Faktor yang Mempengaruhi Suku Bunga Kredit Mobil

Ketika Anda memutuskan untuk membeli sebuah mobil sebagai kendaraan pribadi Anda, maka sudah sepatutnya Anda mempersiapkan sejumlah dana untuk kebutuhan tersebut. Mobil adalah salah satu aset dengan nilai ekonomi yang cukup tinggi, sehingga Anda akan membutuhkan sejumlah dana yang terbilang besar untuk membawanya pulang ke rumah.

Lalu, bagaimana jika dana yang Anda miliki tidak mencukupi?

Melakukan pembelian mobil dengan dana yang terbatas bisa Anda lakukan dengan cara mengajukan kredit pemilikan kendaraan/mobil ke bank atau lembaga jasa keuangan lainnya. Saat ini, ada banyak lembaga jasa keuangan dan juga bank yang memberikan layanan tersebut di dalam usaha yang mereka jalankan.

Ini tentu akan sangat membantu bagi Anda, namun keputusan dalam mengajukan kredit kepemilikan kendaraan haruslah dilakukan dengan banyak pertimbangan dan juga perhitungan yang tepat.

Baca Juga: Kredit Mobil Anda Ditolak? Cek 5 Alasan Ini!

Memilih Sumber Kredit Terbaik

Memilih Sumber Pendanaan Pembelian Mobil

Memilih Sumber Pendanaan Pembelian Mobil via gobankingrates.com

Pembelian mobil akan melibatkan sejumlah uang dalam jumlah yang cukup besar, baik itu yang dilakukan secara kredit maupun tunai. Dengan alasan tersebut, maka sangat penting bagi Anda untuk mempertimbangkan dan menghitung kemampuan keuangan Anda dengan sangat baik, terutama jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian mobil secara kredit.

Secara umum, penyedia jasa layanan kredit mobil di Indonesia didominasi oleh 2 lembaga, yakni: perbankan dan juga lembaga pembiayaan. Namun terdapat banyak sekali bank dan juga lembaga pembiayaan yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan, di mana setiap lembaga keuangan tersebut pasti akan menerapkan berbagai kebijakan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Meski terbilang sama, namun setiap lembaga jasa keuangan memiliki karakteristik dan juga aturan yang menjadi ketentuan di dalam layanan mereka. Hal-hal seperti inilah yang wajib menjadi perhatian Anda, sebab Anda tentu menginginkan sebuah layanan dari lembaga jasa keuangan terbaik, bukan?

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui segala aturan dan juga ketentuan yang berlaku sejak awal, ini akan melindungi segala hak dan juga kepentingan Anda dalam pembelian kredit yang akan Anda lakukan. Jangan ragu untuk mencari berbagai informasi mengenai layanan yang diberikan oleh sebuah lembaga jasa keuangan, termasuk berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam pembiayaan yang akan Anda ajukan kepada lembaga tersebut.

Selain mencari tahu mengenai informasi tersebut, Anda juga bisa melakukan perbandingan antara satu lembaga dengan lembaga lainnya, sehingga dan benar-benar yakin untuk memilih salah satu yang terbaik di antara mereka.

Berbagai informasi mengenai kinerja dan juga kebijakan yang ditetapkan oleh lembaga jasa keuangan ini bisa Anda dapatkan secara online melalui jaringan internet, atau Anda juga bisa datang langsung ke kantor cabang terdekat mereka dan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan di sana.

Pertimbangan Memilih Sumber Pendanaan

Layak atau tidaknya sebuah lembaga jasa keuangan, tentu akan sangat tergantung pada kinerja dan juga kebijakan yang mereka tetapkan di dalam perusahaan mereka. Sebagai seorang calon konsumen, maka sudah sewajarnya jika Anda berkeinginan untuk mendapatkan semua yang terbaik dan juga menguntungkan bagi pengajuan kredit yang akan dan lakukan.

Hal ini akan sangat tergantung pada kebutuhan dan juga kepentingan Anda akan layanan kredit tersebut. Sebagai acuan untuk mendapatkan sebuah lembaga jasa keuangan terbaik, maka pertimbangkan beberapa poin penting di bawah ini:

  • Persyaratan kredit
    Ada banyak lembaga jasa keuangan yang menerapkan sejumlah persyaratan kredit yang menyulitkan nasabah, di mana akan dibutuhkan berbagai dokumen dan juga persyaratan lainnya yang memberatkan nasabah. Pertimbangkan untuk memilih lembaga jasa keuangan yang hanya menerapkan sejumlah persyaratan yang mudah dan ringan, agar Anda tidak kesulitan dalam mengajukan kredit tersebut.
  • Proses pengajuan
    Setelah persyaratan, maka proses pengajuan kredit juga wajib menjadi pertimbangan. Jangan sampai Anda membuang-buang waktu untuk proses pengajuan kredit yang cukup lama. Pilih lembaga jasa keuangan yang menjamin proses mudah dan cepat bagi kredit mobil Anda.
  • Suku bunga kredit
    Ini adalah hal yang sangat penting untuk Anda pertimbangkan secara khusus, sebab suku bunga yang diterapkan oleh lembaga jasa keuangan akan berpengaruh langsung pada besaran hutang yang harus Anda bayarkan. Bisa dikatakan jika hal inilah yang wajib menjadi pertimbangan utama pada saat pengajuan kredit ke lembaga jasa keuangan.

Selain ketiga poin di atas, ada beberapa hal lainnya yang wajib untuk Anda pertimbangkan dalam memilih dan menemukan sebuah sumber pendanaan bagi kredit mobil Anda, antara lain: berbagai macam biaya yang diterapkan, cara pembayaran, kemudahan dalam mengambil BPKB (jika kredit telah selesai nanti), berbagai sanksi yang diterapkan.

Memilih lembaga jasa keuangan bukanlah sebuah perkara mudah, Anda harus benar-benar teliti dalam mengenali dan menemukan sebuah lembaga jasa keuangan terbaik.

Baca Juga: Tips Jitu Agar Keuanganmu Tetap Aman Meskipun sedang Kredit Mobil

Suku Bunga Kredit Mobil

Suku Bunga Kredit Mobil

Suku Bunga Kredit Mobil via freecreditscore.com

Suku bunga adalah sejumlah biaya yang diterapkan oleh pihak lembaga jasa keuangan sebagai timbal balik jasa keuangan yang telah mereka berikan kepada para nasabahnya. Besaran suku bunga akan berbeda-beda dan tergantung pada masing-masing lembaga jasa keuangan, namun besaran ini harus mengacu pada aturan pemerintah yang biasanya dikeluarkan dalam Peraturan Bank Indonesia.

Ada banyak sekali lembaga jasa keuangan yang menerapkan sejumlah suku bunga yang terbilang cukup tinggi di dalam layanan kredit yang mereka kucurkan, hal seperti ini tentu akan membuat besaran hutang dan juga cicilan yang harus dibayarkan nasabah menjadi sangat tinggi.

Namun meski demikian, masih terdapat beberapa bank atau lembaga pembiayaan yang menerapkan sejumlah suku bunga yang cukup masuk akal, sehingga Anda bisa mencari dan menemukan sebuah lembaga pembiayaan terbaik untuk pengajuan kredit mobil yang Anda butuhkan.

Faktor yang Mempengaruhi Suku Bunga

Meski berada dalam pengawasan dan juga pengawalan yang ketat dari pemerintah, namun suku bunga kredit bisa saja berubah sewaktu-waktu. Hal seperti ini tentu akan sangat berpengaruh pada pasar dan juga kredit mobil secara keseluruhan, karena itu akan sangat penting bagi Anda untuk mengetahui dengan jelas apa saja sebenarnya faktor yang mempengaruhi suku bunga kredit mobil:

  • Suku Bunga Acuan (Bank Indonesia Rate)
    Bank Indonesia adalah “kiblat” bagi perbankan dan juga lembaga keuangan lainnya yang terdapat di Indonesia. BI memiliki otoritas untuk mengubah atau melakukan penyesuaian terhadap besaran suku bunga kredit yang berlaku di Indonesia, di mana hal ini bisanya dilakukan untuk menyesuaikan diri dengan kondisi ekonomi dunia.

    Perubahan suku bunga kredit yang dilakukan oleh Bank Indonesia, akan berdampak langsung dengan suku bunga yang diterapkan oleh pihak bank dan juga lembaga pembiayaan lainnya, termasuk yang akan Anda jadikan sebagai sumber pendanaan kredit mobil Anda. Hal seperti ini akan menimbulkan perubahan suku bunga kredit mobil, di mana semua bank dan juga lembaga pembiayaan di Indonesia akan menyesuaikan diri pada besaran suku bunga yang baru tersebut.
  • Inflasi
    Peningkatan nilai inflasi yang terjadi di dalam negeri juga akan mempengaruhi suku bunga secara langsung. Ketika inflasi meningkat dengan tajam, maka Bank Indonesia juga akan menaikkan suku bunga kredit untuk mengikuti terjadinya kenaikan tersebut. Hal ini bisa saja terjadi akibat beberapa hal, salah satunya adalah akibat tingginya permintaan barang impor di pasar dalam negeri.
  • Kebijakan Lembaga Jasa Keuangan
    Setiap lembaga jasa keuangan tentu memiliki kebijakan tersendiri yang mereka terapkan dalam mengembangkan bisnis yang mereka jalankan, termasuk dalam mendapatkan keuntungan bagi perusahaan. Perusahaan jasa keuangan bisa saja menetapkan sejumlah kenaikan pada suku bunga yang mereka terapkan, hal ini dilakukan untuk mendatangkan keuntungan/laba bagi perusahaan itu sendiri.
  • Kemampuan Keuangan Anda
    Adanya persaingan usaha di antara lembaga jasa keuangan, bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda selaku calon nasabah. Mereka tidak akan menerapkan suku bunga kredit yang tinggi, agar Anda memiliki kemampuan bayar yang cukup terhadap utang/cicilan bulanan Anda. Selain itu, mereka juga tidak ingin kehilangan Anda, di mana sewaktu-waktu Anda bisa saja pindah ke lembaga lainnya yang menawarkan suku bunga kredit lebih rendah.
  • Kondisi Pasar Indonesia
    Suku bunga kredit juga dipengaruhi oleh kondisi pasar dalam negeri, di mana Anda akan mendapatkan suku bunga yang lebih ringan ketika keadaan pasar sedang stabil dan dalam pengawasan yang ketat dari pemerintah.

Ketahui dan Dapatkan yang Terbaik

Ketika akan membeli sebuah mobil secara kredit, maka Anda akan memiliki pos pengeluaran baru di dalam keuangan Anda. Pastikan Anda mendapatkan suku bunga kredit yang terbaik, sehingga besaran utang dan cicilan bisa ditekan.

Lakukan perbandingan pada beberapa lembaga jasa keuangan, agar Anda bisa mendapatkan kredit mobil yang paling tepat dan juga menguntungkan.

Baca Juga: Mitos dan Fakta Mengenai Mobil Murah di Indonesia