Fenomenal! Kaya Raya di Usia Muda, Begini Cara Atta Halilintar Sukses Jalankan Sederet Usahanya

Kini, siapa yang tak mengenal nama Atta Halilintar. Di usianya yang tergolong belia, Muhammad Attamimi Halilintar—demikian nama lengkapnya, sudah sukses jadi pengusaha dan YouTuber yang meraup keuntungan besar. Apa rahasia pencapaian luar biasa dari putra pertama keturunan Gen Halilintar ini?

Publik semakin mengenal nama Atta setelah berbagai prestasi fenomenal yang diraihnya di usia 24 tahun, pada 20 November 2018 lalu. Lahir dari keluarga pengusaha membuat Atta terlatih fasih untuk berbisnis sejak dini. Terbukti, Atta telah meraih omzet sebesar ratusan hingga miliaran Rupiah sebagai konten kreator platform YouTube.

Tak hanya itu saja. Anak sulung dari pasangan Lenggogeni Faruk dan Halilintar Anofial Asmid ini juga telah membangun kerajaan bisnisnya sendiri di berbagai bidang. Mulai dari fashion, publishing hingga kuliner pun telah dijajal untuk menimbun pundi-pundi uang.

Lantas, apa saja pencapaian yang telah berhasil diraih Atta? Bagaimana kisah perjalanannya hingga berhasil sukses di usia muda? Berikut ulasan fakta selengkapnya, sebagaimana dihimpun Cermati.com dari berbagai sumber: 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Menjadi Raja YouTube Se-Asia Tenggara

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Atta Halilintar (@attahalilintar) pada

Atta telah menjadi konten kreator YouTube dengan subscribers paling banyak di Indonesia. Per September 2019, kanal YouTube miliknya telah diikuti oleh 18.7 miliar subscribers. Hal ini membuatnya mengantongi lebih dari Rp 8 miliar setiap bulannya. 

Atta menggeser Ria Ricis yang subscribers-nya masih berada di angka 16.6 miliar. Sejak akhir tahun 2018 kemarin, sejumlah media lokal ramai memberitakan pencapaian Atta yang kini dijuluki sebagai King of YouTube se-Asia Tenggara. Pasalnya, ia telah mencetak rekor terbaru dalam sejarah YouTuber pertama dari Asia Tenggara yang berhasil mendapat subscribers sebanyak itu.

2. Mengawali Usaha Sebagai Blogger dan Pedagang

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Atta Halilintar (@attahalilintar) pada

Nama Atta mulai populer sejak ibunya menulis buku berjudul Kesebelasan Gen Halilintar: My Family My Team. Dalam buku itu, Lenggogeni Faruk memaparkan kisah keluarga Halilintar yang berkeliling dunia dengan 11 orang anaknya. Yang menarik, hal itu berhasil dilakukannya tanpa bantuan baby sitter maupun asisten rumah tangga.

Buku itulah yang awalnya membawa nama Atta mulai dikenal di kalangan masyarakat. Namun sebelumnya, Atta menuturkan ia pun sempat mengawali usahanya dengan menulis—sama seperti sang ibu. Yang membedakannya, Atta menulis di blog pribadi miliknya, mengenai barang dagangannya.

Baca Juga: Pernah Berjualan dan Mengontrak Rumah, Kini Penghasilan Sule Minimal Rp1 Miliar Sebulan

 

3. Pernah Hidup Susah

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Atta Halilintar (@attahalilintar) pada

Kekayaan Atta memang tidak datang dengan sendirinya, namun muncul dari usaha cerdik dan kerja keras. Pasalnya, keluarga Gen Halilintar juga pernah hidup susah. Kira-kira di usia 11 tahun, usaha karpet orang tua Atta sedang berjalan tak begitu lancar. 

Bahkan kondisi keuangan mereka sempat berada di titik yang memprihatinkan. Karena kondisi tersebut, Atta tergerak belajar dagang kecil-kecilan demi mendapat uang saku untuk jajan di sekolah. Demi memenuhi kebutuhannya, mulailah Atta berdagang makanan, mainan, bahkan sampai jualan koran di lampu merah. 

Hingga ketika memasuki usia 13 tahun, Atta berhasil menembus omzet Rp 1 miliar dari bisnis jualan ponsel yang dijalankannya. Pada fase ini, proses menuju milyuner muda masih diramu sedemikian rupa. Atta lantas memasarkan ponsel yang ia dagangkan melalui blog yang ia tulis, serta berbagai forum diskusi yang menjamur di internet. 

Ia juga memaksimalkan keberadaan media sosial untuk mempromosikan dagangannya. Menurutnya, beriklan di media sosial terasa jauh lebih hemat secara ekonomis jika dibandingkan dengan memasang iklan di media massa.

4. Membuka Toko Ponsel

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh ahhagadget (@ahhagadget) pada

Dengan modal yang tersedia lebih dari cukup, Atta pun memberanikan diri untuk melanjutkan berdagang ponsel dan membuka toko. Dari sini, ia terus mengatur strategi serta mengasah kreativitasnya untuk meraih kesuksesan sebagai vlogger di YouTube.

Ia mendapati bahwa kendala terbesar usahanya adalah kompetitor. Di luar sana, akan selalu saja ada saingan baru yang membuka usaha. Atta pun lantas memikirkan bagaimana caranya agar usaha yang ia jalankan bisa lebih cepat besar dan menjadi lebih terkenal dari pada para pesaingnya.

Dari sini, tercetuslah ide dirinya mesti mempunyai media yang besar untuk memasarkan produk yang ia jual. Atta lantas melihat, YouTube merupakan media yang tepat untuk dijadikan alat pemasaran. Dengan pertimbangan, YouTube dapat ditonton seluruh khalayak dengan gratis dan mempunyai engagement yang kuat. 

YouTube juga praktis untuk ditonton kapan pun dan di mana pun. Dan sisanya tinggal cerita. Ide inilah yang membuatnya sukses menjadi Raja di dunia YouTube.

5. Membuat Konten Video Sekreatif Mungkin

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Atta Halilintar (@attahalilintar) pada

Memulai dari nol, Atta pernah membuat konten video dengan modal seadanya. Yakni dari kamera handphone atau yang harganya hanya Rp900 ribu. Perlahan, jumlah subscribers Atta mulai meninggi, yaitu sebanyak 400 ribu orang. 

Meski begitu, uang yang dihasilkannya saat itu baru berada di kisaran Rp2 juta per bulan. Di sinilah Atta berusaha keras memutar otak untuk mendapat ide kreatif seputar konten videonya. Setelah mengulik dan melakukan sejumlah eksperimen, barulah ia memantapkan strategi bisnisnya untuk merekrut tim yang membantunya memproduksi konten di AHHA Management.

Lantas bisnis apa saja yang saat ini dikelola Atta? Terhitung, Atta yang saat ini merupakan CEO dari AHHA Corp miliknya itu mempunyai lebih dari lima bisnis yang ia jalankan. 

6. Bisnis Kuliner

Cake Masa Depan

Di tahun 2018, Atta telah membuka bisnisnya di bidang kuliner. Yang pertama, ada kue kekinian yang ia namakan Cake Masa Depan. Bisnisnya ini menyediakan cake lezat ala Atta dengan lima varian rasa, yakni Chizy Velvet, Toblerone, Oreo Vanilla, Rainbow Chacha dan Snicker.

Launching dari Cake Masa Depan dilangsungkan di gerai cabang pertamanya yang berlokasi di Yogyakarta. Selain itu, Atta juga membuka usaha kue lainnya di Medan. Ia menamakannya Medan Mulaka. Medan Mulaka ini menawarkan cake empat varian rasa yaitu Mulaka coklat, Mulaka keju, Tiramisu hingga Red Velvet.

Baca Juga: Kisah Inspirasi Nadine Chandrawinata! Dari Puteri Kecantikan, Kini Sukses Berbisnis

7. Bisnis Fashion

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh AHHA OFFICIAL STORE (@attahalilintarhabit) pada

AHHA yang merupakan singkatan dari Atta Halilintar Habit kini menjadi salah satu clothing  line yang digarapnya. Mulai dari topi, hoodie, T-shirt, hingga sweater, berbagai macam produk untuk outfit ala Atta tersedia di AHHA

Untuk para muslimah pengguna hijab kekinian, Atta merilis brand AHHA Hijab yang menyediakan berbagai busana muslimah dan kerudung trendy yang menyasar pasar Generasi Z dan Milenial. Berbagai produk fashion garapan Atta ini kini tersedia di AHHA Center di wilayah  Pondok Pinang, Jakarta Selatan.

8. Bisnis Publishing

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh AHHA PUBLISHING (@ahhapublishing) pada

Karena berangkat sebagai blogger, Atta juga membuka penerbitannya sendiri. Dalam bentuk buku, ATTA Publishing mencetak dan mempublikasikan sendiri berbagai ungkapan dan kalimat bijak yang pernah ditulisnya. Ia merangkum berbagai kata-kata motivasi dalam buku berjudul Draw My Life tersebut, untuk menyemangati pembaca agar sukses meraih impiannya. 

9. Bisnis Tour and Travel

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Atta Halilintar (@attahalilintar) pada

AHHA Travel merupakan garapan tangan dingin Atta yang lainnya. Bergerak dalam bidang tour and traveling, bisnisnya ini menawarkan trip halal untuk perjalanan dalam dan luar negeri. Bagi yang ingin berangkat umrah juga dapat menggunakan jasa dari AHHA Travel ini.

10. Bisnis Production House

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh AHHA Production (@ahhaproductionid) pada

AHHA Production merupakan production house yang membuat berbagai konten video di YouTube miliknya. Berkembang pesat, konten video Atta yang kini telah menjadi YouTuber terkaya Indonesia ini dibanjiri proyek kolaborasi serta kerjasama promo dan iklan. Entah itu bersama para produsen dan pengusaha, ataupun vlogger lainnya. 

11. Menjajal Dunia Entertainment

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Atta Halilintar (@attahalilintar) pada

Pemilik jargon “Ahsiappp!” ini juga telah menjajal dunia entertainment dalam negeri. Tak hanya andal berbisnis, Atta juga mempunyai jiwa seni yang tinggi. Menyukai musik, hobinya bernyanyi dan rap membawa Atta berkolaborasi dengan rapper muda, Young Lex, di tahun 2017 lalu.

Tak hanya mencoba peruntungannya di dunia musik, Atta juga pernah bermain sebagai aktor di dua film. Dalam film The Haunted, Atta memerankan sosok bernama Farel Belok. Sedangkan dalam layar lebar keduanya yang berjudul Kanan Barcelona, Atta berakting peran sebagai Jordan. 

Harta Kekayaan 

Mempunyai penghasilan yang wah dan menjadi public figure mau tak mau membuat Atta dikelilingi harta kekayaan yang juga mewah. Gaya busananya yang khas pun kerap menarik perhatian karena berbagai barang branded yang dikenakannya. Mulai dari footwear Gucci yang harganya dibanderol di kisaran Rp 3 jutaan, jam tangan Bulgari seharga Rp90 juta, tas pinggang Gucci Rp15 juta, hingga kamera Panasonic Lumix GH5 yang harganya mencapai Rp20 juta.

BMW i8 dengan harga kurang lebih Rp3,4 miliar juga dimilikinya. Sejumlah deretan mobil mewah lainnya seperti Range Rover Evoque, Mini Cooper, Toyota Alphard warna gold, hingga Mercedes-Benz E63 AMG pun sudah terparkir menghiasi garasi Atta. Belum lagi rumah mewah terbarunya yang harganya diperkirakan mencapai Rp25 miliar juga sudah menjadi kepunyaannya.

Tekun dan Gigih Jalani Proses Agar Bisa Sukses

Kesuksesan yang diraih Atta tentu tak hanya terjadi hanya dalam satu malam. Penuh perjuangan gigih dan kerja keras, kisah hidupnya menginspirasi agar kita terus berusaha and stick to the process sampai sukses. Yang penting, terus berkreasi dan laksanakan perencanaan dengan semangat.

Lelah bukanlah masalah, ambillah rehat sejenak bila memang diperlukan. Begitu juga saat menghadapi minimnya modal dalam berwirausaha. Selama terus mencari jalan, yakinlah kelak keberhasilan dapat diraih dalam genggaman.

Baca Juga: Kaya Raya, Ini “Mesin” Pencetak Uang Sandra Dewi