Efek Buruk Sering Menggunakan Rem Tangan Mobil, Simak Solusinya!

Tak bisa dipungkiri, kebanyakan orang tak bisa lepas dari penggunaan rem tangan mobil untuk memberhentikan mobil. Penggunaan rem tangan banyak digunakan di jalanan menanjak atau menurun. Tujuannya, agar mobil tetap stabil berhenti dan kaki tidak harus menginjak pedal rem kaki secara terus menerus.

Memang penggunaan rem tangan dianggap lebih praktis dan mudah bagi sebagian orang. Namun di balik penggunaan rem tangan yang terlalu lama akan berdampak buruk pada mobil. Bagi Anda yang belum mengetahui hal tersebut, simak lima dampak buruk yang perlu disimak berikut ini:

Anda Bingung Cari Kredit Mobil Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Kredit Mobil Terbaik! 

1. Kampas Rem Copot

Tahukan Anda bahwa menggunakan rem tangan dalam waktu lama bisa membuat kampas rem terlepas dari penyangganya? Penyebabnya adalah roda dipaksa berputar padahal sedang direm. Hal ini banyak terjadi ketika Anda menginjak pedal gas terlalu dalam saat menggunakan rem tangan. Selain itu, hal ini juga bisa terjadi pada tanjakan atau turunan terjal.

Oleh sebab itu, hindari untuk tidak menginjak pedal gas saat menggunakan rem tangan. Pastikan sudah mengendurkan rem tangan sebelum menginjak pedal gas. Jika tidak nanti kampas rem bisa copot dari dudukannya. Hal ini tentu akan merepotkan.

Baca Juga: 7 Cara Benar Membersihkan Mesin Mobil Agar Tetap Awet

2. Kampas Rem Bisa Menempel pada Tromol

 

kampas rem
Kampas rem

Penggunaan rem tangan yang terlalu lama bisa menyebabkan kampas rem lengket pada tromol atau cakram. Hal ini tentu saja bisa saja terjadi, apalagi dalam keadaan kampas rem yang basah. Kalau musim hujan, hindari penggunaan rem tangan yang terlalu sering.

Solusinya, jika memarkir mobil di jalan miring (tanjakan atau turunan) lebih baik mengganjal ban mobil dengan batu bata atau balok kayu. Anda bisa membawa balok kayu dalam bagasi. Tujuannya, suatu saat dibutuhkan, balok kayu sudah siap digunakan.

3. Kampas Rem Cepat Aus

Kebayang kan kalau rem terus-terusan digunakan? Pasti kampasnya cepat aus. Apalagi penggunaan rem tangan yang daya cengkramnya sangat kuat. Ditambah penginjakan pedal gas sebelum menurunkan rem tangan. Hal ini akan membuat kampas rem mudah terkikis hingga tipis. Hal tersebut tidak hanya membahayakan mobil saja, tapi juga membahayakan isi dompet karena Anda harus membeli kampas rem baru untuk menggantinya.

Untuk itu, tak ada salahnya mengurangi penggunaan rem tangan jika tidak terlalu penting. Misalnya, menggunakan rem tangan saat parkir di permukaan yang landai. Mungkin sebagian orang akan khawatir mobil akan bergerak maju atau mundur jika parkir tidak menggunakan rem tangan. Padahal hal tersebut bisa dihindari jika memarkir mobil di permukaan jalan yang datar.

4. Pastikan Menarik Rem Tangan dengan Benar

 

rem tangan
Pastikan menrik rem tangan dengan benar

Adakah tata cara menggunakan rem tangan yang baik dan benar? Terdapat trik penggunaan rem tangan benar, yaitu pada rem tangan yang menggunakan tuas, pastikan menarik tuas rem dengan pas. Tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Idealnya, menarik tuas rem tangan yang baik itu hingga bunyi krik 4-7 kali. Bunyi tersebut bisa didengar saat Anda menarik tuas rem tangan tangan tersebut.

5. Rawat Secara Berkala

Hal terpenting dalam menggunakan rem tangan adalah dengan merawatnya secara berkala. Gantilah kampas rem jika sudah tipis dan tidak menggigit lagi. Idealnya dalam jarak tempuh 60.000 - 70.000 kampas rem haruslah diganti.

Namun untuk keamanan dan kenyamanan hendaklah tanyakan pada montir di bengkel langganan Anda terkait kesehatan kampas. Karena menipisnya kampas rem kadang dipengaruhi oleh kebiasaan pengguna juga.

Baca Juga: Tips Merawat Mobil Putih Agar Selalu Terlihat Menawan

Hati-hati Dalam Berkendara, Gunakan Rem Tangan Seperlunya

Walaupun mobil Anda dilengkapi dua rem, rem tangan dan rem kaki, tetap hati-hati dalam berkendara. Jangan ugal-ugalan dalam membawa mobil, kemudian menarik rem tangan agar cepat berhenti. Itu adalah hal paling bahaya. Mobil bisa terbalik dan terguling. Maka untuk menghindari bahaya-bahaya yang tidak diinginkan, sebaiknya gunakan rem tangan seperlunya saja, yaitu saat mobil sudah berhenti, atau ketika mobil mengharuskan parkir di jalan yang tidak rata.

Baca Juga: Tips Hindari Jamur pada Kaca Mobil