Fantastis, Ini Penyanyi Dangdut dengan Honor Termahal

“Dangdut is the music of my country.” Begitulah sepenggal lirik lagu yang dinyanyikan Project Pop dengan judul yang sama. Musik dangdut yang khas dengan irama gendang dan suling ini sudah menjadi identitas budaya bangsa Indonesia. Eksistensi dangdut tidak hanya berjaya di negeri sendiri, tapi sudah populer hingga mancanegara.

Di Tanah Air, dangdut acapkali disebut musik kampungan. Orkes dangdut sering memeriahkan pesta pernikahan antar kampung. Dinikmati kaum marjinal. Tapi siapa sangka, show dangdut dari kampung ke kampung melahirkan biduan-biduan ternama dengan bayaran fantastis. Dangdut telah mengangkat derajat mereka hingga sukses dan meraup keuntungan besar.

Honor nyanyinya bisa mencapai puluhan sampai ratusan juta rupiah. Itu baru dari manggung off air maupun on air ya, belum penghasilan lain, seperti menjadi model, bintang iklan, presenter. Industri musik dangdut tak pernah kehabisan talenta baru. Selalu saja bermunculan, termasuk dari ajang pencarian bakat khusus dangdut. Kalau kamu mau tahu penyanyi-penyanyi dangdut dengan bayaran termahal, yuk simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Kisah Sukses CEO Berrybenka Jason Lamuda: Jualan Dari Garasi Rumah hingga Melawan Tren

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Ayu Ting Ting

Ayu Ting Ting
Ayu Ting Ting via Instagram Resminya

Masih ingat dengan lirik lagu “ke mana, ke mana, ke mana. Ku harus mencari ke mana?” Lagu berjudul “Alamat Palsu” itu sukses melejitkan nama Ayu Ting Ting. Kini, pemilik nama lengkap Ayu Rosmalina tersebut merupakan salah satu penyanyi dangdut dengan bayaran termahal. Duit dari sekali manggung bisa mencapai Rp50 juta. Wow fantastis ya. Asal tahu saja, honor tersebut tak jauh beda lho dengan tarif Diva Pop Indonesia, Krisdayanti.

Kegiatan Ayu di luar menyanyi pun sangat padat. Lihat saja wajahnya kerap wara wiri di televisi memandu sejumlah acara, baik live maupun taping. Ini beda lagi tarifnya. Mantan istri dari Henry Baskoro Hendarso atau yang akrab disapa Enji itu memasang tarif sekitar Rp5 juta sampai Rp10 juta. Ayu juga terjun ke dunia seni peran dengan membintangi beberapa judul film dan sinetron.

Kalau menerima dua job per hari di luar menyanyi saja, Ibu dari Bilqis Khumairah sudah mengantongi sekitar Rp20 juta. Pundi-pundi uang Ayu makin bertambah dengan menerima tawaran endorsement di sosial media. Tengok saja jumlah pengikut Ayu di Instagram sudah mencapai 29,5 juta followers. Kalau mau endors, tarifnya untuk format foto Rp9 juta dan video Rp15 juta per posting-an.

2. Via Vallen

Maulidia Octavia atau nama bekennya Via Vallen tengah menjadi idola anak muda. Ia ingin membuktikkan bahwa dangdut tak selalu identik dengan goyang seronok. Via makin tenar setelah menyanyikan theme song dan tampil memukau pada pembukaan Asian Games 2018. Kini Wanita kelahiran Surabaya itu masuk dalam jajaran penyanyi dangdut dengan bayaran termahal di Indonesia.

Kabarnya, tarif Via Vallen untuk sekali manggung sekitar Rp60 juta. Itu yang betul-betul masuk ke kantongnya. Pelantun tembang “Sayang” ini dikabarkan juga mampu mengambil job hingga 23 manggung dalam sebulan. Itu artinya, ia bisa meraup penghasilan sekitar Rp1,38 miliar.

Baca Juga: Sarita Sutedja Blakblakan Resep Sukses Warunk UpNormal Cs

3. Cita Citata

Pelantun tembang “Sakitnya Tuh di Sini,” Cita Citata juga memasang tarif wow untuk sekali manggung. Kisarannya Rp70 juta hingga Rp85 juta per show, baik off air maupun on air. Tak heran, jika penyanyi dangdut kelahiran 1994 itu termasuk penyanyi dangdut dengan bayaran termahal. Jumlah tersebut sih tidak seluruhnya masuk kantong Cita Citata, karena dipotong bagian manajemen. Meski begitu, tetap saja ia mendapat bagian besar. Selain penghasilannya sebagai artis, Cita Citata juga meraup keuntungan dari bisnis kuliner dan bisnis kos-kosan.

4. Inul Daratista

Inul Daratista
Inul Daratista via Instagram Resminya

Siapa yang tak kenal Inul Daratista? Pedangdut senior yang tenar dengan goyang ngebornya. Kemampuan vokalnya pun tak diragukan lagi. Meski sempat berseteru dengan Raja Dangdut Rhoma Irama, namun Inul mampu membuktikkan kariernya di industri musik dangdut tak sekadar main-main. Istri dari Adam Suseno ini kerap bernyanyi di luar negeri.

Sudah malang melintang dan nama besar Inul Daratista mampu membuatnya memasang tarif mahal untuk sekali manggung. Menyanyi 10 lagu dalam sebuah pertunjukkan musik, pelantung tembang “Dikocok-kocok” ini bisa mengantongi penghasilan Rp100 juta hingga Rp300 juta. Di luar itu, Inul menjadi juri di sebuah acara ajang pencarian bakat dangdut dengan honor Rp100 juta untuk satu kali tampil.

Inul juga merupakan pengusaha sukses yang memiliki gurita bisnis, seperti bisnis karaoke, kuliner, fasyen, bisnis pariwisata, kosmetik, dan lainnya. Dengan berkarier di industri musik, ditambah menjadi pengusaha, penghasilan Inul per bulan bisa saja mencapai miliaran rupiah.

5. Nella Karishma

Penyanyi dangdut bergenre koplo selain Via Vallen, adalah Nella Kharisma. Honor bersihnya mencapai Rp25 juta sekali manggung. Itu di tahun 2017 ya. Selang setahun, tarif manggungnya naik hampir dua kali lipat sekitar Rp40 juta. Dalam sebulan, jadwal manggung Nella sekitar 20 kali. Itu berarti, penghasilannya sekitar Rp800 juta.

Kunci Sukses adalah Kerja Keras

Para penyanyi dangdut dengan bayaran termahal di atas melalui waktu dengan kerja keras. Hingga akhirnya berada di pucuk kesuksesan dan meraup cuan yang banyak. Perjalanan karier mereka juga tak selalu mulus, pasti ada jatuh bangun. Kamu pun bisa menjadi orang sukses, kaya raya di bidang atau industri lain. Asalkan pantang menyerah dan kerja keras.

Baca Juga: Belajar Sukses Bisnis Online dari Presiden Bukalapak Muhamad Fajrin Rasyid