikan dengan penggantian nama E-Dabu menjadi New E-Dabu

Pada versi New E-Dabu, aplikasi milik BPJS Kesehatan tersebut telah mengalami berbagai pengembangan dari beberapa kekurangan yang ada pada versi pendahulunya. Tentunya, perbaikan pada New E-Dabu berguna untuk memudahkan penggunanya dan juga mengakomodasi proses pengolahan data secara lebih menyeluruh.

Dengan menggunakan aplikasi E-Dabu, pemilik badan usaha atau pekerja di bidang HRD tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu di antrean kantor BPJS Kesehatan setempat. Hanya melalui aplikasi tersebut, pihak perusahaan dapat langsung mendaftarkan karyawannya dalam jumlah besar agar memiliki asuransi kesehatan BPJS.

Berbeda dengan versi sebelumnya pula, E-Dabu versi terbaru juga sudah tidak memerlukan approval dari pihak atau petugas BPJS Kesehatan dalam proses pendaftarannya. Dalam kata lain, aplikasi E-Dabu telah mengimplementasikan sistem self-assessment di dalamnya. Jadi, pihak HRD atau pemilik badan usaha tidak perlu lagi menunggu persetujuan petugas BPJS Kesehatan resmi saat melakukan proses pendaftaran peserta melalui aplikasi E-Dabu.

Inovasi yang dilakukan oleh pihak BPJS Kesehatan pada aplikasi E-Dabu tersebut tentu menjadi bukti nyata dari komitmen untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik. Kemudahan akses serta kepraktisan pelayanan bagi peserta BPJS Kesehatan sedemikian rupa disempurnakan agar pengguna aplikasi E-Dabu mendapatkan kepuasan yang maksimal.

Fitur dan Fungsi yang Ditawarkan oleh Aplikasi eDabu (E-Dabu)

E-Dabu adalah sebuah inovasi yang diluncurkan oleh BPJS Kesehatan agar kepuasan pelanggan senantiasa terjaga. Dengan memiliki tujuan tersebut, aplikasi E-Dabu tentu mempunyai fitur serta fungsi yang dapat menunjang tercapainya hal tersebut. 

Fitur-fitur yang ada pada aplikasi E-Dabu antara lain adalah:

1. Cek data peserta BPJS Kesehatan 

Fitur ini dapat dimanfaatkan oleh pengguna aplikasi E-Dabu yang telah memiliki akun dan berhasil login. Fitur cek data peserta BPJS Kesehatan ini bisa memudahkan pengguna untuk melakukan pengecekan status kepesertaan BPJS Kesehatan.

2. Mengubah Data atau Profil Peserta

Selain itu, melalui aplikasi E-Dabu, peserta BPJS Kesehatan juga dapat mengubah data atau profil peserta yang telah terdaftar. Penambahan anggota keluarga, penambahan peserta BPJS Kesehatan, serta mutasi peserta juga bisa Anda lakukan secara langsung melalui aplikasi ini. Jadi, Anda tidak perlu meluangkan waktu mengunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk melakukan hal tersebut.

3. Proses Pendaftaran Peserta Secara Massal

Fitur ketiga yang dirasa paling banyak membantu pihak perusahaan atau badan usaha adalah proses pendaftaran peserta BPJS Kesehatan yang bisa dilakukan secara massal. Pihak HRD atau pemilik badan usaha hanya perlu menyiapkan data karyawan dalam format Microsoft Excel dan seluruh data calon peserta BPJS Kesehatan dalam file tersebut akan secara otomatis terdaftarkan.

4. Approval Online

Tak hanya itu, E-Dabu juga memudahkan pengguna BPJS Kesehatan dengan fitur approval online. Fitur ini bisa memberikan pilihan kepada pihak HRD untuk langsung memberikan persetujuan pendaftaran karyawan sebagai peserta BPJS Kesehatan atau tidak.

5. Cek Kartu dan Rekap Tagihan

E-Dabu juga memiliki fitur cek kartu dan rekap tagihan bulanan dari peserta BPJS Kesehatan yang telah didaftarkan. Dengan begitu, pihak HRD atau pemilik badan usaha tidak perlu repot menghitung iuran BPJS karyawan secara manual.

Baca Juga: Cara Berobat Dengan BPJS, Bagaimana Prosedurnya?

Tata Cara Menggunakan Aplikasi eDabu (E-Dabu)

E-ID BPJS Kesehatan

Sumber: www.BeritaSatu.com

Dengan banyaknya kegunaan serta fitur yang ada pada aplikasi E-Dabu BPJS Kesehatan. Anda mungkin berminat untuk menggunakan aplikasi tersebut. 

Sebenarnya, cara menggunakan aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan kebanyakan aplikasi serupa.

1. Mengisi Informasi Data Diri

Dalam proses pendaftaran, Anda diwajibkan untuk mengisi informasi data diri dengan lengkap dan sebenar-benarnya. Bahkan, Anda harus menyiapkan fotokopi KTP serta Kartu Keluarga sebagai salah satu syarat mendaftar di aplikasi E-Dabu.

Anda dapat mendaftarkan perusahaan Anda melalui tombol registrasi dan isi semua data yang dibutuhkan.

2. Pilihlah Data Peserta yang Diinginkan

Setelah itu, Anda dapat memilih “Data Peserta” dan meng-klik tambah peserta. Anda dapat mengisi data diri dari calon peserta BPJS Kesehatan dengan menggunakan NIK yang tertera pada E-KTP. 

3. Masuk pada Fasilitas Kesehatan

Pilih “Fasilitas Kesehatan” dan isi data sesuai dengan domisili dari calon peserta BPJS Kesehatan. 

4. Isi Informasi Unit Kerja 

Selanjutnya, pilih “Unit Kerja” dan isi informasi yang diminta. Klik “Simpan” jika sudah selesai, atau pilih “Tambah Keluarga” saat ingin menambahkan anggota keluarga sebagai pengguna BPJS Kesehatan.

5. Cek dan Approval

Terakhir, pilih approval peserta dan jenis mutasi pendaftaran baru. Anda dapat melihat data dan juga tanggal penyimpanan dari informasi peserta yang baru saja dimasukkan. Cetak kotak nomor dan pilih “Cek dan Approval” dan pendaftaran peserta BPJS Kesehatan telah selesai Anda lakukan.

Dengan selesainya proses pendaftaran peserta BPJS Kesehatan, Anda akan mendapatkan tiket pengiriman. Dari informasi yang tertera pada tiket tersebut, Anda dapat mengetahui tanggal approval dan juga tanggal pendaftaran selesai dilakukan. 

Dengan begitu, Anda dapat memeriksa apakah seluruh peserta yang Anda daftarkan telah resmi menjadi pemilik asuransi BPJS Kesehatan.

Untuk melakukan pengecekan nomor peserta BPJS Kesehatan, Anda dapat melihatnya di “Data Peserta”, lalu pilih mutasi peserta. Isi nama peserta BPJS yang ingin Anda ketahui dan klik “Cari”. Data peserta akan secara otomatis muncul, lengkap dengan nomor BPJS yang bisa Anda pergunakan untuk mencetak kartu BPJS melalui e-ID.

Manfaat dari Menggunakan Aplikasi eDabu (e-Dabu)

Dengan mengetahui fungsi serta fitur yang ada pada aplikasi E-Dabu, pemilik badan usaha atau HRD yang memiliki jumlah karyawan yang cukup banyak tentu akan merasa sangat terbantu. 

Jika dahulu pendaftaran karyawan sebagai peserta BPJS Kesehatan dilakukan dengan kurang efektif, aplikasi E-Dabu telah memberikan kepraktisan yang wajib dirasakan oleh setiap badan usaha atau perusahaan. 

Jadi, bagi Anda yang bekerja di bagian HRD atau pemilik sebuah badan usaha dengan jumlah karyawan yang cukup banyak. Memanfaatkan aplikasi E-Dabu BPJS Kesehatan perlu Anda pertimbangkan. 

engan begitu, pendaftaran karyawan sebagai peserta BPJS Kesehatan bisa Anda lakukan dengan lebih praktis dan efisien. Namun, perlu diperhatikan dengan cermat terlebih dahulu data peserta yang Anda masukkan agar proses pendaftaran tidak mengalami kendala.

Baca Juga: BPJS Kesehatan: Cara Naik dan Turun Kelas Perawatan, serta Biayanya

Menjadi Peserta BPJS Kesehatan Penting dan Wajib untuk Dilakukan

Menjadi peserta BPJS Kesehatan memiliki beragam keuntungan yang bisa didapatkan. Selain wajib, iuran bulanan BPJS Kesehatan juga terbilang cukup terjangkau dibandingkan dengan asuransi serupa. 

Jadi, bagi Anda yang masih belum menjadi peserta BPJS Kesehatan, luangkan waktu sebentar untuk melakukan pendaftaran demi masa depan yang lebih terjaga.