Fitur PayLater Gojek Bikin Transaksi Layanan Gojek Makin Mudah

Seakan mengikuti tren, Gojek bukan hanya menghadirkan layanan transportasi, pengiriman barang, pesan antar makanan, pijat, belanja, pembayaran tagihan dan lainnya saja, tapi kini Gojek juga menghadirkan fitur PayLater yang bertujuan untuk membantu banyak orang dalam memenuhi kebutuhan yang tak terduga atau mendadak.

Misalnya, saat keuangan sudah mulai menipis atau kamu sedang malas untuk mengisi saldo GoPay, tapi tiba-tiba kamu mendapat tugas mendadak dari atasan untuk mengunjungi beberapa kantor klien. Nah, kamu masih bisa pergi menggunakan layanan GoRide atau GoCar dengan pembayaran PayLater Gojek tersebut.

Dilansir dari laman blog Gojek, PayLater Gojek yang merupakan fitur pembayaran kredit ini tak berdiri sendiri, melainkan kerja sama dengan salah satu fintech lokal, Findaya yang pastinya juga diawasi dan telah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, dari 20an layanan yang ada di Gojek, PayLater ini baru tersedia di beberapa layanan saja, seperti GoFood, GoRide, GoSend, GoTix, GoBills dan GoPulsa.

Bagi pengguna Gojek yang setia, kamu bisa memanfaatkan PayLater Gojek ini hingga Rp500 ribu. Namun, sebaiknya pahami fiturnya secara keseluruhan terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu dapat memanfaatkan PayLater Gojek dengan maksimal untuk memenuhi kebutuhanmu yang mendadak.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Ketentuan Gunakan Fitur PayLater Gojek

paylater gojek
PayLater Gojek via dailysocial.id

Memang hampir seluruh masyarakat Indonesia menggunakan aplikasi Gojek, namun tak semua pengguna aplikasi Gojek bisa memanfaatkan fitur PayLater ini. Hanya pengguna paling setialah yang berhak mendapatkannya, artinya pengguna yang paling sering menggunakan aplikasi Gojek.

PayLater Gojek ini terletak pada halaman GoPay, untuk mengeceknya:

  1. Buka aplikasi Gojek
  2. Klik ‘Lainnya’ di menu GoPay
  3. Kemudian akan muncul ragam fitur termasuk ‘PayLater’ di bawah
  4. Klik ‘PayLater’

Bila kamu sudah merasa setia dengan aplikasi Gojek, tapi fitur PayLater belum muncul, jangan risau. Ada ketentuan dan cara yang perlu kamu perhatikan hingga PayLater Gojek bisa aktif digunakan, antara lain:

Ketentuan:

  1. Sudah memiliki kartu identitas (KTP/SIM/PASPOR) sebagai bukti bahwa kamu adalah Warga Negara Indonesia
  2. Pastikan usia minimal 21 tahun

Caranya:

  1. Upgrade aplikasi Gojek
  2. Saat ‘PayLater’ sudah muncul di menu GoPay, upgrade juga GoPay dengan foto kartu identitas (KTP/SIM/PASPOR) asli yang masih aktif
  3. Selfie bersama dengan kartu identitas yang kamu gunakan untuk meng-upgrade. Pastikan wajah dan kartu identitas terlihat jelas
  4. Kirim dokumen

Setelah semua tahapan meng-upgrade sudah kamu lakukan, cek status akun GoPay dengan cara berikut:

  1. Klik ‘Lainnya’
  2. Klik ‘Pengaturan’
  3. Klik ‘Lengkapi Data Anda’. Di sini akan tertera tiga jenis status:
  • Pending: Dokumen yang kamu kirimkan masih diproses oleh tim Gojek
  • Disetujui: Akun GoPay telah berhasil alias PayLater sudah bisa digunakan
  • Ditolak: Upgrade akun ditolak karena tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku

Ada beberapa kemungkinan proses upgrade akun kamu ditolak oleh pihak Gojek, antara lain umur tidak sesuai, identitas yang kamu pakai sudah habis masa berlakunya atau juga foto yang kamu kirimkan kurang jelas. Untuk itu, tak ada salahnya kamu mencoba lagi sampai berhasil.

Baca Juga: Hindari Jeratan Utang Online, Yuk Pahami Dulu 5 Risiko Pay Later

Cara Bayar Pesanan dengan PayLater Gojek

Sistem pembayaran pesanan dengan PayLater Gojek ini cukup mudah, sama halnya dengan sistem pembayaran pesanan lainnya. Namun, bagi kamu yang baru pertama kali menggunakan PayLater ini, kamu perlu memesannya melalui menu PayLater Gojek. Gambarannya seperti berikut:

  1. Masuk ke menu utama PayLater Gojek
  2. Klik ‘Pesan Yuk’
  3. Pilih layanan yang akan digunakan, misalnya pesan GoFood senilai Rp60 ribu
  4. Saat menemukan driver, maka saldo limit PayLater akan berkurang menjadi Rp440 ribu tapi total tagihan PayLater masih nol
  5. Setelah pesanan sudah kamu terima dan menyelesaikannya, barulah muncul tagihan PayLater senilai Rp60 ribu

Selanjutnya PayLater akan muncul otomatis di pilihan utama metode pembayaran. Bukan jadi selamanya kamu menggunakan sistem pembayaran dengan PayLater, ini hanya pilihan. Artinya dalam metode pembayaran kamu tetap bisa memilih metode pembayaran yang lain, GoPay atau tunai.

Baca Juga: Cara Transfer Uang Tanpa Rekening Bank, Gunakan Go-Pay, OVO, atau Dompet Digital Lainnya

Cara Bayar Tagihan PayLater Gojek

paylater gojek
Tagihan PayLater Gojek via gojek.com

Seperti PayLater pada umumnya, PayLater Gojek juga terdapat jenis biaya-biaya yang dibebankan kepada pengguna, seperti ‘Biaya Langganan’ sebesar Rp12.500 per bulannya, tapi bagi pengguna pertama, kamu akan dibebaskan dari ‘Biaya Langganan’ ini. Selain itu, juga ada bunga sebesar Rp25 ribu.

Pihak Gojek akan mengirimkan notifikasi tagihan PayLater setiap tanggal 25 dan tanggal jatuh tempo, seperti tanggal 28, 29, 30 dan 31. Lebih dari tanggal tersebut maka pengguna akan dikenakan denda perharinya sekitar Rp2ribuan.

Tidak perlu langsung membayar tagihan saat kamu baru menggunakan PayLater satu atau dua kali. Sebab kamu diberikan kenikmatan untuk menggunakan PayLater hingga limitnya habis kemudian baru bayar tagihannya melalui saldo GoPay.

Sebelum membayar, kamu juga bisa melihat semua transaksi yang kamu lakukan dengan PayLater terlebih dahulu dengan klik ikon ‘catatan’ pada beranda PayLater di kanan atas. Transaksi akan tercatat secara rinci mulai dari tanggal dan waktu, layanan yang digunakan, kode transaksi dan jumlah setiap transaksi.

Berikut tahapan cara bayar tagihan yang bisa kamu ikuti:

  1. Pastikan saldo GoPay cukup untuk melakukan pembayaran tagihan PayLater
  2. Klik ‘Lainnya’ pada menu GoPay
  3. Klik ‘notifikasi’ atau ‘PayLater’
  4. Klik ‘Total Tagihan’
  5. Klik ‘Bayar Tagihan’

Manfaatkan PayLater dan Bayar Tagihannya Tepat Waktu

Menggunakan PayLater memang menjadi pilihan yang tepat disaat ada kebutuhan yang mendadak dan keuangan sedang cekak. Tapi pengguna jangan lupa juga untuk menyelesaikan kewajibannya, yaitu membayar tagihan sebelum tanggal jatuh tempo. Jika lewat dari itu, maka pengguna akan menerima konsekuensinya berupa akun PayLater dibekukan hingga catatan kredit menjadi buruk.

Baca Juga: OVO PayLater, Enaknya Belanja Dulu Bayar Nanti